Mahasiswa, Teks Akademik, dan Keterampilan Berbahasa

image

Setiap kalian yang menjadi mahasiswa, entah sadar atau tidak, pasti kerap bersentuhan dengan teks akademik.

Dan, untuk setiap kalian yang mahasiwa juga, entah sedikit atau banyak, tentu memiliki keterampilan berbahasa yang kata para ahli setidaknya ada empat, antara lain menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Nah, begini! Sekiranya seperti apa sih korelasi antara keterampilan berbahasa dengan teks akademik bagi kalian yang sekarang berstatus mahasiswa. :thinking:

2 Likes

Keterampilan berbahasa sangat berpengaruh penting dalam membuat teks akademik. teks akademik menggunakan struktur kata Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sehingga dapat dipahami dengan jelas oleh semua orang secara umum. apalagi sebagai seorang mahasiswa, kita nantinya akan sering berurusan dengan teks akademik. penting bagi kita untuk belajar mengasah keterampilan berbahasa.

Menurut saya korelasi keterampilan bahasa dan teks akademik sangat ber pengaruh dan saling berhubungan satu sama lain , karena teks akademik pasti menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan untuk menahami nya , kita butuh keterampilan Bahasa Indonesia, jadi kesimpulannya untuk memahami teks akademik kita memerlukan keterampilan bahasa yang baik
~Rafli

Menurut pendapat saya hubungan timbal balik antara keterampilan bahasa dengan teks akademik sangat berhubungan erat dikarenakan keterampilan bahasa dalam dunia perkuliahan apalagi kita sebagai mahasiswa sangatlah penting agar melatih dan mengasah kemampuan.

menurut saya korelasi antara keterampilan akademik dan bahasa itu tdk dapat dipisahkan ,karena teks akademik pasti menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga dapat dipahami oleh semua orang secara umum ,dan salah satu contoh nya adalah kita seorang mahasiswa

Menurut hubungan antara kemampuan berbahasa dengan teks akademik adalah saling berpengaruh, karena jika seorang mahasiswa memiliki keterampilan bahasa yang memadahi bahkan sangat baik maka mereka dapat menyusun suatu teks akademik yang memiliki gaya bahasa dan pemilihan kata yang bagus, tepat, dan pastinya mudah dipahami oleh pembaca.

Menurut saya korelasi antara ketrampilan berbahasa dengan teks akademik sangat erat, karena kita sebagai mahasiswa akan sering menggunakan teks tersebut dan tentunya ditunjang dengan ketrampilan berbahasa yang baik dan benar salah satunya dalam ketrampilan berbahasa indonesia.

Menurut saya, keterampilan berbahasa dan teks akademik memiliki korelasi yang kuat. Karena ketika menuliskan sebuah teks akademik bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kesimpulannya adalah jika hendak menulis teks akademik haruslah memiliki keterampilan berbahasa yang baik.

korelasinya antara keterampilan berbahasa dengan teks akademik harus sesuai, karena jika tidak sesuai maka akan membuat orang secara umum menjadi bingung. kita harus menggunakan keterampilan berbahasa yang baik karena ini berhubungan dengan mahasiswa atau siswa. jika keterampilan bahasa kita kurang baik maka dapat berpengaruh ke siswa atau mahasiswa yang membaca tersebut. oleh karena itu kita harus sering-sering mengasah kemampuan keterampilan bahasa kita agar tidak terjadi kesalahpahaman antar sesama terkait penggunaan bahasa yang kita gunakan tersebut.maka dari situlah keterampilan dalam berbahasa itu diperlukan dalam teks akademik.

Terdapat korelasi positif yang artinya suatu hubungan antara A dan B yang ditunjukkan dengan hubungan sebab akibat dimana apabila terjadi penambahan nilai pada A maka akan diikuti terjadinya penambahan nilai B.
Nilai A yaitu ketrampilan bahasa.
Nilai B yaitu teks akademik.
Maka dapat ditarik kesimpulan jika ketrampilan bahasa kita bagus maka teks akademik kita ikut bagus. Sebagai mahasiswa kita perlu sekali mengerjakan tugas dengan bagus dan benar, hal ini bertujuan agar teks akademik kita mudah dipahami dan mendapat respon yang baik

Menurut saya, keterampilan berbahasa sangat diperlukan dalam membuat teks akademik. Teks akademik termasuk teks yang formal sehingga harus diperhatikan struktur kalimatnya, penggunaan kosakata, maupun penggunaan tanda baca agar tidak terjadi kesalahpahaman antara penulis dengan pembaca. Selain penulis, pembaca juga perlu keterampilan berbahasa agar memahami apa yang dimaksudkan penulis dalam teks akademik tersebut.

Menurut saya ketrampilan berbahasa sangat berpengaruh dengan teks akademik. Ketrampilan berbahasa sangat penting dalam pembuatan teks akademik menggunakan Bahasa Indonesia yang benar dan mudah untuk dipahami. Dan sebagai mahasiswa perlu ketrampilan berbahasa dengan tujuan agar saat membuat teks akademik dapat mudah untuk dipahami.

Teks akademik atau teks ilmiah adalah teks yang ditulis untuk tujuan pembelajaran dan pengetahuan yang diperoleh dari hasil pegamatan atau penelitian dan dibuat menggunakan metode tertentu dengan kaidah kebahasaan yang benar. Berdasarkan definisi tersebut, keterampilan berbahasa berkaitan erat dengan teks akademik yang harus ditulis berdasarkan kaidah kebahasaan yang benar karena akan digunakan untuk tujuan pendidikan dan dapat dijadikan sebagai sumber referensi untuk orang lain. Sebagai mahasiswa, kita harus memiliki keterampilan berbahas karena kita akan menghadapi banyak penugasan yang berkaitan dengan teks akademik misalnya membuat makalah, jurnal, laporan penelitian, serta tugas akhir yang semuanya tergolong teks akademik

menurut saya, kita sebagai mahasiswa mungkin akan banyak tugas berbentuk laporan yang itu merupakan teks akademik. kolerasi antara keterampilan kita dalam berbahasa sangat berpengaruh pada saat kita menulis teks akademik karena kita sudah mengetahui cara menggunakan bahasa Indonesia yng baik dan benar sehingga memudahkan kita untuk menulis tek akademik

Menurut Tarigan (2013:1), keterampilan berbahasa mempunyai empat komponen, yaitu :

  1. Keterampilan menyimak (listening skills)
  2. Keterampilan berbicara (speaking skills)
  3. Keterampilan membaca (reading skills)
  4. Keterampilan menulis (writing skills)

Menurut saya, keterampilan berbahasa menurut pendapat Tarigan sangat dibutuhkan mahasiswa di dunia perkuliahan, misalnya untuk membuat teks akademik seperti jurnal, skripsi, karya ilmiah, dan lain-lain. Mahasiswa perlu menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam menulis suatu teks akademik agar jelas dan mudah dipahami sehingga pembaca tahu apa maksud penulis. Oleh karena itu, mahasiswa perlu mengasah kemampuannya dalam mengolah keterampilan berbahasa yang baik dan benar. Hal tersebut adalah korelasi antara keterampilan berbahasa dengan teks akademik bagi mahasiswa menurut saya.

Referensi :
Sari, Nur Indah, Eka Septiani. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA EFEKTIF DAN MENULIS KREATIF PADA SISWA SMA DI JAKARTA. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA EFEKTIF DAN MENULIS KREATIF PADA SISWA SMA DI JAKARTA | Sari | Jurnal Terapan Abdimas. Diakses tanggal 9 September 2021.

Menurut saya, kemampuan bahasa dengan teks akademik sangat erat hubungannya. Dalam penyusunan teks akademik tentunya dibutuhkan padanan padanan kata yang pas, menarik, dan penggunaan tanda baca dan pilihan kata yang tepat. Semua hal tersebut diperoleh dari kemampuan bahasa seseorang. Jika kemampuan bahasa seseorang tinggi maka ia dengan mudah pula menyusun teks akademik, namun apabila kemampuan bahasa seseorang rendah maka ia akan kesulitan dalam menyusun teks akademik.

Menurut saya kolerasi antara keterampilan berbahasa dengan teks akademik penting.Keterampilan berbahasa merupakan sebuah keterampilan yang wajib dimiliki peserta didik. Melalui keterampilan berbahasa seseorang bisa mahir melakukan komunikasi yang positif, dan produktif.

Menurut saya, hubungan antara keterampilan berbahasa dengan teks akademik sangatlah erat. Teks akademik mengharuskan penggunaan struktur Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena nantinya teks akademik akan beredar di khalayak umum. Dengan penulisan bahasa yang baik dan benar, maka diharapkan teks tersebut akan lebih mudah dipahami oleh pembaca dari berbagai kalangan. Kita sebagai mahasiswa tentunya sangat membutuhkan keterampilan dalam berbahasa. Karena kedepannya kita akan sering bertemu dengan teks-teks akademik dan menyusun teks tersebut.

Bagi saya yang sekarang berstatus sebagai mahasiswa, keterampilan berbahasa dengan teks akademik tentunya memiliki kaitan yang erat. Keterampilan berbahasa amat dibutuhkan untuk menyusun teks akademik. Sebab, dalam menulis teks akademik, kita harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baku, formal, serta dengan ejaan yang sesuai PUEBI. Oleh karena itu, kita sebaiknya mempelajari dan mendalami keterampilan berbahasa terlebih dahulu sebelum menulis teks akademik.

Menurut saya, keterampilan berbahasa dengan teks akademik memiliki hubungan dan keterkaitan erat antara satu sama lain. Sebagai seorang mahasiswa keterampilan berbahasa akan sangat penting dalam menunjang pembelajaran. Oleh karena itu, mahasiswa perlu mengolah dan mengasah krterampilan berbahasa. Ketika menulis teks akademik harus menggunakan penyusunan dan tata bahasa indonesia yang baik dan benar.