Teks ulasan memiliki karakteristik khusus yang mebedakannya dengan teks lain, seperti yang dikatakan oleh Darwis (2016) memiliki sturuktur yang tersiri atas Orientasi, Tafsiran, Evaluasi dan Rangkuman. Selain itu teks ulasan juga memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya atau produk. untuk opininya berdasarkan fakta yang di-interpretasi-kan. Teks ulasan juga biasa dikenal dengan istilah lain yaitu resensi. Selain itu teks ulasan juga berisi tentang ringkasan, ulasan dan penilaian terhadap suatu karya. Hal ini sejalan dengan pendapat Bahrudin (2006, hlm. 122) yang mengatakan, “Resensi adalah ulasan, pembahasan, atau penilaian terhadap sebuah buku, baik buku fiksi maupun buku nonfiksi.”
Untuk membedakan teks ulasan dengan teks lainnya yakni dengan memahami jenis-jenis teks yang ada, contohnya teks ulasan dengan teks deskripsi. Dengan kita mengetahui konsep dasar tentang pengertian dan lain sebagainya kita bisa dengan mudah mengetahui jenis suatu teks. Dengan menelaah suatu teks kita dapat mengetahui jenis suatu teks. Hal ini sesuai dengan pengertian menelaah DALAM KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA a (2005, hlm. 1160), “Menelaah adalah mempelajari, menyelidik, mengkaji, memeriksa dan menilik”. Selain itu, kita dapat memahami bahwa teks ulasan memiliki ciri-ciri khusus seperti yang saya sebutkan diatas. Menurut Kosasih (2014, hlm. 204), Teks ulasan merupakan hasil interpretasi terhadap suatu karya tertentu. Dengan ulasan tersebut, pembaca/penyimaknya menjadi terbantu di dalam memahami suatu karya. Dengan sinopsis, seseorang menjadi tahu isi ceritanya secara garis besar. Dengan membaca analisisnya, khalayak menjadi tahu struktur karya tersebut, sekaligus kelebihan dan kelemahannya.
Hal yang mendasari teks ulasan dibuat yakni agar bisa memberikan gambaran kepada pembaca tentang suatu karya, baik karya tulis seperti novel dan karya lainnya. Sebagaimana Hendy (2017) mengatakan bahwa seseorang yang meresensi buku, akan memberitahu pembaca tentang buku itu, apa kelebihan dan kelemahannya, apakah penulis resensi merekomendasikan atau tidak, dan buku itu tepat untuk orang yang bagaimana.
MUHAMMAD FADHIL ABDILAH, 165030035 (2021) PEMBELAJARAN MENGANALISIS KETEPATAN PENGGUNAAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS RESENSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK YASPIF CIBUAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. SKRIPSI(S1) THESIS, FKIP UNPAS.
SRI DEVI NUR UTARI, 135030035 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS ULASAN TERHADAP PESAN DARI DUA PUISI DENGAN TEMA YANG SAMA MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. SKRIPSI(S1) THESIS, FKIP UNPAS.
SEPTIAN REFVINDA ARGIANDINI. (2019). “PAPER KETERAMPILAN MENULIS RESENSI”. DALAM INA-RXIF PAPER, 16 MEI 2019