Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Shopee!


Halo, Sobat Mijil…

Bagaimana kabar hari ini? Semoga sehat selalu ya, tetap jaga kesehatan karena pandemic Covid-19 masih belum usai. Oh iya, tak terasa dua tahun negara Indonesia melewati masa pandemic ini, dan berbagai langkah pemerintah telah dilakukan untuk memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19 mulai dari jaga jarak, cuci tangan, pakai masker, dan berpergian pun harus selalu taat protokol kesehatan, tidak lupa juga salah satunya untuk tetap di rumah saja seperti, bekerja dari rumah, belajar dari rumah hingga belanja dari rumah atau biasa disebut belanja online. Walaupun di rumah saja, maka harus tetap produktif agar waktu luang dirumah tidak terbuang sia-sia. Yuk, manfaatkan peluang ini untuk mencoba hal-hal baru, salah satu nya adalah berbisnis online. Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dari bisnis online? Yuk simak penjelasan berikut.

Bisnis online itu sendiri adalah suatu kegiatan jual beli barang atau jasa kepada konsumen secara online melalui internet atau berbagai media online dengan tujuan untuk memperoleh laba. Dengan kecanggihan teknologi seperti saat ini, memudahkan semua orang untuk mengakses internet yang sangat multifungsional, selain untuk memperoleh informasi, kini pengguna media sosial juga bisa memanfaatkan internet untuk berbisnis. Tidak heran jika bisnis online saat ini bisa menjadi suatu trend yang semakin merebak dikalangan masyarakat karena prosesnya yang mudah, dan instant.

Maka hal ini bisa menjadi sebuah peluang disemua kalangan untuk memperoleh cuan, bahkan bisa dijalankan di rumah atau saat memiliki kesibukan yang lain sekalipun. Perlu adanya gebrakan baru dan kemauan dari dalam diri untuk upgrade softskill agar tidak tertinggal dengan para pesaing, maka harus memiliki strategi dan pandai dalam memanfaatkan dunia online untuk berbisnis. Dalam hal ini penulis akan membahas mengenai berbisnis melalui aplikasi Shopee yang mudah ditemukan di perangkat lunak apa saja.

Apa itu Shopee? Shopee merupakan aplikasi yang berkembang pesat dalam pasar jual beli online. Sejak awal peluncuran, Shopee menjadi salah satu situs belanja online pendatang baru dengan peminat terbanyak dibandingkan aplikasi belanja online lainnya. Shopee cukup gencar dalam melakukan promosi diberbagai media sehingga mudah dikenal dan menjangkau masyarakat luas.

Sebagai pengguna Shopee baik untuk seller (penjual) maupun buyer (pembeli) tentunya sudah merasakan kelebihan serta kekurangan dari aplikasi ini. Berikut beberapa kelebihan Shopee bagi penjual:

  • Pengguna yang melimpah, karena kepopuleranya sebagian besar penduduk indonesia lebih memilih Shopee dibandingkan dengan aplikasi yang lain. Dengan traffic yang baik tentunya akan membuat lapak penjual banyak yang melihat dan laku keras.
  • Bisa upload hingga 9 gambar, menguntungkan bagi penjual karena dapat menyakinkan pembeli karena varian produk yang beragam.
  • Terdapat kolom untuk memilih varian, fitur ini sangat membantu penjual untuk menunjukan barang yang masih ready (tersedia) maupun yang sudah sold out (habis).
  • Terintegrasi oleh sistem pengiriman paket, sehingga penjual tidak perlu menulis kembali alamat penerima karena sudah terdeteksi oleh sistem.
  • Adanya penghargaan atau apresiasi star-seller kepada para penjual karena pelayanan yang baik, sehingga mendapatkan review, dan penilaian yang baik dari pembeli sehingga meningkatkan rating toko.

Sayangnya, disetiap kelebihan sebagai penjual di Shopee, pasti tidak luput dari suatu kekurangan, berikut ini merupakan kekurangan Shopee bagi penjual:

  • Perang harga sampai berdarah-darah, penjual saling berlomba agar pembeli order di tokonya.
  • Akun lama cenderung menjadi pemenang persaingan, akun lama akan mudah mendapatkan promo dari Shopee sehingga mendatangkan banyak pelanggan, sedangkan pengguna baru? Bisa jadi ketinggalan.
  • Promo gratis ongkir yang ribet, memang promo ini membantu sekali dalam meningkatkan penjualan di Shopee, akan tetapi menurut beberapa penjual syarat yang diajukan untuk promo terkesan ribet, karena harus upload identitas pribadi seperti KTP dan sebagainya.
  • Pencairan dana yang lama, dari pembeli minimal tiga hari setelah barang dikirim. Jadi untuk hal ini sebagai penjual, harus memiliki modal yang lebih agar tetap bisa melayani pembelian yang lain.
  • Upload gambar yang sering gagal, walaupun gambar bisa diupload banyak, tetapi terkadang proses upload error dan gagal.

Selain kelebihan dan kekurangan sebagai penjual Shopee, banyaknya pengguna shopee sebagai pembeli juga merasakan keuntungan menggunakan aplikasi ini, kira-kira apa saja ya? Apakah dari kalian sudah merasakanya? Yuk simak penjelasan dibawah ini:

  • Gratis ongkir, pastinya dari kita sudah tau kelebihan yang satu ini, tidak sedikit pengguna yang tergiur untuk daftar dan menggunakan Shopee karena fitur gratis ongkir yang cukup menguntungkan bagi pembeli.
  • Permainan seru berhadiah seperti Shopee tanam, goyang Shopee, Shopee lempar, Shopee Tangkap, Shopee serba sepuluh ribu, dimana pada tiap permainan tersebut, pembeli bisa medapatkan koin Shopee.
  • Bisa tawar-menawar, dengan fitur ini pembeli dapat menawar barang yang akan dibeli meskipun harga potongan tidak terlalu jatuh murah.
  • Banyak promo, bukan hanya gratis ongkir saja yang membuat masyarakat tergiur, tetapi juga terdapat promo menarik seperti cashback 90%, flash-sale dan sebagainya.
  • Adanya fitur chat, sehingga memudahkan pembeli dalam bertanya atau melakukan komplain terhadap barang yang dibeli.
  • Pembeli bisa mendapatkan uang, ini merupakan salah satu layanan dari Shopee biasanya akan dipakai oleh seseorang yang menjadi Dropshipper Shopee, yang maksudnya adalah pembeli akan mengambil barang dari Shopee kemudian dijualkan kembali di Shopee atau di marketplace lainnya.

Setelah mengetahui keberadaan Shopee diminati banyak kalangan, sayangnya Shopee juga mempunyai kekurangan bagi pembeli, diantarnya sebagai berikut:

  • Lambat, diwaktu tertentu Shopee sering mengalami error dan cukup lambat untuk diakses karena mungkin banyaknya pengguna yang akses secara bersamaan, atau sedang dalam perbaikan.
  • Spam penjual dimana-mana, karena kemudahan bisnis di shopee akhirnya banyak dropshipper yang tidak kreatif, sehingga banyak produk dengan foto sama, yang membuat pembeli bingung mana yang terpercaya dan foto sesuai dengan aslinya, sehingga kuncinya pembeli harus melihat review pelanggan terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan.
  • Gratis ongkir yang tak selalu gratis, meskipun Shopee menyediakan layanan gratis ongkir, banyak pembeli yang mengeluh karena bukan gratis ongkir nol rupiah melainkan potongan ongkir, sehingga pada saat check-out masih terkena biaya ongkir.

Nah, setelah mengetahui sekilas tentang kelebihan dan kekurangan Shopee baik sebagai penjual atau pembeli, sobat Mijil sudah merasakan yang mana saja nih? Tetap ingin menggunakan Shopee atau pindah ke yang lain?