Yang Muda Yang Berkarya Era Digital Pasti Bisa Ditaklukan

Era Digital adalah era dimana teknologi sudah sangat berkembang dalam artian teknologi sudah menjadi jangkar utama dalam hal pencarian data atau informasi, tidak hanya itu dalam hal memudahkan pekerjaan, melalui teknologi kita bisa melakukan apa saja yang kita mau. pada saat ini teknologi sudah marak digunakan oleh khalayak ramai, tetapi tidak semua orang bisa menikmati kesuksesan era tersebut, maka dari itu disini peran muda mudi untuk menaklukan era digital agar bisa dinikmati khalayak ramai. Karena pada dasarnya era digital sudah sangat berguna pada saat ini, banyak sisi positive yang bisa diambil dari hal itu, banyak keuntungan yang bisa memudahkan kita untuk beraktifitas. Tetapi Era digital juga harus bisa diseimbangi dengan ilmu dan tanggung jawab, karena pada dasarnya jika kita menggunakan sosial media secara semena mena dapat merugikan banyak orang, dan juga merugikan diri sendiri.

Pengguna internet Indonesia di awal 2000-an baru sekitar 2 juta. Mengalami peningkatan signifikan di tahun 2011 dengan jumlah pengguna hingga 43 juta. Pengguna internet di Indonesia tahun 2021 sudah jauh meningkat, mencapai 202,6 juta. Terjadi peningkatan sekitar 15,5 persen dari awal tahun 2020. Tetapi belum semua masyarakat bisa menikmati kecanggihan teknologi tersebut banyak rintangan yang harus dihadapi seperti minimnya jaringan/internet. kurangnya SDM yang paham mengenai kecakapan digital dan masih banyak hal lain ( Jho,2022). Menurut saya dilihat dari perkembangan yang sangat pesat pada digital yang beredar diindonesia itu bisa menjadi boomerang tersendiri bagi kita, apabila para muda mudi tidak bisa mengolah ataupun mempelajari digital lebih detailnya adalah sosial media, itu akan berdampak negative bagi kita semua, karena dampak sosial media itu sangat besar apabila bisa digunakan dengan sungguh sungguh dan bertanggung jawab. Maka dari itu disinilah peran para pemuda yang harus bisa mengolah digital tersebut agar bisa berdampak positif bagi kita semua. dilihat dari peningkatan yang sangat signifikan melalui data riset oleh Jho pada 2022 bisa kita lihat bersama jika perkemangan teknologi itu sangat berbahaya dan juga sangat cepat. berbahaya yang dimaksud dalam artia jika kita selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada namun tidak diimbangi dengan ilmu yang mendasar terkain dampak baik dan dampak buruk terhadap teknologi maka dari itu kita akan terombang ambing oleh zaman teknologi tersebut. Maka dari itu kita sebagai pemuda sekali lagi kita harus berjuang dalam penaklukan era digitial tersebut dan menyebarluaskan teknologi di berbagai penjuru indonesia dengan didasari ilmu ilmu ber sosial media.

Pemuda sebagai salah satu jenis masyarakat yang lebih melek terhadap teknologi, lebih bisa mengakses dan masuk dalam era digital, maka dari itu kita sebagai pemuda harus bisa berperan dalam perkembangan era digital di Indonesia, agar masyarakat yang kurang pengetahuan bisa lebih menggali setiap informasi yang ada. Dan juga kita harus pintar pintar mengelola penggunaan tersebut, agar kemajuan bangsa Indonesia ini bisa lebih pesat. kemajuan era teknologi ini harus kita kawal bersama sama, karena jika kita tidak melek terhadap teknologi maka bangsa kita bangsa indonesia tercinta ini akan tertinggal dengan negara negara lain dan tidak akan berkembang. jika kita mengalami ketertinggalan dalam hal teknologi oleh negara lain, maka kita akan mudah ditipu dan juga dibohongi, maka dari itu kita sebagai pemuda harus terus mengawal dalam perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Daftar Pustaka : Perkembangan Teknologi Digital di Indonesia: Sejarah & Dampak