Workshop Pembelajaran Kosakata Bahasa Asing Melalui Pendekatan Konstruktivisme bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Magelang

MAGELANG, 3/3/2023 - Tim Pengabdian FKIP UNTIDAR melaksanakan pengabdian “Workshop Pembelajaran Kosakata Bahasa Asing Melalui Pendekatan Konstruktivisme bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Magelang”. Tim pengabdi pengabdian terdiri dari Dr. Umi Rachmawati --dosen S1 Pendidikan Bahasa Inggris–, Dr. Linda Eka Pradita --dosen S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia & S2 Pendiidkan Bahasa Indonesia–, Dr. Arif Setyawan --dosen S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia & S2 Pendidikan Bahasa Indonesia–, Mohammad ‘Ulyan, M.Pd. --dosen S1 Pendidikan IPA–, dan Imron Rosadi --mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris–.

image

Kegiatan yang dilaksankan pada Jumat, 3 Maret 2023, pukul 14:00 s.d. 16:00 WIB melalui zoom meetings diikuti oleh para guru PAUD di Kota Magelang dan sekitarnya. Pada sesi pembukaan, Dr. Umi Rachmawati selaku ketua panitia menyampaikan mengenai pentingnya kegiatan ini dikarenakan “memberikan pembelajaran yang inovatif menjadi tuntutan yang tak terelakkan bagi guru. Begitu pun dalam pembelajaran di tingkat PAUD. Salah satu pembelajan yang penting di tingkat PAUD ialah pembelajaran kosakata bahasa asing. Hal tersebut tentu tak lepas dari tuntutan zaman, yang menjadikan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, sebagai bahasa yang penting untuk dikuasai (3/3/2023).”

image

Masuk ke inti acara yang dimoderatori Dr. Arif Setyawan, Dr. Linda Eka Pradita, M.Pd., selaku pemateri pertama menyampaikan mengenai urgensi pemahaman mengenai psikologi bahasa pada anak guna pengaplikasian pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran bahasa asing. Hal tersebut diketengahkan dalam paparannya yang bertajuk “Psikologi Bahasa pada Anak”.

image

Lebih lanjut, pemateri kedua, Dr. Umi Rachmawati, M.Pd., menyampaikan paparan dengan tajuk “Pengajaran Kosakata Bahasa Asing pada Pendidikan Anak Usia Dini dengan Pendekatan Konstruktivisme.” Dalam paparannya, beliau menyampaikan hal-hal teknis berkenaan dengan penerapan pendekatan kontruktivisme dalam pembelajaran bahasa asing.

image

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan juga sharing berkenaan dengan berbagai pengalaman guru-guru PAUD tentang pembelajaran PAUD, khususnya berkenaan dengan pembelajaran bahasa asing. Di akhir acara, para guru menyampaikan “sangat antusias dengan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan dan berharap ke depannya diperbanyak kegiatan-kegiatan pengabdian yang serupa (3/3/2023).”