Ulasan Artikel Jurnal

A. Identitas Artikel Jurnal

Judul : Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Secara Sintaksis Dalam Proses Diskusi Siswa Kelas IV SDN Miri
Nama Jurnal : Jurnal Visipena
Volume : 8
Tahun : 2017
Penulis : Gio Mohamad Johan dan Yusrawati JR Simatupang
Reviewer : Rizqi Qurniyawati
Tanggal : 1 Mei 2021

B. Teknik Penulisan
Penulisan artikel jurnal ini secara keseluruhan sudah baik dalam ketatabahasaan dan penulisannya. Penulis menyajikan diksi yang beragam namun tetap mudah dipahami oleh pembaca. Penulis menulis artikel jurnal ini dengan rinci namun tidak berbelit. Kalimat yang disajikan penulis sudah efektif sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Penulis menyajikan data secara urut dan sistematis yang dapat memudahkan pembaca memahami isi dari jurnal ini.

C. Penilaian Konten Tulisan

  1. Abstrak dan Pendahuluan
    Dalam artikel jurnal ini, bagian intisari ditulis secara ringkas, padat, dan jelas. Ringkasan jurnal ditulis dengan baik dan sangat mudah dipahami oleh pembaca mengenai gambaran isi dari artikel jurnal ini. Tujuan penelitian juga sudah ditampilkan di abstrak ini sehingga pembaca dapat memahami sebagian isi dari artikel jurnal melalui abstrak.
    Pendahuluan dalam artikel jurnal ini sudah baik dan lengkap. Di dalam pendahuluan sudah ditulis latar belakang yang logis mengenai topik yang dibahas. Terdapat teori-teori dari para ahli yang mendukung topik yang dibahas. Isi di pendahuluan ditulis dengan rinci dan tidak bertele-tele sehingga pembaca mudah memahami isi dari pendahuluan yang relevan dengan topik yang dibahas.

  2. Metode Penelitian
    Metode penelitian dalam artikel jurnal ini adalah metode deskriptif. Penulis mampu memilih sebuah metode penelitian dengan baik. Metode ini cocok dan sesuai untuk menganilisis kesalahan berbahasa secara sintaksis karena dengan metode ini dapat diperoleh hasil penelitian gambaran yang sistimatis dan akurat berdasarkan fakta-fakta yang ada sesuai dengan obejek yang diteliti yaitu diskusi siswa kelas IV SDN Miri

  3. Tampilan Data dan Hasil Penelitian
    Tampilan data dalam artikel jurnal ini disajikan dalam bentuk tulisan tanpa menggunakan gambar atau diagram. Data yang disajikan dalam artikel jurnal ini data disajikan seacra urut dan sistematis sehingga pembaca dapat lebih mudah dalam membaca. Data disajikan secara lengkap. Topik permasalahan dibahas secara tuntas serta diberi banyak contoh penulisan yang salah beserta pembenarannya.
    Hasil penelitian dari jurnal ini adalah bahwa mayoritas siswa salah dalam menulis di bagian frasa dan kalimat. Kesalahan di bidang frasa pada penelitian ini adalah siswa banyak melakukan kesalahan pada penghilangan prepoisi dan penggunaan bentuk superlative yang berlebihan. Sedangkan kesalahan di bidang kalimat, banyak terjadi kesalahan dalam penggunaan istilah asing, kesalahan penggunaan konjungsi yang tidak tepat, kesalahan penghilangan konjungsi, serta adanya pengaruh bahasa daerah. Selain itu, terdapat pula kesalahan penulisan pada preposisi di.

  4. Penelitian Relevan dan Daftar Pustaka
    Penelitian pada arikel ini ditulis pada sitasi parafrase. Dalam artikel jurnal ini, sitasi parafrase yang dikutip sesuai dengan topik atau materi yang dibahas. Peneliti menyajikan sitasi parafrase yang efektif karena mampu mendukung topik yang dibahas yaitu kesalahan berbahasa, diskusi, dan khususnya sintaksis. Daftar pustaka yang diambil juga tepat dan efektif.