Ulasan Artikel Jurnal "Kesalahan Sintaksis pada Esai Siswa"

A. Rangkuman
Semua data dan analisis yang telah dilakukan pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi yang baik pada pendidikan di Indonesia, khususnya dalam pembelajaran menulis esai. Dalam menulis esai,seorang siswa tidak sekadar menyusun kata demi kata, tetapi juga memperhatikan bagaimana kalimat tersebut baik dan benar. Dengan demikian, pembaca akan lebih mudah memahami hasil tulisan yang dibuat siswa.

B. Identitas Jurnal
Judul : KESALAHAN SINTAKSIS PADA ESAI SISWA
Penulis : Eti Mubarokah dan Farida Yufarlina Rosita
Jurnal : Jalabahasa
Tahun terbit : November 2019
Volume : vol. 15 no. 2
Halaman : 163-172
Reviewer : Nurdin Mahendra
Tanggal review : 09 Mei 2021

C. Teknis Penulisan
Penulisan artikel pada jurnal ini secara keseluruhan dapat dikatakan cukup baik dalam penulisan ketatabahasaan. Sebagian besar artikel ditulis secara singkat, tlnamun mampu menggambarkan maksud dari bagian tersebut.

D. Penilaian Konten Tulisan

Abstrak dan Pendahuluan
Intisari penelitian yang ada pada awal artikel telah menjelaskan mengenai ringkasan jurnal secara singkat dan padat. Tujuan, metode, dan hasil penelitian tercatat dalam intisari. Namun kalimat dan diksi yang ditampilkan dalam abstrak, khususnya tujuan penelitian tidak ditulis secara jelas dan mudah ditangkap. Tujuan penelitian ditulis secara samar, sehingga membutuhkan pemahaman yang lebih untuk mencari tujuan penelitian dalam absrak.
Penulisan pendahuluan artikel ini memiliki keunggunal tidak ditulis bertele-tele dengan banyak kalimat, cukup ditulis singkat, tetapi telah memenuhi fungsinya sebagai pembuka artikel. Hal tersebut berlawanan dengan budaya dan kebiasaan penulis Indonesia yang cenderung lebih sering menulis pendahuluan yang terlalu panjang. Pendahuluan yang ada pada artikel memberikan kejelasan secara tidak langsung mengenai tujuan penelitian.

Metode Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang sistematis digunakan untuk mengkaji suatu objek pada latar alamiah tanpa ada campur tangan dan hipotesis di dalamnya.

Tampilan Data dan Hasil Penelitian
Analisis kesalahan berbahasa pada penelitian ini difokuskan pada tataran sintaksis, yaitu dalam bidang frasa, klausa, dan kalimat dengan cara mengidentifikasi kesalahan, lalu mengklasifikasikan berdasarkan masing-masing kesalahan.
Data yang tersaji dalam artikel jurnal adalah data yang disampaikan secara tertulis tanpa melibatkan gambar, tabel, maupun diagram. Meskipun demikian, data yang disampaikan telah sesuai dengan

Simpulan
Semua data dan analisis yang telah dilakukan pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi yang baik pada pendidikan di Indonesia,khususnya dalam pembelajaran menulis esai. Dalam menulis esai, seorang siswa tidak sekadar menyusun kata demi kata, tetapi juga memperhatikan bagaimana kalimat tersebut baik dan benar. Dengan demikian, pembaca akan lebih mudah memahami hasil tulisan yang dibuat siswa.