sumber gambar : https://blog.anteraja.id/wp-content/uploads/2020/01/Gambar-3-Caminofinancial.com-1-1024x683.jpg
Pada saat ini semua orang pasti tidak asing dengan internet. Internet memudahkan kita melakukan banyak hal, salah satunya berbisnis secara online. Adanya internet menyebabkan peruabahan cara dalam berbisnis. Termasuk konsep bisnis di berbagai lini pun ikut berubah.
Kini kita tidak perlu lagi menyewa toko fisik, membayar biaya sewa tempat yang mahal, atau merekrut banyak tenaga kerja untuk menjaga toko atau menjalankan bisnis. Sekarang semua orang bisa memiliki toko online tanpa memerlukan modal besar, misalnya dengan menjadi penjual di situs website e-Commerce Tokopedia, memasarkan barang dagangan lewat media sosial seperti Facebook dan Instagram, menjadi penjual makanan di aplikasi Go-Food, dan sebagainya
Berikut adalah hal hal yang harus kamu ketahui sebelum memulai bisnis online milikmu. Yuk, simak ulasan selengkapnya !
1. Tentukan barang atau layanan yang ingin kamu jual
Sebelum memulai bisnis, penting untuk menentukan jenis barang atau layanan apa yang akan kamu jual secara online. Pastikan produk tersebut kamu sukai, ini penting karena kamu akan menangani produk ini setiap harinya, jadi pastikan produk tersebut nantinya tidak akan mudah membuat kamu bosan. Baik produk buatan kamu sendiri atau produk orang lain yang kamu jual.
2. Segmen pasar
Bisnis apapun itu, termasuk bisnis online, membutuhkan segmentasi pasar. Setelah menentukan produk apa yang mau dijual, tentukan siapa calon pelanggan potensial bisnismu. Semakin spesifik semakin bagus. Tujuannya agar kamu bisa melakukan promosi secara terarah. Misalnya kamu ingin berjualan pakaian. Apakah segmentasinya ditujukan untuk semua orang atau anak muda saja, perempuan atau laki-laki? Dari sini kamu bisa merincinya lagi lebih dalam. Segmentasi yang jelas akan mempermudah kamu untuk melakukan riset tentang hal-hal yang disukai pasar dan mempromosikan produkmu nantinya.
3. Memilih Platform Jualan Online yang Sesuai
Langkah selanjutnya setelah menentukan produk yang ingin dijual adalah menentukan platform apa yang sesuai dengan produkmu. Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk berjualan online. Kamu bisa membangun toko online sendiri melalui website, menjual produk di online marketplace yang sudah ada, atau memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran barang daganganmu.
4. Sistem pembayaran
Sistem Pembayaran Ketika memulai bisnis online, skema pembayaran penting dipikirkan untuk mempermudah proses pembayaran pada transaksi yang akan dilakukan. Di beberapa negara berkembang, skema pembayaran yang umumnya digunakan pada bisnis online adalah sebagai berikut:
-
Cash on Delivery (COD). Yang dimaksud dengan COD adalah pembayaran dilakukan secara tunai pada saat barang diterima oleh pembeli.
-
Pembayaran Lewat Bank (Transfer). Skema pembayaran ini cocok untuk pasar Indonesia. Setelah memesan barang secara online, pembeli melakukan transfer sejumlah uang ke nomor rekening yang menjual barang tersebut. Selanjutnya barang akan dikirimkan setelah barang tersebut dibayar
-
Kartu Kredit. Kartu kredit saat ini sudah populer digunakan untuk transaksi jual beli secara online.
-
Rekening Bersama. Rekening bersama adalah layanan rekening yang dimiliki pihak ketiga yang dibuat untuk menampung dana transaksi jual beli online
5. Cara mengatasi keluhan
Berikut adalah cara mengatasi keluhan dari para konsumen
-
Dengarkan
Dengarkan keluhan yang disampaikan kepadamu, baik secara langsung ataupun yang disampaikan lewat media sosial atau forum. Pastikan tidak ada keluhan yang diabaikan. -
Minta maaf
Ini merupakan kesempatan bagi brand-mu untuk bersinar. Pandanglah keluhan sebagai momen untuk ‘memamerkan’ seberapa responsif dan seberapa besar kamu peduli dengan pelanggan. Semua orang pasti pernah membuat kesalahan. Pelanggan akan mengerti itu -
Selesaikan masalahnya
Secara alamiah, orang yang dikomplain umumnya akan merasa emosional dan defensif. Di lain sisi pelanggan dapat bertindak tidak rasional saat mereka marah, apalagi merasa sudah mengeluarkan banyak uang untuk produk yang dibelinya. -
Sampaikan terima kasih
Ingat, keluhan adalah hadiah. Ini adalah kesempatan bagi kamu untuk memperbaiki masalah, belajar memperbaiki, dan menunjukkan kepada dunia bahwa kamu sangat memperhatikan pelanggan.
Nah itu dia hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum memulai bisnis online. Bagaimana ? Sekarang tahu dong apa saja yang harus dipersiapkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Daftar Pustaka
Donny, Indriyatno. 2017. Keamanan Siber untuk e-Commerce. ICT Watch - Indonesia
at : www.ictwatch.id