id. pinterest
Pandemi Covid-19 yang terjadi belakang ini memberikan dampak yang sangat signifikan di beberapa sektor kehidupan dihampir seluruh negara. Khusunya untuk di Indonesia sendiri hampir mayoritas sektor ini mengalami penurunan terutama dalam sektor ekonomi yang harus tersendat dengan adanya wabah ini. Dimana pada dasarnya sektor ekonomi ini sendiri sangatlah menjadi tumpuan dan penompang bagi masyarakat.
Sektor UMKM sendiri yang merupakan sektor terpenting yang ada di Indonesia ini sendiri juga harus merasakan dampaknya yaitu penurunan. penelitian ini ingin menganalisis mengenai transformasi digital pada UMKM yang terjadi saat pandemi. Trasformasi digital sendiri biasanya disebut dengan digitalisasi dari semua perubahan. Dimana hal ini tentunya disebabkan oleh keberadaan hal- hal yang berbau digital, model bisnis, budaya, proses, organisasi dan juga strategi manajemen yang pada akhirnya akan berubah secara fundamental.
Dengan adanya permasalahan dalam yang terjadi saat ini seperti keterbatasan dari ruang gerak, faktor biaya, dan juga waktu dimasa saat ini tentunya dengan melakukan transformasi digital ini akan dapat memaksimalkan adanya program kerja dari bisnis UMKM ini. Keberadaan digitalisasi ini juga memudahkan adanya kegiatan promosi usahanya akan menjadi cenderung lebih efisiensi biaya dan juga waktu.
Dalam melakukan proses transformasi digital dalam UMKM ini tentunya akan mengalami beberapa hambatan yang akan membuat proses tidak dapat berjalan secara mulus. UMKM yang pada dasarnya merupakan salah satu penggerak dari ekonomi domestik guna melakukan penyeran tenaga kerja ini justru mengalami penurunan produktifitas yang akan berdampak pula adanya penurunan profit. Menurut ADB (Asian Development Bank) ini dengan adanya pandemi ini menyebabkan 88% UMKM ini menjadi kehabisan tabungan dan kas usahanya. Maka dari itu dengan adanya permasalahan ini menyebabkan banyaknya usaha offline yang harus terpaksa untuk menutup gerainya dikarenakan sepinya pembeli padahal UMKM ini memiliki peran yang sangat tinggi dalam perekonomian di Indonesia.
Dibalik adanya pandemic Covid ini hal positifnya ialah dapat mendorong adanya perubahan daru didalam bisnis di Indonesia. Dimana perubahan yang dimaksud ini ialah telah beralihnya dari yang sebelumnya berbisnis secara offline menjadi bisnis secara online.
Referensi:
Falgenti, K. (2011). Transformasi Ukm Ke Bisnis Online Dengan Internet Marketing Tools . Volume 4, Nomor 1, Halaman 62–73.
Hidayat, Dedi. (2020). Covid 19 dan Transformasi Saluran Pembelian Online . Diakses 9 Desember 2021, dari : https://infobrand.id/covid-19-dan-transformasi-saluran-pembelian-online.phtml