Tiktok sebagai Ladang Penghasilan,Eksistensi dan Sahabat Berekspresi

tiktoktiktoktiktok
sumber gambar: https://glorydays.se/tiktok/

Dunia mengalami perkembangan teknologi yang pesat.Berbagai platform untuk mempermudah interaksi dan komunikasi sosial secara virtual semakin banyak ditemukan.Seiring berlangsungnya proses globalisasi,tembok pembatas antar dunia menjadi semakin tipis sehingga antara dunia yang satu dengan yang lain terkesan saling terbuka.

Globalisasi dan kemajuan teknologi membawa dampak negatif dan positif,salah satu contoh positif nya mempermudah pencarian informasi dan keterbukaan dunia/negara lain,sedangkan negatif nya adalah keterbukaan tersebut membuat sekat privasi masing-masing dunia kian menipis.Lahirnya jejaring media sosial seperti Facebook,Whatsapp,Telegram,Line,Twitter dan Instagram, menjadi bukti perkembangan globalisasi.

Semakin berkembang nya teknologi,pembangunan interaksi sosial dengan pemanfaatan media sosial semakin dirajai oleh semua kalangan masyarakat terlebih para remaja.
Pada kurun waktu 2 tahun ini,dunia dilanda kebosanan panjang akibat pandemi covid 19 yang belum kunjung berakhir.

Hal tersebut semakin mendukung penggunaan media sosial dengan waktu hampir 24 jam.Platform video musik asal Tiongkok yang sempat booming di tahun 2016 yaitu Tiktok, kini kembali digunakan dengan intens oleh masyarakat.Penggunaan Tiktok bukan hanya sebagai hiburan kebosanan semata,namun menjadi ajang seseorang untuk menampilkan bakat, ekspresi, ladang penghasilan serta eksistensi di dunia virtual.

Tiktok tidak lagi hanya digemari oleh remaja,tetapi semua kalangan usia dari anak-anak hingga lansia,Mereka turut serta mengikuti trend di aplikasi video tersebut.Selama isolasi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, Tiktok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh dan digunakan.

Tidak seperti Instagram dan Youtube, TikTok membuat anak muda beraksi karena mereka secara aktif dapat berpartisipasi dalam trend yang meliputi tantangan untuk menari, pertunjukan, tutorial, dan sebagainya,karena berbagai jenis hiburan hidup berdampingan di platform ini.

Pada masa saat ini,video dan musik menjadi konten yang di sukai oleh masyarakat global tentunya bukan hanya Indonesia.Trend video ini tidak hanya sekedar dimanfaatkan oleh remaja yang senggang untuk mengisi waktu luang,namun menjadi ladang tambahan pendapatan bagi milenial dan pengusaha untuk ajang promosi serta mengambil keuntungan dari hasil endorse di akun Tiktok mereka.

Hal tersebut menjadikan Tiktok sebagai alat baru didalam dunia marketing untuk strategi pemasaran.Sebagai upaya marketing, Tiktok menjadi pendorong terciptanya aplikasi edit video seperti Capcut,Inshot dan VN, yang kemudian dijadikan fasilitas para pelaku marketing untuk menarik perhatian masyarakat Tiktok dengan hasil editan video yang mereka suguhkan.

Tanpa aplikasi video lain,Tiktok sendiri sebeneranya sangat memungkinkan para penggunanya untuk membuat video tanpa edit namun tetap menarik karena banyak nya fitur efek yang sudah tersedia di dalam nya.Adanya fitur baru Tiktok Shop semakin menamah kesempatan para pengusaha,entrepeneur dan wirausahawan untuk menjajakan bisnis dan usaha mereka di Tiktok.

Terdapat beberapa istilah didalam aplikasi video Tiktok.Salah satu istilah yang digadang-gadang oleh para pengguna Tiktok khusunya conten creators Tiktok adalah istilah FYP atau singkatan dari For Your Page. Sebuah video dikatakan FYP jika masuk ke timeline Tiktok seseorang dengan banyak nya viewers.

FYP menjadi penting bagi seorang konten kreator karena hal tersebut dapat menjadi kesempatan untuk menambah followers dan viewers di akun mereka.Semakin sering seorang content creators masuk kedalam FYP,maka eksistensi dan keuntungan yang mereka dapat semakin besar.Secara sederhana mereka akan dijuluki sebagai Selebritis Tiktok.

Dalam kehidupan FYP masyarakat Tiktok,sering kali melahirkan pertanyaan apakah FYP membuat para pemuda yang memenuhi stereotip good looking tertentu lebih terlihat?. FYP sering kali memang didominasi dengan manusia good looking,tetapi diluar itu banyak konten kreator lain yang menyajikan konten nasehat,motivasi, lagu,quotes,serta video alam dan perjalanan yang juga turut mendominasi tampilan FYP para pengguna Tiktok, sehingga patokan good looking tidak menjadi dominasi FYP dan ke viralan, namun segala hal dapat menjadi viral dan FYP tergantung dari seberapa menarik dan hangat penyajian topik konten tersebut,karena masing-masing pengguna Tiktok memiliki timeline FYP yang berbeda-beda.

Tiktok sebagai aplikasi video,tidak hanya menjadi ajang eksistensi keviralan dan ladang penghasilan semata namun juga menjadi wadah pengekspresian diri para penggunanya.Emosi,pikiran,kebahagian,kejenuhan,dan kondisi lain dari diri seseorang banyak dituangkan dalam karya berbentuk video yang diunggah di Tiktok.

Selain itu,banyaknya fitur efek yang disediakan Tiktok sering kali dimanfaatkan pelajar dan mahasiswa untuk mengerjakan tugas project video mereka. Oleh karena itu dalam kehidupan sehari-hari masyarakat masa kini,Tiktok yang merupakan salah satu aplikasi media sosial dijadikan sahabat dalam segala kondisi oleh semua kalangan masyarakat serta menambah daya kreatifitas para penggunanya.