Tempat wiasata gunungkidul Telaga jonge

Telaga Jonge

Kabupaten Gunungkidul memilikidestinasi wisata alam unik, bernama Telaga Jonge yang asri dan juga telaga ini memiliki air yang tak pernah kering.

Telagajonge beralamat di Pedukuhan Kuwangen Lor, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul atau 46 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk akses menuju telaga tersebut terbilang sangat mendukung karena jalannya sudah beraspal.

Saat pertama sampai di telaga jonge, wisatawan akan disambut pemandangan berupa jernihnya air yang dikelilingi pepohonan rindang di pinggir telaga. Wisatawan juga bisa Menyusuri pinggir telaga, nantinya pengunjung dapat menemukan penyedia jasa keliling Telaga Jonge menggunakan perahu motor.

Tampak beberapa anak-anak tengah berada di atas perahu motor yang mengelilingi Telaga Jonge. Selain itu, tampak pula beberapa pengunjung tengah menikmati suasana dan pemandangan telaga tersebut dari gazebo sembari menikmati beragam makanan dan minuman yang tersedia di pasar kuliner.

Awalmulanya telaga jonge adalah wisata religi, akan tetapi banyak orang terus datang, warga kemudian muncul gagasan kasih ikan. Setelah itu dilakukan tabur benih ikan untuk mengembangkan wisata umum, khususnya wisata keluarga hingga sekarang.

Saat ini Telaga Jonge menyediakan beberapa fasilitas untuk pengunjung mul
Saung-untuk-Bersantai-di-Pinggir-Telaga-e1578008956540
ai dari gazebo, pasar kuliner, jasa penyewaan perahu motor, jasa penyewaan bebek-bebekan hingga penyewaan kano. Telaga jonge merupakan wisata yang fleksibeluntuk semua kalangan,misalny; anak-anak, remaja, orang dewasa. Tempat ini juga sangat cocok kuntuk berkumpul dari sekala kecil misalnya keluarga dan sekala cukup besar seperti rapat, reuni, dan lain lain dikarenakan ditempat ini ada aula aula yang cukup
luas dan disana juga terdapat panggung hiburan yang bisa digunakan untuk umum.

Untuk naik perahu Rp 10 ribu per orang begitu pula bebek-bebekannya dan ada juga pasar kuliner, pasar digital di sini. Untuk operasionalnya dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, masuknya tidak dipungut biaya hanya bayar parkir saja.

Telaga Jonge telah mengantongi sertifikat CHSE dan menerapkan aplikasi PeduliLindungi untuk wisatawan agar terjaga dari penyebaran covid 19. Oleh sebab itu, wisatawan tidak perlu ragu lagi untuk berkunjung ke Telaga Jonge.