Takut Tambah Dewasa

takut jadi dewasa

Tak sedikit orang yang mapan dari segi umur, tapi belum memiliki kepribadian yang matang. Usia memang bukan jaminan dan tolok ukur kedewasaan seseorang. Tak mudah menjadi dewasa. Butuh proses panjang dan tahapan. Berikut merupakan sedikit gambaran mengenai proses pendewasaan seseorang.

Kisah ini dimulai ketika seseorang mulai menginjakkan usia kepala dua. Akan muncul berbagai ambisi dan diri ini merasa sangat antusias menyambut hal tersebut. Banyak mimpi-mimpi indah nan mulia yang inginku raih. Tetapi disisi lain bingung untuk memulai semua itu dari mana. Lika-liku perjalanan hidup kulalui, jatuh bangun pun kuhadapi. Kadang diri ini merasa terjebak sendirian di lingkaran ambisi yang ingin dicapai. Rasanya tubuh ini dituntut untuk tumbuh dewasa dari keadaan yang memaksa dan harus bangkit dari berbagai kesalahan yang dilaluinya. Sampai akhirnya ada di suatu titik dimana diri ini mengakui bahwa diri ini merasa sangat takut untuk tambah dewasa dan juga takut merasa kecewa jika nanti hasil yang didapat tak seindah hasil yang diminta.

Lalu memasuki usia pertengahan dua puluh lima. Diri ini bingung untuk menentukan langkah selanjutnya yang akan ditempuh. Pada akhirnya banyak mimpi yang harus rela terkubur oleh keadaan. Waktu tidur pun dikorbankan untuk menjalani berbagai kesibukan harian, bahkan sampai diri ini pun tak tahu lagi apalagi sebenarnya yang akan kukejar. Menjalani hari-hari yang berat dengan rasa takut yang makin meningkat, takut untuk tambah dewasa, takut diri ini kecewa, dan takut tak seindah yang dikira.

Tibalah kamu di usia kepala tiga, dimana raga ini sudah menuai banyak kecewa. Banyak ambisi dan mimpi yang akhirnya memang benar-benar tidak bisa terwujud. Dan pada akhirnya diri ini memang sadar bahwa akhirnya tidak seindah yang diminta dan tubuh ini tidak sekuat yang dikira. Berusaha untuk menerima segalanya sebagai suatu anugrah yang diberikan-Nya. Diri ini sudah menjadi dewasa seutuhnya, walau kadang jalan terjal menghadang, diri ini sudah siap untuk melaluinya. Langkahmu, hatimu, serta jiwamu kini makin terasa bebas. Sudah tidak ada beban yang kau tanggung dan hidupmu kini dipenuhi senyum. Dan kisah pendewasaan pun selesai dan kini kamu adalah seorang pribadi yang dewasa.

Kehidupan merupakan sebuah misteri. Banyak hal datang silih berganti tanpa bisa kau halangi. Namun jangan pernah menyerah dengan berbagai masalah yang kau hadapi dan yakinlah pada jalan yang kamu ambil. Yakinlah bahwa yang di atas akan memberikan yang memang sudah menjadi hakmu.

Ada kalanya hidup terasa mudah dan menyenangkan, tetapi kadang juga terasa berat. Dalam menikmati liku kehidupan ini dibutuhkan rasa ikhlas, sabar, dan semangat yang kuat. Semangat dibutuhkan agar diri ini bisa bangkit dan tidak terhenti di titik ini.

Penulis hanya bisa berpesan kepada para pembaca agar semangat menjalani hidup. Walaupun hidup itu berat memang harus dijalani. Jika tidak berlari maka berjalan saja pun sudah lebih dari cukup. Apapun hasil yang kau dapat nanti itu tetaplah hasil dari proses kerja keras yang kau lalui.

" Banyak dari kegagalan hidup dialami oleh orang-orang yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan kesuksesan ketika mereka menyerah."
Thomas Edison

6 Likes