Strategi SM Entertainment dalam Membentuk Boygrup NCT untuk Menguasai Pasar Global

nct2020
Sumber :
https://www.bandwagon.asia/articles/nct-to-release-new-album-in-mid-october-as-nct-2020-sm-entertainment-comeback

Budaya K-pop yang menjamur di seluruh belahan dunia membuat persaingan antar agensi atau label musik di Korea Selatan lebih ketat. Salah satu agensi musik di Korea Selatan SM Entertainment adalah perusahaan hiburan Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1995 oleh Lee Soo-man. Perusahaan ini sekarang menjadi salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan.

Salah satu boygrup yang dimiliki SM Entertainment bernama NCT, memiliki kepanjangan Neo Culture Technology. NCT dikenal memiliki anggota yang tidak terbatas, memiliki banyak sub unit, dan setiap anggota dapat berpindah ke sub unit yang berbeda sesuai ketentuan dan strategi agensi. Sejauh ini NCT memiliki empat sub unit dan 23 anggota yang berasal dari berbagai negara di dunia.

SM Entertainment membentuk unit pertama bernama NCT U di tahun 2016. Huruf U tersebut merupakan singkatan dari United. Dalam unit ini tidak ada anggota yang tetap, semua anggota bisa keluar masuk sesuai dengan ketentuan perusahaan. Sub unit kedua adalah NCT 127, sub unit ini berbasis di Seoul, Korea Selatan sehingga angka 127 tersebut berasal dari titik koordinat kota Seoul. Sub unit ketiga adalah NCT DREAM, sub unit ini dibentuk berdasarkan usia di bawah 20 tahun pada 2016 lalu dan akan keluar dari unit ini ketika sudah mencapai usia 20 tahun, namun sistem itu berubah karena permintaan dan minat penggemar yang tak ingin mengalami perubahan anggota pada sub unit ini. Sub unit yang terakhir adalah WayV, sub unit ini berbasis di China dan membuat lagu-lagu khusus menggunakan bahasa Mandarin.

SM Entertainment sebagai agensi top 3 di Korea Selatan tentu saja memiliki segudang ide dan strategi untuk memasarkan boygrup dan girlgrup mereka. Strategi yang SM Entertainment gunakan dalam membentuk NCT yaitu menggunakan konsep paling rumit dibanding boygrup lain di Korea Selatan, sehingga membuat banyak orang penasaran lalu pelan-pelan mengenal mereka dan berakhir menjadi penggemar mereka.

Selain itu, strategi lain yang SM Entertainment gunakan adalah mengambil anggota berasal dari berbagai negara. SM Entertainment yang dikenal sebagai agensi berkelas tentu saja akan menarik banyak perhatian orang apabila ada salah satu warga negaranya berhasil masuk dan debut sebagai artis K-pop yang bernaungan di SM Entertainment. Sejauh ini, NCT memiliki 10 anggota berkebangsaan Korea Selatan, 8 anggota China, 2 anggota Jepang, 1 anggota Thailand, 1 anggota Amerika Serikat, dan 1 anggota Kanada. Strategi yang lainnya yaitu membuat lagu dari berbagai bahasa seperti Jepang, Inggris, Korea, dan China.

Hal itu dapat menjadikan NCT memiliki penggemar yang berasal dari berbagai penjuru dunia yang dapat dibuktikan dari penjualan album mereka yang melebihi 3 juta copy dari masing-masing unit serta dikutip dari akun resmi SMTOWN Indonesia pada 2020 lalu bahwa NCT bertahan 9 minggu berturut-turut di Billboard 200 dengan album “Resonance Pt.2” mereka. (Sumber : Twitter @SMTOWN_Idn)

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa konsep NCT memiliki anggota tak terbatas, akhir-akhir ini SM Entertainment juga sedang melakukan tahap audisi untuk anggota baru NCT yang dilansir dari akun instagram smseaaudition. Audisi pun terbuka untuk berbagai negara seperti Kanada, Amerika Serikat, Korea Selatan, Vietnam, Thailand, China, Jepang, dan bahkan Indonesia. Hal itu pun juga menjadi strategi yang baik untuk perluasan jangkauan penggemar yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Dengan branding NCT yang sudah dikenal banyak orang dan dengan jaminan berkesempatan mendapat pelatihan, menandatangani kontrak dengan SM Entertainment, bahkan debut sebagai anggota NCT, tentu saja memberikan minat yang tinggi untuk orang-orang yang ingin mengikuti audisi. Hal itu memicu banyak penggemar untuk terus mengikuti perkembangan NCT dari tahun ke tahun sehingga SM Entertainment tak perlu membangun brand dari awal.

Selain itu, tahun lalu SM Entertainment memberikan pernyataan bahwa akan membentuk sub unit NCT Hollywood dengan tujuan menarik pasar Amerika Serikat. Sedangkan tahun ini mereka memberi pernyataan bahwa selain akan ada NCT Hollywood, mereka juga akan membentuk NCT Tokyo yang bertujuan menarik pasar Jepang dan Asia dengan lebih luas. (Sumber : Twitter @SMTOWNGLOBAL)

SM Entertainment juga melakukan strategi membuat akun YouTube khusus untuk variety show sebagai hiburan para penggemar dengan nama NCT Daily yang dinyatakan tidak digunakan lagi dikarenakan subscriber di akun NCT Daily yang berisi hiburan lebih banyak daripada akun YouTube NCT yang utama. Sehingga mereka mengunggah variety show melalui akun youtube NCT yang utama karena dampak dari variety show yang mereka buat cukup menarik banyak penonton dikarenakan konten yang mereka berikan bervariasi dan menarik ditambah dengan subtitle mereka lebih lengkap dan cepat dibanding agensi lainnya.

Mengetahui sejak awal NCT menarik perhatian penggemar Indonesia, dimulai sejak tahun 2019 mereka memasukkan subtitle berbahasa Indonesia di setiap konten yang mereka berikan. Sehingga hal itu dapat membuat para penggemar mereka lebih mudah mengerti dan tak beralih pada boygrup atau girlgrup yang lain. Sementara untuk Channel YouTube SM Entertainment sendiri, SMTOWN, sudah memiliki 10 juta pelanggan. Channel YouTube SMTOWN memiliki subscriber terbanyak untuk label musik dari seluruh Asia.

Tak hanya variety show yang menarik dan variatif, konsep dalam merilis album baru mereka pun sangat menarik dan kreatif. Pada 2020 lalu, SM Entertainment merilis 4 lagu dari unit yang berbeda-beda dan digabungkan dengan judul Resonance berdurasi kurang lebih 5 menit. Tak hanya itu, unit-unit yang terpisah seperti NCT DREAM, NCT 127, dan WayV digabung menjadi satu untuk menampilkan lagu berdurasi 5 menit tersebut. Hal itu menarik banyak sekali orang awam sehingga kenaikan penggemar naik secara drastis di tahun 2020 lalu.

Strategi-strategi yang SM Entertainment lakukan sangatlah bervariasi, kreatif, dan di luar pikiran orang banyak. Sejauh ini hanya SM Entertainment yang memiliki boygrup dengan konsep terunik. Dengan sejarahnya yang selalu sukses mendebutkan girlgrup dan boygrup-nya, SM Entertainment dapat menjadi contoh bagi banyak orang, bahwa tak harus menjadi yang terpopuler atau terpandai, namun dengan menjadi berbeda dan inovatif seseorang akan menemukan jalan sukses mereka sendiri.

Referensi :

Adi, G. K. H. (2019). KOREAN WAVE (Studi Tentang Pengaruh Budaya Korea Pada Penggemar K-Pop di Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Budaya).

Antara NCT, NCT DREAM, NCT U, NCT 127, dan WayV, Ini Dia Bedanya! https://www.pramborsfm.com/entertainment/antara-nct-nct-dream-nct-u-nct-127-wayv-ini-dia-bedanya. (Diakses pada tanggal 23 Juni 2022)