Si Manis Klepon Isi Gula Jawa

Image 2021-12-06 at 13.53.33

Klepon merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia. Namun klepon ini tidak hanya ditemukan di Indonesia saja melainkan dapat kita jumpai di Malaysia, dan Singapura. Di Indonesia sendiri klepon biasanya ditemukan di Yogyakarta, Bali, Sulawesi, dan Sumatera. Klepon ini terbuat dari Tepung ketan yang dicampur air dan pewarna makanan berwarna hijau atau bisa juga dicampurkan dengan daun suji kemudian dibentuk bulatan-bulatan kecil lalu diisi menggunakan gula jawa (gula merah) atau bisa juga diisi dengan gula aren kemudian direbus. Setelah matang klepon ditiriskan lalu dibalurkan diatas parutan kelapa sehingga klepon yang hijau akan terselimuti oleh parutan kelapa yang putih. Lalu ditambahkan daun pandan sebagai hiasan diatasnya atau disampingnya sesuai selera masing-masing. Klepon ini dapat bertahan selama 10 jam apabila disimpan diluar rungan sedangkan apabila disimpan didalam kulkas bisa bertahan sampai 1 hari.

Jajanan klepon ini biasanya disajikan diatas daun pisang yang dibentuk menjadi sudi lalu dikaitkan menggunakan lidi atau menggunakan mika kecil kemudian diklip. Satu sudi atau satu mika klepon biasanya berisi 3 sampai 5 buah dengan harga Rp1.000 hingga Rp2.000 saja. Rasa dari klepon ini kenyal dan lembut lalu gurih diluar kemudian ketika digigit maka gula merahnya akan meleleh atau lumer dimulut dan terasa sangat manis sehingga mudah dikonsumsi baik untuk anak-anak maupun orang tua. Klepon biasanya dijual dipasar atau dipedagang kaki lima. Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini klepon sangat praktis untuk dijadikan camilan sehari-hari karena proses pembuatan mudah dan menggunakan bahan-bahan yang sehat dan bahannya bisa ditemukan di lingkungan sekitar seperti warung, swalayan, dan lain-lain.

Klepon menjadi kudapan wajib didalam acara genduri, slametan, hajatan, disajikan untuk ritual daerah, dan sebagai camilan ketika arisan. Biasanya klepon disandingkan dengan jajanan tradisional lainnya seperti kue cucur, apem, cethil, gatot, growol, kue lapis, mata kebo, tiwul, combro, lemet, gethuk, cemplon, dan jajanan tradisional lainnya. Yuhuu jangan lupa beli klepon ya guysss rasanya manis semanis senyumanmu cie cie.