Sering Overthinking? Kamu Mungkin Di Fase Quarter Life Crisis

Fyqq on Twitter
sumber : id.pinterest.com

Assalamualaikum teman-teman!

Rentang usia 20 tahun hingga menjelang 30 tahun tidak jarang dianggap sebagai usia terbaik dalam seseorang. Dalam rentang usia ini seseorang memiliki kesehatan yang baik dan belum memiliki tanggung jawab yang besar. di rentang usia ini seseorang setiap individu mampu mengeksplorasi kemampuan dan peluang yang dimiliki, untuk kehidupan pribadi maupun karir profesionalnya.

Namun faktanya pada fase ini, seseorang justru memiliki kekhawatiran akan kehidupan masa mendatang, merasa bingung dan tidak memiliki arah serta ketakutan akan kegagalan. Apakah kalian yang berusia 20-an tahun juga mengalami hal seperti ini? Jika iya bisa jadi kalian sedang dimasa yang disebut dengan quarter life crisis atau krisis seperempat kehidupan.

Apa Itu Quarter Life Crisis?

Dikutip dari Bradley University, quarter life crisis atau krisis seperempat kehidupan adalah periode ketidakpastian dan menjadi pertanyaan ketika seseorang merasa terjebak, tidak memiliki inspirasi, dan kecewa selama pertengahan 20-an hingga awal 30-an.

Apa Yang Menyebabkan Quarter Life Crisis Ini?

Hal ini kemungkinan dipicu beberapa kondisi dalam kehidupan, diantaranya yaitu melihat dan membandingkan dirinya dengan teman sebaya yang sudah mencapai impian terlebih dahulu, putus hubungan percintaan atau putus hubungan pertemanan dengan seseorang yang sudah terjalin sekian lama, menjalani kehidupan mandiri untuk pertama kali, kemudian memikirkan masa depan dan karir, mengalami masalah dalam pekerjaan atau finansial dan masih banyak faktor lainnya.

Dari sedikit pembahasan diatas, kita sudah tau definisi quarter life crisis itu apa dan apa saja faktor penyebabnya. Lalu pertanyaan selanjutnya apa dampak yang ditimbulkan quarter life crisis terhadap kehidupan seseorang?

Dampak Quarter Life Crisis !

Menurunkan kepercayaan diri seseorang

Ketika kamu mulai membanding pencapaian diri kamu dengan pencapaian orang lain, pasti kalian akan mulai merasa minder dan tidak percaya diri dengan kemampuanmu sendiri. Misalnya si a baru lulus SMA sudah diterima di Universitas Gajah Mada, tetapi kamu harus bekerja untuk membantu keluarga. Tidak apa-apa karena kamu bukan dia, bisa jadi pekerjaanmu sekarang inilah yang diinginkan temanmu yang sedang kuliah tadi. Kalau kata orang jawa “urip iku sawang sinawang”. Yang dilihat orang lain enak belum tentu yang melakukannya merasakan hal sama. Jadi fokus dengan diri sendiri dan terus kembangkan kemampuanmu. Melihat untuk termotivasi boleh saja tetapi jangan sampai terlena dengan pencapaian orang

Mudah stress dan merasa cemas

Seperti yang dijelaskan di poin 1, masing-masing diri kita memiliki porsi masing-masing. Jangan terlalu memikirkan hal yang ada diluar kendali kita. hal ini dapat mengakibatkan seseorang mengalami stress dan mengganggu kesehatanmu sendiri. Jangan mendengarkan apa yang orang lain katakan jika itu tidak membuatmu terus tumbuh. Lakukan apa yang kamu yakini dapat mengembangkan kompetensi diri.

Merasa kesepian

Kesepian tidak selalu berarti sendiri di suatu tempat. Bisa saja ketika kamu berada pada suasana lingkungan yang baru, ketika teman-temanmu mulai sibuk dengan urusan pribadinya, lingkungan sosial mulai menyempit sehingga membuatmu merasa terasingkan dari dunia yang selama ini kamu jalani. Hal ini bisa jadi karena kamu baru mulai beradaptasi dengan hal-hal yang belum kamu ketahui sebelumnya. Semua orang pada usia 20-an ini sedang gencar untuk menemukan jati diri mereka. gunakan waktumu untuk mengenali siapa dirimu itu. Lakukan hal-hal baru yang sebelumnya belum kamu ketahui.

Demotivasi

Demotivasi adalah kondisi dimana kamu mulai tidak yakin dengan kemampuan dirimu sendiri. Kamu mulai berpikiran kalau nanti akhirnya gagal juga jadi tidak perlu usaha dengan maksimal. Kamu terburu-buru kecewa dengan diri kamu Karena kamu lagi-lagi membandingkan prosesmu dengan proses orang lain. Tentukan tujuanmu, yakini prosesmu. Kemampuan gagal itu ada tapi jangan takut untuk terus mencoba.

Setelah tau dampak yang ditimbulkan quarter life crisis, apa kamu masih mau tetap berada di zona itu? Sebaiknya jangan berlama-lama karena dapat menghambat proses dalam mencapai tujuanmu. Ada beberapa cara agar kamu bisa menghadapi quarter life crisis dan tetap fokus pada tujuanmu.

Cara Menghadapi Quarter Life Crisis

Jangan membandingkan diri kamu dengan orang lain

Ini adalah hal utama yang harus kamu lakukan. Fokus dengan tujuan awalmu dan nikmati prosesmu. Jangan takut gagal untuk mencoba hal baru. melihat kesuksesan orang lain sebagai penyemangat kamu mencapai tujuanmu.

Menjauhi orang-orang yang berdampak negatif terhadap dirimu

Kamu harus pintar mencari pergaulan, cari tempat dimana kamu dihargai dan pastikan pergaulan tersebut sehat, artinya membawa dampak positif terhadap dirimu sendiri.

Bersyukur dengan segala pencapain diri sendiri

Syukuri segala hal yang kita capai hari ini, karena dapat membuat kamu merasa lebih beruntung dari orang lain. Dengan bersyukur kamu dapat mencapai ketenangan batin yang mungkin kamu cari selama ini

Melakukan kegiatan yang membuat nyaman

Bisa dengan mendengarkan musik, membaca buku atau bahkan berolahraga. Hal ini dilakukan agar kamu memiliki mood yang bagus sehingga meningkatkan motivasi terhadap dirimu sendiri.

Menjadi bermanfaat bagi orang lain

Pengakuan dari orang-orang disekitar kita akan membuat kita merasa menjadi seseorang yang berarti sehingga pikiranmu bahwa kamu tidak berguna sudah terbantahkan. Pengakuan bisa dalam ucapan terima kasih, rasa syukur, dan ungkapan kasih sayang.

Berdoa dan berserah diri kepada Tuhan

Berusaha semaksimal mungkin dan berserah diri kepada Tuhan dengan apa hasil akhir yang akan kita dapatkan nantinya.

  1. Mencari motivasi

Berkumpul dengan teman-teman yang berdampak positif dan punya semangat sosial yang tinggi. Dengan begitu kamu tidak akan terpuruk ketika mengalami quarter life crisis

Untuk menghadapi quarter life crisis yang terpenting adalah jangan membandingkan dirimu dengan orang lain. Percaya dengan proses dan kemampuan dirimu sendiri. Carilah posisi dimana kamu merasa nyaman dan termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuan dirimu setiap harinya. Jangan lupa bersyukur dan berdoa ya!

Sekian penjelasan tentang quarter life crisis menurut aku, semoga bisa menambah informasimu dan membantu kamu berproses menuju pencapaian yang kamu impikan setiap harinya.

Terima kasih, Wassalamualaikum wr.wb

Daftar Pustaka

Sembiring , Rebecca Meliani(2021). Quarter Life Crisis: Penyebab dan Cara Mengatasinya. Diakses pada 24 November 2021, dari Mengenal Quarter Life Crisis: Penyebab dan Cara Mengatasi

Six Ways to Cope with a Quarter-Life or Mid-Life Crisis. Mind Shift. Diakses pada 24 November 2021, dari Six Ways to Cope Up with Mid-Life Crisis | MindShift

UNDERSTANDING THE QUARTER-LIFE CRISIS. BradleyUniversity. Diakses pada 24 November 2021, dari Understanding The Quarter-life Crisis | Bradley University Online

5 Likes