Sedekah Membuat Hidup Jauh Lebih Berkah

banner-paket-lebaran-dhuafa-islamposaid-
Sumber gambar : ISLAMPOS

Rezeki senantiasa menjadi rahasia dalam kehidupan, sebagaimana diketahui bahwa rezeki, jodoh, ajal dan segala sesuatu itu sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Namun, itu tidak menjadikan alasan manusia untuk pasrah, dan tidak berusaha. Terlepas dari kehendak Allah SWT bahwa rezeki akan diperoleh sesuai dengan usaha setiap individu.

Sebagaimana diketahui bahwa dari setiap rezeki yang kita miliki terdapat hak orang lain didalamnya, oleh karena itu hendaknya kita menyisihkan rezeki yang kita miliki untuk berbagi, berzakat dan bersedekah. Sebagaimana yang dijelaskan dalam firman Allah SWT Qs. Al-baqarah ayat 267 :
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْفِقُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّآ اَخْرَجْنَا لَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ ۗ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيْثَ مِنْهُ تُنْفِقُوْنَ وَلَسْتُمْ بِاٰخِذِيْهِ اِلَّآ اَنْ تُغْمِضُوْا فِيْهِ ۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ
Artinya :
Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah Allah Maha Kaya, Maha Terpuji.

Berbagi atau bersedekah merupakan bentuk sikap kepedulian terhadap sesama. Apabila kita berbagi atau bersedekah dengan niat kepada Allah dan ikhlas dari hati, maka Allah SWT akan menjanjikan gantinya kepada mereka yang bersedekah. Berbagi atau bersedekah itu tidak mengurangi rezeki yang kita miliki, akan tetapi bersedekah itu melapangkan rezeki. Dengan berbagi atau bersedekah harta yang kita miliki menjadi lebih berkah.

Sedekah sendiri merupakan amalan sosial dimana amalan tersebut tidak hanya membawa manfaat bagi diri sendiri akan tetapi juga orang lain. Berbagi atau bersedekah tidak selalu berkaitan dengan materi atau uang akan tetapi, berbagi atau bersedekah itu bisa dengan amalan-amalan yang baik. Seperti menyapa saudara, mengajar TPA, membantu meringankan beban orang lain, menyingkirkan duri di jalan dan masih banyak lagi.

Selama kita mau dan mampu melakukan banyak hal, maka peluang untuk bersedekah masih luas. Sedekah tidak selalu berupa materi, akan tetapi memanfaatkan anggota tubuh kita untuk membantu orang lain dalam hal kebaikan juga merupakan sedekah. Berbagi atau bersedekah tidak hanya bisa mendatangkan segudang pahala saja, akan tetapi keberkahan dalam hidup dan keridhaan Allah SWT bisa didapatkan.

Orang yang bersedekah atau berbagi akan merasakan manfaat dari amalan yang baik ini. Mengenai manfaat sedekah dalam Islam dijelaskan oleh Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 245 :

مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ
Artinya :
Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

Beberapa manfaat berbagi atau sedekah diantaranya :

  1. Melipat gandakan Pahala
    Manfaat sedekah dalam islam memberikan keistimewaan bagi pelakunya, salah satunya yaitu Allah SWT melipat gandakan pahala bagi orang yang ikhlas bersedekah dengan niat karena Allah SWT. Dengan berbuat baik pahala kita akan bertambah.

  2. Menciptakan Kebahagiaan
    Biasanya orang yang bersedekah itu merasa bahagia, karena seorang yang bersedekah akan merasa bahwa dirinya bermanfaat bagi orang lain. Dengan bersedekah biasanya orang bisa lebih merasakan bahagia karena menciptakan kepuasan dan kebanggaan terhadap diri sendiri karena mereka merasa berguna dan bermanfaat bagi orang lain.

  3. Mendatangkan Keberkahan
    Manfaat sedekah dalam Islam dikatakan dapat membersihkan harta sehingga mendatangkan keberkahan. Sebagaimana yang dicatatkan dalam firman Allah SWT, “Ambillah (sebagian) dari harta menjadi sedekah (zakat), supaya dengannya engkau membersihkan harta itu (dari dosa) dan mensucikan mereka (dari akhlak yang buruk)." (QS at-Taubah [9]: 103).

  4. Menjalin Silaturahmi
    Berbagi dan bersedekah itu menguatkan tali silaturahmi dan menguatkan ikatan sosial. Berbagi dan bersedekah bisa membuat kita menambah keluarga, dan teman baru. Dengan berbagi dan bersedekah kita bisa saling mengenal dan menjalin tali silaturahmi dan menguatkan ikatan sosial.

  5. Menjadi Pribadi yang Lebih Bersyukur
    Berbagi atau bersedekah bisa membuat seseorang menjadi lebih bersyukur atas apa yang diberikan kepada Allah SWT. Dengan bersedekah bisa mengingatkan siapapun untuk bersyukur baik yang memberi maupun penerimanya. Berbagi atau bersedekah menghindarkan dari sifat kufur karena bersedekah membuat seseorang menjadi lebih bersyukur atas segala nikmat Allah SWT.

Waah, banyak sekali keistimewaan dan keutamaan dari berbagi atau bersedekah. Yuk teman-teman semangat bersedekah, karena dengan bersedekah bisa membuat hidup kita menjadi lebih berkah.

Daftar Pustaka

Tysara Laudia. (2021). 15 Manfaat Sedekah dalam Islam, Dikabulkan Segala Permintaan. 15 Manfaat Sedekah dalam Islam, Dikabulkan Segala Permintaan - Hot Liputan6.com. Diakses pada 20 Desember pukul 21.00 WIB.