PKM Ekoliterasi Digital Bersama Mitra Sekolah Dasar
Tim PKM Universitas Tidar dalam kegiatannya berjudul “Implementasi Buku Digital Berwawasan Lingkungan untuk Menumbuhkan Ekoliterasi Siswa Sekolah Dasar Negeri se-Kota Magealng” berhasil lolos pendanaan dari Kemendikbudristekdikti.
Kegiatan PKM menjalin kemitraan dengan sekolah SD Negeri se-Kota Magelang diantaranya SD Negeri Magelang 4, SD Negerei Potrobangsan 3 Kota Magelang, dan SD Negeri Cacaban 5 Kota Magelang. Tim PKM terdiri dari 3 orang dosen diantaranya; 1) Dr. Linda Eka Pradita, M.Pd. (Ketua) dari Pendidikan Bahasa Indoesia; 2) Dr. Umi Rachmawati, M.Pd. (Anggota) dari Pendidikan Bahasa Inggris dan 3) Muhammad ‘Ulyan, M.Pd. (Anggota) dari Pendidikan IPA. Program PKM juga melibatkan 2 orang mahasiswa yakni Fathia Arnandita dan Maftukhin Arifin dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Pelaksanaan PKM terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya sosialisasi sekolah mitra, pelatihan, penerapan, pendampingan dan evaluasi. Sebelum melaksanakan serangkaian kegiatan tersebut, perlu untuk melaksanakan pendekatan ke sekolah mitra. Selain untuk mendapatkan izin melaksanakan progam pengabdian, perlu melakukan identifikasi permasalahan proses pembelajaran. Identifikasi permasalahan dilakukan kepada kepala sekolah dan bapak ibu guru mata pelajaran bahasa Indonesia melalui proses tanya jawab. Hal ini untuk mengetahui beberapa kendala yang terjadi di dalam kelas selama proses pembelajaran seperti penggunaan media pembelajaran, sumber belajar dan motivasi belajar siswa. Ketiga hal tersebut menjadi faktor penting untuk mengetahui ketercapaian pembelajaran.
Program PKM yang dilaksanakan oleh tim berkaitan dengan media pembelajaran digital berwawasan lingkungan sebagai upaya meningkatkan ekoliterasi siswa sekolah dasar. Ekoliterasi ditampilkan dalam desain pembelajaran Bahasa Indonesia melalui konten lingkungan yang memiliki relevansi dengan materi pembelajaran. Pemanfaataan konten lingkungan dapat menjadikan siswa mudah dalam memahami materi karena sumber belajar yang digunakan berasal dari lingkungan sekitar. Kehadiran buku digital dalam proses pembelajaran dapat menciptakan daya tarik bagi siswa melalui konten materi yang disampaikan. Siswa mampu membangun pengalaman dan pengetahuan baru melalui media pembelajaran tersebut. Kehadiran e-book menjadikan bahan bacaan bervariasi.
Pelaksanaan kegiatan pengabdian tersebut bekerjasama dengan pihak mitra sekolah dasar di kota Magelang. Hadirnya partisipasi mitra berperan dalam meningkatkan efektivitas dan efisien dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian di sekolah. Adanya partisipasi mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat di sekolah dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi sekolah mitra. Selain itu, memperkuat kerjasama kemitraan melalui kegiatan pengabdian masyarakat di sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dalam hal pengembangan kompetensi.