Sumber: Kumparan.com
Halo Sobat Mijil.id! Perkenalkan nama saya Arifka Maharani, biasa dipanggil Arifka. Saya mahasiswa FKIP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan semester 1 dari Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai strategi dalam membangun Personal Branding yang kuat.
Kalian tau apa itu Personal Branding? Personal Branding merupakan sebuah proses pembentukan persepsi masyarakat atau publik terhadap aspek yang dimiliki seseorang. Aspek tersebut berupa kepribadian, kemampuan, nilai, serta persepsi positif yang ditimbulkan atau ada dalam diri individu. Dengan adanya personal branding membuat orang lain dapat memandang seseorang dengan unik dan berbeda, sehingga menjadi ciri khas yang kita miliki.
Membangun nilai personal branding adalah proses yang dapat disengaja dan juga tidak disengaja. Artinya, kamu bisa sekreatif mungkin dalam membangun citra sesuai keinginanmu dengan membangun reputasi seperti apa yang kamu ingin orang lain lihat dari dirimu sendiri.
Mengapa personal branding begitu penting? Karena dengan adanya personal branding kita dapat meningkatkan kredibilitas dan rasa percaya diri, membantu memperluas koneksi, menunjukkan dan mengembangkan kemampuan, bernilai lebih tinggi, membedakan kita dengan kompetitor, dan meningkatkan daya jual.
Apa sih yang harus dilakukan untuk membangun personal branding kita? Nah, personal branding yang kita miliki harus dibangun supaya manfaat yang kita dapat lebih maksimal. Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk menciptakan personal branding yang kuat, yaitu :
- Mengenali diri sendiri
Langkah awal yang harus kita lakukan dalam membangun personal branding
yaitu dengan mengenali diri kita sendiri. Kita dapat mengenali diri kita dengan mengetahui kemapuan apa yang kita miliki dan bagaimana diri kita bersikap terhadap orang lain. - Tentukan tujuan personal branding
Setelah kita mengenali diri sendiri, selanjutnya kita dapat menentukan tujuan
utama pembentukan personal branding. Contohnya, kita ingin dikenal seperti apa orang lain. Dalam penentuan tujuan strategi ini harus sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. - Tentukan siapa target personal branding
Kita harus menentukan target atau pihak mana yang ingin dijangkau, karena
hal ini berpengaruh pula pada hal-hal yang harus dilakukan untuk memperkuat
personal branding kita. - Membangun dan memperluas jaringan
Membangun dan memperluas jaringan profesional dalam personal branding ini juga penting. Karena dengan hal ini, personal beranding kita akan semakin luas dikenal orang lain.
Setelah membaca uraian tersebut, nampak jelas bahwa membangun personal branding
sangat penting untuk diri kita sendiri. Sehingga dengan adanya sedikit penjelasan dari saya ini, dapat membuat sobat mijil.id dapat lebih meningkatkan personal branding yang kuat dan baik.