Peran Media dan Model Pembelajaran

download

Pembelajaran bahasa Indonesia untuk tingkat SMP memang memiliki tantangan tersendiri. Tidak hanya cara menyampaikan materi, tetapi guru juga harus mampu mengendalikan peserta didik dan juga menggunakan model dan media yang mudah dipahami oleh peserta didik. Apalagi untuk kelas VII, tentu model dan media masih sangat dibutuhkan, mengingat masa transisi dari SD ke SMP. Adaptasi lingkungan, teman, guru dan cara dan gaya belajar di tingkat di atasnya tentu membutuhkan adaptasi dan interaksi yang berbeda. Pembelajaran merupakan proses interaksi antara individu dan lingkungan sekitarnya, yang artinya proses psikologi tidak terlalu banyak tersentuh di sini (Huda, 2014:6).

Model pembelajaran juga sangat diperlukan untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan juga memberi ruang penalaran bagi peserta didik. Salah satu model yang dapat digunakan adalah Picture and Picture. Menurut Suprijono (dalam Huda, 2014: 236), model Picture and Picture merupakan strategi pebelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Penggunaan gambar bisa memudahkan peserta didik dalam membayangkan objek dan kondisi serta pengamatan terhadap suatu objek. Model pembelajaran ini bisa digunakan dalam pengajaran teks deskripsi untuk kelas VII. Kelebihannya adalah siswa bisa mengamati objek dan subjek berdasarkan gambar yang disajikan. Manfaat lain adalah menurut (Hamdani, 2011:89) yaitu guru lebih mengetahui kemampuan tiap-tiap siswa dalam berlatih berpikir logis dan sistematis.

Salah satu materi keterampilan berbahasa yang diajarkan adalah keterampilan menulis. Keterampilan ini membutuhkan kemampuan yang tidak sederhana. Hal itu karaena menulis butuh inspirasi dan ide. Menurut Tarigan (2008: 22) berpendapat tentang menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang-orang lain dapat menulis lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu. Teks Deskprisi menurut Kokasih (2014:14-16) adalah jenis teks yang menggambarkan suatu hal, baik benda, peristiwa, keadaan ataupun manusia. Penelitian tindakan kelas yang pernah dilakukan berdasarkan kondisi kemampuan dan hasil belajar di SMP N 2 Kedu masih mengalami kendala dalam penggunaan media dan model pembelajaran. Untuk itu, picture and picture dipilih karena memudahkan dan mampu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Dari hasil penerapan, didapatkan adanya peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan teks yang dibuat oleh siswa.

Analisis tersebut menjadi gambaran bahwa peran media dan model serta metode pengajaran sangatlah penting. Hal itu dikarenakan kemampuan siswa yang beragam dibutuhkan analisis proses dan perencanaan yang matang agar tujuan pembelajaran bisa tercapai.

DAFTAR PUSTAKA

Guntur Tarigan, Henry.2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia

Kokasih. 2014. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya Hamid.