Pentingnya Teks Proposal Penelitian Sebelum Melakukan Penelitian

image

‘Penelitian’, sebuah kata yang tentunya sakral bagi kita yang saat ini menjadi mahasiswa. Mengapa? Sebab suka tak suka, mau tak mau, kita mesti melakoninya.

Namun satu hal yang perlu diingat, sebelum kita melakukan penelitian, seyogyanya kita susun dulu yang namanya teks proposal penelitian. Mengapa demikian?
Justru pertanyaan itulah yang ingin kita tanyakan pada kalian kawans mijil!

Yap! Menyambung yang tadi, menurut kalian, pentingnya apa sih suatu teks proposal penelitian harus kita susun sebelum melakukan penelitian?

Penyusunan proposal penelitian merupakan langkah awal yang harus dilakukan peneliti sebelum memulai penelitian. Proposal penelitian dapat membantu memberi arah pada peneliti agar mampu menekan kesalahan yang mungkin terjadi selama proses penelitian. Proposal penelitian sangat penting bagi setiap peneliti dalam usaha mempercepat, meningkatkan, serta menjaga kualitas dari hasil penelitian. Proposal penelitian harus dibuat sistematis dan logis sehingga dapat dijadikan pedoman yang mudah diikuti.

Proposal penelitian harus disusun sebelum melakukan penelitian dengan alasan penelitian yang akan dilakukan mendapat perhatian awal dan menggambarkan kesungguhan peneliti terhadap penelitian yang akan dilakukan.Pihak-pihak luar pun juga akan memberikan pandangan awal sehingga apabila peneliti membutuhkan dana, maka sangat mudah bagi mereka untuk mendapatkan dana.

Sejalan dengan pendapat saya, menilik pada artikel Kiat dan Tips Sukses Menulis Proposal Penelitian /Riset Pendidikan Kompetitif yang disusun oleh Dr. Fetiyed, M.S. dari Universitas Negeri Padang bahwa penelitian sangat penting artinya dalam menentukan keberhasilan suatu penelitian, karena dalam proposal ini berbagai aspek penting penelitian seperti masalah, tujuan maupun metode penelitian dimuat. Aspek- aspek itu memberikan arah serta kejelasan mengenai perlu tidaknya suatu penelitian.

Selain itu, pembuatan proposal penelitian harus disesuaikan dengan berbagai persyaratan yang digariskan oleh institusi maupun pemberi dana mengenai komponen-komponen yang harus termuat dalam proposal penelitian karena urgensi dan tujuan dari proposal salah satunya adalah mendapat dukungan baik dana maupun sponsor

Sumber:

Fetiyed. 2015. Kiat dan Tips Sukses Menulis Proposal Penelitian /Riset Pendidikan Kompetitif. (Hal. 02). Padang

karena proposal yang sifatnya sebagai usulan rancangan kegiatan akan memudahkan dalam permohonan izin pelaksanaan atau pun bantuan dana apabila kegiatan atau penelitian tersebut membutuhkan biaya.

Proposal sendiri diartikan sebagai rencana kerja yang ditulis dengan sistematis, formal dan terperinci mengenai program kerja serta teknis pelaksanaan suatu kegiatan atau penelitian.

Adapun yang menjadi unsur-unsur utama sebuah proposal adalah:

  • Nama kegiatan.

  • Dasar pemikiran.

  • Bentuk kegiatan.

  • Tujuan pelaksanaan kegiatan.

  • Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan.

  • Pelaksanaan dan partisipan.

  • Rencana anggaran.

Sejalan dengan berjalannya penelitian suatu penelitian harus memiliki rencana yang tetap dan juga tersusun dengan rapi agar kegiatan penelitian akan berjalan lancar dari awal hingga akhir, serta teks proposal penelitian memiliki manfaat sebagai berikut
Manfaat Proposal
Menjelaskan secara tidak langsung kepada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan tersebut. Untuk meyakinkan para donatur/sponsor agar mereka memberikan dukungan material maupun finansial dalam mewujudkan kegiatan yang telah direncanakan.

Penyusunan proposal penelitian penting untuk dilakukan sebelum melakukan penelitian karena di dalam proposal penelitian termuat berbagai aspek penting penelitian seperti masalah, tujuan, dan metode penelitian yang akan membantu jalannya suatu penelitian yang telah direncanakan.
Selain itu, fungsi penting dari adanya proposal penelitian yaitu bisa memberikan gambaran terhadap penelitian yang akan dilakukan. Hal itu nantinya akan memberi kemudahan dalam pemberian izin kegiatan penelitian oleh pihak tertentu dan membantu mempermudah pemberian bantuan dana jika dalam pelaksanaan penelitian membutuhkan bantuan dana.

Referensi :
Prof. Dr. Festiyed. (2015). Kiat dan Tips Sukses Menulis Proposal Penelitian/Riset Pendidikan Kompetitif. Jurnal Kiat Proposal STKIP PGRI, hal. 1-2.

Penyusunan proposal atau usulan penelitian merupakan langkah awal yang harus dilakukan peneliti sebelum memulai kegiatan penelitian. Proposal penelitian dapat membantu memberi arah pada peneliti agar mampu menekan kesalahan yang mungkin terjadi selama proses penelitian berlangsung. Jika proposal penelitian sudah disusun secara sistematis, lengkap dan tepat, akan mempercepat pelaksanaan, proses serta penyusunan laporan penelitian.

Proposal atau sering disebut juga sebagai usulan penelitian adalah suatu pernyataan tertulis mengenai rencana atau rancangan kegiatan penelitian secara keseluruhan. Proposal penelitian berkaitan dengan pernyataan atas urgensi dari suatu penelitian. Membuat proposal penelitian bisa jadi merupakan langkah yang paling sulit namun menyenangkan di dalam tahapan proses penelitian. Pada tahap ini, seluruh kegiatan penelitian disintesiskan ke dalam suatu desain yang spesifik.

Suaidinmath. 2014. Penyusunan Proposal Kegiatan. https://suaidinmath.wordpress.com/2014/10/05/penyusunan-proposal-penelitian/ . Diakses pada 25 November 2021

Penyusunan proposal untuk menguraikan atau menjelaskan maksud atau tujuan diadakannya penelitian secara spesifik dan jelas. Bagian yang dijelaskan di dalam tujuan pada proposal ini biasanya mencakup tujuan utama maupun tujuan tambahan.Informasi yang disampaikan dalam proposal ini kemudian disampaikan di dalam tujuan penelitian berupa jawaban terhadap berbagai masalah penelitian yang dihadapi atau diminati oleh peneliti.Karena meminta persetujuan dari pihak lain untuk mengadakan sebuah penelitian, maka proposal ini bermaksud memberikan pengertian tentang pentingnya penelitian dan kebutuhan apa saja yang harus ada dan dipenuhi saat menjalankan penelitian

Abdul Yusuf. 2021. Proposal Penelitian. https://www.google.com/amp/s/penerbitbukudeepublish.com/proposal-penelitian/amp/. Diakses pada 25 November 2021.

Teks Proposal Penelitian sangat penting adanya karena dapat mendatangkan banyak fungsi yang secara umum meliputi :

  1. Proposal penelitian membantu memikirkan proyek penelitian yang akan kita lakukan dan memperkirakan kesulitan yang mungkin timbul.
  2. Proposal penelitian dapat menjadi ruang untuk mengeksplorasi pilihan, mungkin dengan satu proposal untuk setiap topik potensial.
  3. Proposal penelitian dapat menjadi tempat awal yang efektif untuk membahas proyek dengan pembimbing kita, misalnya pembimbing skripsi, tesis, disertasi, dan lain-lain.
  4. Setelah kita memulai proyek penelitian kita, proposal penelitian dapat membantu kita untuk tetap berada di jalur yang benar, dan juga dapat mengingatkan kita mengapa kita memulai proyek ini sejak awal.

Referensi :
Hayati, Rina. (2020). Fungsi Pembuatan Proposal Penelitian dan Manfaatnya. Diakses dari : https://penelitianilmiah.com/fungsi-proposal-penelitian/

Proposal yang dibuat sebelum dilaksanakannya suatu kegiatan penelitian adalah karena proposal yang sifatnya mencakup awal rencana ringkasan acara sebagai usulan rancangan kegiatan akan memudahkan dalam permohonan izin pelaksanaan atau pun bantuan dana apabila kegiatan atau penelitian tersebut membutuhkan biaya.

Proposal penelitian penting untuk disusun sebelum melakukan penelitian, karena :

  1. Meyakinkan orang lain bahwa penelitian yang diusulkan penting untuk dilakukan
  2. Memperlihatkan kompetensi peneliti dalam melaksanakan penelitian yang akan dilakukannya
  3. Menjadi dokumen “kontrak” informal peneliti dengan penyandang dananya, sebagai kesepakatan tentang ruang lingkup kegiatan penelitian yang akan dilakukan
  4. Menjamin semua aspek penelitian telah dipertimbangkan secara matan
  5. Menjadi kerangka acuan bagi peneliti dalam melaksanakan proyek penelitiannya, sehingga penelitiannya dapat dikendalikan agar berjalan sesuai dengan rencana yang ditetapkan

sumber :
https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/view/495/374
Mulianah, S. Rahman, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Membuat Proposal Penelitian Melalui Model Pembelajaran Langsung. Hal 102

Sebagaimana yang dikemukakan oleh Prof. Dr. Festiyed, MS, proposal penelitian penting kehadirannya sebagai penentu keberhasilan suatu penelitian. Hal tersebut dikarenakan pada proposal ini memuat berbagai aspek penting penelitian seperti masalah, tujuan, maupun metode penelitian yang mengarahkan serta menjelaskan perlu tidaknya suatu penelitian. Dengan adanya proposal penelitian, kegiatan penelitian yang akan dilakukan tersebut menjadi gamblang dan mudah dipahami karena ada perencanaan dan panduan/rambu-rabu secara lengkap yang termasuk dalam proposal tersebut.

Referensi:
Festiyed, F. (2015, August). Kiat dan Sukses Menulis Proposal Penelitian Riset Pendidikan Kompetitif. In Workshop (pp. 1-12).

Proposal penelitian sangat penting artinya dalam
menentukan keberhasilan suatu penelitian, karena dalam proposal inilah termuat
berbagai aspek penting penelitian seperti masalah, tujuan maupun metode penelitian
yang memberikan arah serta kejelasan mengenai perlu tidaknya suatu penelitian.
Dalam pembuatan proposal penelitian harus disesuaikan dengan berbagai
persyaratan yang digariskan oleh institusi maupun pemberi dana mengenai
komponen-komponen yang harus termuat dalam proposal penelitian. Masing-masing
lembaga atau pemberi dana memiliki persyaratan sendiri-sendiri, sehingga setiap
peneliti diharuskan untuk dapat menyesuaikannya.

M.S Festiyed. (2015). Kiat dan Tips Sukses Menulis Proposal
Penelitian/Riset Pendidikan Kompetitif.

Proposal dalam sebuah penelitian merupakan unsur yang sangat penting dalam menentukan arah dan metode yang digunakan baik dalam pencarian data maupun analisis data. Revisi dan perbaikan demi ketajaman proposal untuk menentukan arah penelitian membuat peneliti setidaknya membutuhkan diskusi baik secara informal maupun formal untuk membahas isi proposal tersebut. Dalam kegiatan instansi, kegiatan diskusi dan membahas proposal kegiatan penelitian yang memang dianggarkan instansi menjadi penting artinya mengingat hasil penelitian nantinya akan dipublikasikan pada masyarakat.

Sumber

Setiawan, I. (2019, Maret 1). Pentingnya Proposal dalam sebuah Penelitian Ilmiah. Diambil dari: kebudayaan.kemdikbud.go.id: http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbjabar/pentingnya-proposal-dalam-sebuah-penelitian-ilmiah/

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan penelitian adalah
menyusun proposal penelitian. Proposal penelitian sangat penting artinya dalam
menentukan keberhasilan suatu penelitian, karena dalam proposal inilah termuat
berbagai aspek penting penelitian seperti masalah, tujuan maupun metode penelitian
yang memberikan arah serta kejelasan mengenai perlu tidaknya suatu penelitian.
Dalam pembuatan proposal penelitian harus disesuaikan dengan berbagai
persyaratan yang digariskan oleh institusi maupun pemberi dana mengenai
komponen-komponen yang harus termuat dalam proposal penelitian. Masing-masing
lembaga atau pemberi dana memiliki persyaratan sendiri-sendiri, sehingga setiap
peneliti diharuskan untuk dapat menyesuaikannya.

Sumber :
Festiyed, Festiyed (2015) Kiat dan Sukses Menulis Proposal Penelitian Riset Pendidikan Kompetitif. In: Workshop Penelitian, STKIP PGRI Sumatera Barat, 18-20 Agustus 2015, Sumatera Barat.
http://repository.unp.ac.id/id/eprint/15307

Proposal penelitian sangat penting artinya dalam menentukan keberhasilan suatu penelitian, karena dalam proposal inilah termuat berbagai aspek penting penelitian seperti masalah, tujuan maupun metode penelitian yang memberikan arah serta kejelasan mengenai perlu tidaknya suatu penelitian. Dalam pembuatan proposal penelitian harus disesuaikan dengan berbagai persyaratan yang digariskan oleh institusi maupun pemberi dana mengenai komponen-komponen yang harus termuat dalam proposal penelitian. Masing-masing lembaga atau pemberi dana memiliki persyaratan sendiri-sendiri, sehingga setiap peneliti diharuskan untuk dapat menyesuaikannya.

References :
Prof. Dr. Festiyed, MS. 2015. Kiat dan Tips Sukses Menulis Proposal Penelitian/Riset Pendidikan Kompetitif. Diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://repository.unp.ac.id/15307/1/KIAT%2520PROPOSAL%2520STKIP%2520PGRI.pdf&ved=2ahUKEwjvy-i6qrL0AhX5TmwGHdtIAtUQFnoECC8QBg&usg=AOvVaw22XIZ5n6ShIplUSjaSQ1P1

Proposal dalam sebuah penelitian merupakan unsur yang sangat penting dalam menentukan arah dan metode yang digunakan baik dalam pencarian data maupun analisis data. Revisi dan perbaikan demi ketajaman proposal untuk menentukan arah penelitian membuat peneliti setidaknya membutuhkan diskusi baik secara informal maupun formal untuk membahas isi proposal tersebut. Dalam kegiatan instansi, kegiatan diskusi dan membahas proposal kegiatan penelitian yang memang dianggarkan instansi menjadi penting artinya mengingat hasil penelitian nantinya akan dipublikasikan pada masyarakat.

Selain itu, proposal penelitian diperlukan karena proposal bersifat sebagai usulan rancangan kegiatan dan akan memudahkan dalam permohonan izin pelaksanaan ataupun bantuan dana apabila kegiatan atau penelitian tersebut membutuhkan biaya.

Kebudayaan.kemdikbud.go.id. (2019, 1 Maret). Pentingnya Proposal Dalam Sebuah Penelitian Ilmiah. Diakses pada 25 November 2021, dari
http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbjabar/pentingnya-proposal-dalam-sebuah-penelitian-ilmiah/

Izin menjawab, dengan dibuatnya proposal penelitian akan memberikan beberapa manfaat bagi peneliti. Keuntungan dibuatnya proposal penelitian menurut Gay and Diehl (1996) yaitu:

  1. Persamaan Persepsi Masalah Penelitian
    Dengan adanya persamaan persepsi terutama masalah penelitian itu berarti bahwa kemungkinan proposal ditolak sudah dapat dieleminir
  2. Aspek Orientasi Penelitian
    Dari proposal yang disusun, pembimbing, promotor atau sponsor akan mengetahui dimana kekurangan proposal yang disusun oleh peneliti sehingga pihak pembimbing, promotor dan sponsor dapat memberikan masukan atau perbaikan proposal. Kegagalan penelitian, sering sekali disebabkan karena penyusunan proposal penelitian tidak dilakukan dengan cermat.
  3. Pedoman Pelaksanaan Penelitian
    Suatu proposal penelitian yang telah disetujui, baik itu oleh pembimbing atau promotor dan atau oleh sponsor akan menjadi pedoman dalam melaksanakan kegiatan penelitian.
  4. Kejelasan Kegiatan Penelitian
    Proposal yang telah disusun dengan baik dan telah men- dapat masukan-masukan baik itu dari pembimbing atau promotor maupun dari sponsor akan mempermudah kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan oleh peneliti
  5. Kemudahan Evaluasi
    Dengan adanya proposal yang telah disetujui dan disem- purnakan akan mempermudah bagi peneliti untuk meng- evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian.
  6. Perlindungan /Proteksi Penelitian
    Dengan adanya proposal, peneliti mempunyai bukti dan melindungi dari plagiat oleh orang lain bila proposal yang diusulkan diambil alih oleh orang lain.

Amir, A., Junaidi, & Yulmardi. (2009). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Penerapannya. Jambi: IPB Press. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/3791/1/metodologi_penelitian.pdf

Proposal penelitian sangat penting keberadaannya dalam
menentukan keberhasilan suatu penelitian, karena dalam proposal inilah termuat
berbagai aspek penting penelitian seperti masalah, tujuan maupun metode penelitian
yang memberikan arah serta kejelasan mengenai perlu tidaknya suatu penelitian.
Dalam pembuatan proposal penelitian harus disesuaikan dengan berbagai
persyaratan yang digariskan oleh institusi maupun pemberi dana mengenai
komponen-komponen yang harus termuat dalam proposal penelitian. Masing-masing
lembaga atau pemberi dana memiliki persyaratan sendiri-sendiri, sehingga setiap
peneliti diharuskan untuk dapat menyesuaikannya.

http://repository.unp.ac.id/15307/1/KIAT%20PROPOSAL%20STKIP%20PGRI.pdf

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan penelitian adalah menyusun proposal penelitian.Proposal penelitian sangat penting artinya dalam menentukan keberhasilan suatu penelitian karena dalam proposal inilah termuat berbagai aspek penting penelitian seperti masalah,tujuan maupun metode penelitian memberikan arah serta kejelasan mengenai perlu tidaknya suatu penelitian.

http://repository.unp.ac.id/15307/1/KIAT%20PROPOSAL%20STKIP%20PGRI.pdf