Penggunaan Tata Bahasa yang Baik dan Benar pada Perguruan Tinggi

Penggunaan tata bahasa tentunya harus diperhatikan terutama pada kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan tata bahasa merupakan suatu hal yang penting karena di dalamnya mempelajari kaidah tentang penggunaan bahasa. Tidak hanya pada kehidupan sehari-hari saja, penggunaan tata bahasa yang baik sesuai kaidah juga harus diperhatikan pada setiap perguruan tinggi. Perguruan tinggi tentunya memiliki aspek penting yang digunakan untuk mempertahankan agar perguruan tinggi tersebut tetap berjaya dan tetap terpandang. Oleh karena itu, pada perguruan tinggi setidaknya dapat menerapkan penggunaan tata bahasa yang baik dan benar terutama pada mahasiswa dan juga warga kampus.

bahasa dan pembelajaran bahasa
Sumber gambar: linguistikid.com

Menurut Harmer (2008: 32) mempelajari tata bahasa berarti memahami bagaimana sebuah kata terbentuk dan bagaimana sebuah kata akan mengubah artinya sesuai dengan bentuk yang dipakai. Pengertian yang disampaikan oleh Harmer dapat kita ketahui bahwa tata bahasa ialah bagaimana kita memahami sebuah kata karena dengan pembelajaran tata bahasa kita dapat berbicara secara sistematis dan dapat dengan mudah di mengerti oleh orang lain. Pembelajaran tata bahasa pada perguruan tinggi dapat dilakukan dengan salah satunya pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia. Dengan begitu, mahasiswa dapat mempelajari dan menerapkan kepada kehidupan sehari-hari bagaimana penggunaan tata bahasa sesuai dengan kaidah.

Bahan ajar tata bahasa tentunya harus berisi deskripsi yang dikuasai oleh setiap mahasiswa sesuai dengan kemampuan berbahasanya. Jika dikaitkan dengan linguistik, pengajaran tata bahasa ini di golongkan kepada sistem bahasa sehingga sesuai dengan pendapat Larsen-Freeman (2003:78) yang menyatakan bahwa tata bahasa terbentuk dari susunan suatu bahasa.

Selain dengan pembelajaran bahasa Indonesia, penerapan penggunaan tata bahasa yang baik dan benar pada mahasiswa dapat dilakukan dengan cara yang sesuai dengan yang di paparkan oleh Ellis (1994), yaitu fokus kepada pembentukan contoh kata yang benar dan praktik bahasa diluar konteks. Dengan begitu penggunaan tata bahasa yang sesuai dengan kaidah dapat terlaksana dengan baik dan juga mahasiswa dapat memperoleh pengajaran yang lebih mendalam mengenai tata bahasa. Peran mahasiswa dan juga warga kampus dalam implementasi penggunaan tata bahasa yang baik sangat berpengaruh terhadap perguruan tinggi. Karena dengan hal tersebut setiap perguruan tinggi akan mendapatkan apresiasi yang lebih apabila mahasiswanya menggunakan tata bahasa yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Dapat disimpulkan bahwa penggunaan tata bahasa sebagai implementasi penggunaan bahasa yang baik dan benar kepada perguruan tinggi dapat terwujud melalui cara-cara yang sudah di sediakan dan juga melalui penanaman kebiasaan yang dilakukan dalam kegiatan pemerolehan bahasa. Melalui hal tersebut, pengajaran mengenai tata bahasa perlu dilakukan agar dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang memiliki tata bahasa yang baik sesuai dengan kaidah sehingga nantinya juga dapat berperilaku dengan tutur kata yang sopan dan santun.

Referensi
Utami, S. R. (2017). Pembelajaran Aspek Tata Bahasa dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 189-203.

Heriyawati, D. F., & Rusdiyanti, I. T. (2011). Meningkatkan penguasaan tata bahasa pada mahasiswa jurusan bahasa Inggris semester dua Universitas Kanjuruhan Malang dengan menggunakan permainan. Jurnal Syntagma, 4(2).

Pulungan, D. Z. (2020). PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMBERIAN TUGAS DARI FOKUS TATA BAHASA KE INSTRUKSI BERFOKUS. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 1(1), 305-310.

1 Like