Penerapan kebijakan pendidikan yang akan di jalani sebagai acuan untuk menuju Indonesia emas 2045

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia adalah dengan meningkatkan pendidikan suatu negara tersebut. Indonesia sendiri memiliki cita cita menuju visi Indonesia emas di tahun 2045 yang akan mendatang melalui peningkatan kualitas pada pendidikan di dalam negeri. Keinginan dan cita-cita tersebut tak lepas dari peran generasi muda yang ada pada bangsa itu sendiri. Mengingat diperkirakan bahwa pemuda atau generasi muda yang ada pada masa kini adalah pemegang tonggak kepemimpinan di masa yang akan datang. Generasi muda inilah yang akan menjadi penentu bagaimana Indonesia dimasa depan nanti nya. Untuk mencapai Indonesia emas di tahun 2045, dibutuhkan bekal bagi konsep dan strategi yang harus di jalan kan. Salah satunya dengan memberikan pendidikan yang berkualitas. Rakyat Indonesia, terutama para pemuda nya, perlu dibekali dengan ilmu yang akan mereka terapkan di masa yang akan datang. Hal itu sangat dipengaruhi oleh peran pemerintah yang menjadi pemegang kunci kelanjutan pendidikan yang ada di Indonesia. Hal ini ditandai dengan di berlakukannya undang-undang pendidikan, misalnya penerapan kurikulum 2013 yang berlandaskan pendidikan karakter, budi pekerti, warisan budaya, keaktifan dan kearifan lokal. Penerapan kebijakan pendidikan ini akan berdampak baik sekali bagi generasi muda, sehingga dapat membentuk generasi muda yang berkarakter baik, aktif, kreatif, berwawasan tinggi, serta tanggap terhadap lingkungan di sekitar mereka.

Dalam menuju arah kebijakan pendidikan indonesia menuju Indonesia emas 2024 tentu nya bukan hal yang mudah udah di laksanakan, banyak hal yang harus kita siapkan bersama. Wilayah indonesia yang sangat luas, menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua , khusus nya dalam pemerataan kebijakan pendidikan di indonesia. Adapun cara agar kita bisa mencapai tujuan tersebut yakni dengan melakukan beberapa usaha dalam merealisasikan rencana tersebut, beberapa hal yang dapat mewujudkan indonesia emas 2024, antar lain :

  1. Pendidikan yang berkualitas dan merata: Pendidikan yang berkualitas dan merata dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sehingga mampu berdaya saing di tingkat global.
  2. Pembangunan infrastruktur yang modern dan efisien: Infrastruktur yang modern dan efisien dapat membantu dan memudahkan misalnya seperti akses menuju ke sekolah yang tidak perlu menempuh waktu yang lama.
  3. Investasi dalam riset dan teknologi: Investasi dalam riset dan teknologi dapat membantu menciptakan inovasi baru dan tentunya berperan penting dalam proses pendidikan dan pelajaran, misalnya dengan memberikan akses internet agar para generasi muda dapat belajar dimana saja dan kapan saja pada waktu luang mereka.
  4. Pemerintahan yang bersih dan efektif: Pemerintahan yang bersih dan efektif akan memberikan dukungan bagi pembangunan pendidikan di indonesia, misalnya dengan membasmi para koruptor yang bisa menggelapkan dana dari pemerintah yang seharusnya di alokasikan untuk pembangunan akses pendidikan.
  5. Kepemimpinan yang visioner: Kepemimpinan yang visioner mampu membawa perubahan positif dan memberikan arah yang jelas bagi Indonesia menuju kemajuan yang lebih baik.
  6. Pemberdayaan masyarakat: Pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program dan kebijakan pemerintah dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan rakyat Indonesia secara merata.
    Dan itu lah beberapa usaha yang dapat di lakukan agar dapat mewujudkan tercipta arah kebijakan pendidikan indonesia menuju indonesia emas 2024. Tentunya tidak semudah yang kita kira dalam merealisasikan tujuan tersebut namun dengan bersama sama kita membangun kekuatan supaya kita dapat mewujudkan kebijakan pendidikan Indonesia menuju indonesia emas 2024.

FAKTOR PENGHAMBAT ARAH KEBIJAKAN PENDIDIKAN MENUJU INDONESIA EMAS 2045

Indonesia Emas adalah sebuah wacana untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan berdaulat di berbagai bidang. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat yang dapat menghambat tercapainya visi tersebut. Beberapa faktor penghambat tersebut antara lain:

1.Kurangnya kualitas sumber daya manusia (SDM): Indonesia masih mengalami masalah dalam hal kualitas pendidikan dan keterampilan sumber daya manusia. Hal ini berdampak pada kurangnya ketersediaan tenaga kerja yang berkualitas di berbagai sektor, termasuk di sektor industri.
2.Ketergantungan pada sumber daya alam: Indonesia sangat bergantung pada sumber daya alam, terutama minyak dan gas bumi. Ketergantungan ini menjadi masalah ketika harga minyak dan gas bumi turun, sehingga perekonomian Indonesia menjadi terganggu.
3.Infrastruktur yang kurang baik: Masalah infrastruktur seperti transportasi, listrik, dan air masih menjadi masalah di Indonesia. Hal ini berdampak pada produktivitas dan daya saing Indonesia di tingkat global.
4.Korupsi dan birokrasi yang buruk: Korupsi dan birokrasi yang buruk di Indonesia dapat menghambat investasi dan menghambat pertumbuhan ekonomi. Korupsi juga dapat merusak tata kelola pemerintah dan lembaga negara, serta menghambat reformasi struktural yang dibutuhkan untuk mencapai Indonesia Emas.
5.Persaingan global yang semakin ketat: Persaingan di tingkat global semakin ketat, sehingga Indonesia harus berkompetisi dengan negara-negara lain untuk mendapatkan investasi dan pasar. Hal ini memerlukan kerja keras dan strategi yang tepat agar Indonesia dapat bersaing di tingkat global.