Peluang Bisnis Online Bagi Generasi Muda
Dengan kemajuan zaman yang terus dibarengi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan canggih ini, hampir setiap kegiatan manusia yang dilakukan ingin secara terus menerus serba cepat, otomatis, praktis dan efisien serta ekonomis, dengan alasan menghargai waktu. Pada era teknologi yang berbasis digital biasa disebut dengan era digitalisasi, hal ini mempengaruhi semua bagian dari kehidupan manusia, baik yang berkaitan dengan sosial, keuangan, sosial dan budaya manusia. Dampak era digital telah memberikan perubahan pula pada dinamika kehidupan, diantaranya adalah dinamika kehidupan dunia usaha (bisnis). Ini tak terbantahkan karena saat ini membuat akses ke bisnis terbuka lebih mudah dan lebih cepat. Tanpa modal besar dan tanpa tempat, seseorang dapat mempertahankan bisnis dengan menggunakan inovasi digital baik melalui Facebook, Instagram, situs, dan hiburan virtual lainnya. Pusat komersial akan dibentuk lebih efektif dengan menggunakan kemajuan teknologi ini.
Mengutip pernyataan dari Wiwik Maryati dan Ida Masriani (2019) bahwa, jika sebelumnya untuk meraih minat pembeli pasar, para pelaku bisnis harus jemput bola menggunakan berbagai strategi pemasaran yang efektif, kali ini hanya berbekal dengan alat digital saja mudah meraih pasar. Fenomena ini disikapi dengan maraknya orang berbisnis online, tidak terkecuali di kalangan generasi muda termasuk mahasiswa. Jika di rumah saja dengan berbisnis online mereka dapat menghasilkan income, maka ini akan menjadikan mereka tidak akan berpikir untuk berburu menjadi PNS maupun urban ke kota atau bahkan ke luar negeri untuk menghasilkan penghasilan.
Jika seseorang sudah terlanjur percaya bahwa bisnis membutuhkan modal yang sangat besar sehingga mereka ragu untuk menjalankan usaha bisnis, sekarang tidak lagi. Inovasi tanpa bantuan orang lain telah mengubah perilaku, di mana seseorang akan tergerak untuk memanfaatkan inovasi agar menjadi orang yang tidak dianggap ketinggalan zaman. Demikian pula yang terjadi pada diri generasi muda., termasuk mahasiswa. Hampir dipastikan semua anak atau generasi muda bisa menggunakan teknologi. Mereka yang jeli dan memang tumbuh jiwa entrepreneurshipnya akan menangkap peluang tersebut untuk berwirausaha dan menjadikannya sebagai mata pencaharian. Apalagi sebagai mahasiswa yang memiliki kebutuhan terbilang tidak sedikit, adapula dengan keadaan mahasiswa yang sedang merantau untuk menuntut ilmu di universitas yang jauh dari rumahanya, mereka sangat tergantung dengan uang saku dari orang tua. Selain kebutuhan sehari-hari, untuk kebutuhan kuliah mereka hanya berharap pemberian orang tua, tidak dapat mengelola keuangan sendiri sehingga tidak dapat menabung. Dengan memanfaatkan media sosial ini mereka dapat menjalankan bisnis dan mempunyai penghasilan sehingga dapat mencukupi kebutuhan mereka sendiri. Maraknya generasi muda yang menjalankan bisnis online ini adalah hal yang positif untuk terealisasinya gerakan entrepreneurship (kewirausahaan) yang akhir-akhir ini memang menjadi program kebijakan dan strategi pemerintah.
Selama ini bisnis dipandang sebagai penggerak utama perekonomian suatu negara. Kewirausahaan mempunyai peran penting dalam perkembangan perekonomian. Dalam hal ini kewirausahaan efektif dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sumbangsihnya terhadap pertumbuhan ekonomi maupun pemerataan pertumbuhan ekonomi (Joewono, 2011). Pembangunan ekonomi yang diperluas juga akan berdampak pada berkurangnya pengangguran dan kemelaratan. Karena pengaruh bisnis yang luas terhadap kemajuan negara, era digitalisasi ini harus diatasi dengan menjadikannya sebagai teknik untuk memperkuat ekonomi.
Tidak dapat dipungkiri generasi muda termasuk mahasiswa merupakan generasi masa depan bagi bangsa. Generasi yang diharapkan sebagai agent of change sebuah negara untuk berubah menjadi negara yang kompetitif. Jelas bahwa untuk menghadapi era perubahan saat ini dituntut peran sebagai sumber daya manusia yang mampu menghadapi dinamika persaingan. Generasi muda sudah sepatutnya ikut berperan menangkap peluang bisnis dari era perubahan tersebut. Sebagai generasi yang produktif tentu saja mudah bagi generasi muda dalam mengakses era teknologi dan itu merupakan kesempatan emas untuk menjadi wirausaha. Generasi muda yang berwirausaha dengan mengandalkan kapasitas untuk mendominasi inovasi dapat dikatakan sebagai wirausahawan. Sebagaimana dikatakan oleh Kasmir (2007:18) bahwa wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang merubah nilai sumber daya, tenaga kerja, bahan dan faktor produksi lainnya menjadi lebih besar dari pada sebelumnya dan juga orang yang melakukan perubahan, inovasi dan cara-cara baru. Para wirausahawan inilah yang dibutuhkan oleh negara saat ini karena kontribusi komitmennya bagi pertumbuhan perekonomian negara
Menurut Nasywa Narisha Zanhaq dalam situsnya https://www.kompasiana.com/nasywanarishazanhaq/629ff2e92154ae1812749963/peluang-bisnis-online-bagi-mahasiswa
menyatakan bahwa banyak hal positif yang bisa didapat. Dengan berbisnis online ini kita bisa belajar berbisnis sejak dini, kita juga bisa mengatur waktu dengan baik, bisa meringankan beban orang tua karena kita bisa mencari berpenghasilan sendiri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Daftar referensi:
-
Joewono.H. (2011). Strategi Pengembangan Kewirausahaan Nasional: Sebuah Rekomendasi Operasional. Jurnal Infokop, 19,1-23.
-
Kasmir. (2007). Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
-
mebis.upnjatim.ac.id. 31 Desember 2019. PELUANG BISNIS DI ERA DIGITAL BAGI GENERASI MUDA DALAM BERWIRAUSAHA: STRATEGI MENGUATKAN PEREKONOMIAN. Diakses pada 1 Juli 2022,dari
http://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/62/49
. -
Kompasiana.com. 8 Juni 2022. Peluang Bisnis Online bagi Mahasiswa. Diakses pada 1 Juli 2022, dari
https://www.kompasiana.com/nasywanarishazanhaq/629ff2e92154ae1812749963/peluang-bisnis-online-bagi-mahasiswa
.