Pelatihan Digital Marketing Bagi Pengelola Objek Wisata Talang Londo Desa Kalijoso Kecamatan Secang, Jumat (8/08/2025)

Magelang - Sebanyak 14 Pengelola Objek Wisata Talang Londo mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Pelatihan Digital Marketing Bagi Pengelola Objek Wisata Talang Londo Desa Kalijoso Kecamatan Secang. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Agustus 2025 pada pukul 13.00 WIB s.d selesai.

Adapun penyelenggara kegiatan ini dari tim dosen Universitas Tidar yaitu Mohammad ‘Ulyan, M.Pd., Hani’ Rosyidah, M.Pd. dan Eki Melina Widanti, S.S., M.Sc.. Kegiatan ini juga dibantu oleh tim mahasiswa yaitu Siti Nur Fatmawati dari prodi S1 Ilmu Komunikasi dan Afnan Yoga Valentino dan Prodi S1 Pariwisata. Kegiatan ini termasuk skema Pengabdian Unggulan Universitas (PUU) yang didukung penuh oleh LPPM Universitas Tidar.

Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pembekalan kepada pengelola objek wisata Talang Londo terutama kaitannya dengan pemasaran di era digital. Dunia digital pada era sekarang ini memiliki tantangan sekaligus peluang untuk menjadikan sebuah objek wisata terus eksis dan maju. Sebagai objek wisata yang memiliki latar belakang sejarah, objek wisata ini perlu memiliki branding yang kuat dalam dunia digital.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua tim pengabdian masyarakat dan Kepala Desa Kalijoso. Setelah itu, pemaparan materi pertama dengan narasumber Arina Nindyar Saraswati, S.Ark., M.Sc. dengan tema “Edukasi Pengelolaan Talang Londo”. “Talang londo merupakan bangunan yang sudah berusia ratusan tahun, sehingga perlu perawatan khusus sehingga tidak merusak struktur bangunan” Ujarnya. Selanjutnya Arina menjelaskan secara detail terkait bagaimana perawatan hingga pemanfaatan bangunan bersejarah untuk wisata.

Narasumber kedua membahas tema “Mengenal Lebih Dekat Konten Video” yang disampaikan oleh Siti Nur Fatmawati. Pembahasan difokuskan kepada pembuatan video dengan bantuan aplikasi CapCut sebagai media untuk membuat konten di media sosial khususnya instagram melalui akun @talanglondo.official.

Setelah pemaparan materi oleh masing-masing narasumber, kemudian diselingi dengan sesi tanya jawab dengan peserta. Diskusi berlangsung secara interaktif serta antusiasme yang tinggi dari peserta pelatihan. Melalui pelatihan digital marketing bagi pengelola objek wisata ini, diharapkan memiliki dampak yang positif bagi pengetahuan pengelola dalam merawat serta mengembangkan wisata Talang Londo serta memberikan manfaat bagi perkembangan wisata ini sehingga lebih maju serta berkembang.

Penulis: Ulyan, dkk.

1 Like