Pantai Temajuk "Surga diekor Borneo"

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan masih terjaga ke alamian nya seperti pantai temajuk yang berada di ujung utara bagian barat Kalimantan Barat tepatnya di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan barat.

Sumber Gambar:
(KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN)

Berlokasi di daerah perbatasan RI-Malaysia, Pantai Temajok memiliki air yang sangat jenih serta hamparan pasir putih dan deru ombak akan memanjakan mata kita, serta kita bisa berjalan-jalan atau mungkin berenang sambil menikmati panorama sekeliling pantai . Bagi sebagian orang, Pantai Temajuk sering disebut sebagai “Surga diekor Borneo”.

Pantai temanjuk ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, yakni sekitar +/- 60 km. jika anda beruntung anda bisa melihat salah satu hewan yang tergolong langka dan dilindungi yaitu Penyu yang biasanya datang ke pesisir pantai pada malam hari. Di garis pantai itulah biasanya para penyu datang untuk bertelur. Dalam semalam, penyu yang naik ke pantai untuk bertelur bisa mencapai puluhan ekor. Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokmaswas) Kambau Borneo rutin melakukan pengawasan dan mencegah terjadinya penjarahan telur penyu. Maka, semakin lengkaplah keindahan itu jika kamu bisa melihat para penyu tersebut datang.

Di pantai temajuk ini kalian tidak hanya bisa melihat penyu saja tetapi kalian juga bisa melihat para nelayan memanen ubur-ubur Jenis ubur-ubur yang diambil masyarakat ini biasa disebut ubur-ubur cendol, karena memang bentuk bagian atas nya seperti cendol.

Pada musim panen ubur-ubur, pantai dipenuhi dengan ubur-ubur yang memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat. Ubur-ubur disini bisa diolah menjadi makanan, seperti rujak ubur-ubur. Tak hanya di jadkan makanan, ubur-ubur yang berasal dari Temajuk ini selanjutnya akan diekspor ke beberapa negara yang berada di Asia.

Pada saat air laut surut pantai ini akan memperlihatkan hamparan pasir yang sangat luas dengan pemandangan terumbu karang dan formasi bebatuan. Pada saat sore harinya, kita bisa melihat suasana matahari terbenam yang membiaskan cahaya oren nya. Sangat Indah bukan jika kita bisa melihatnya secara langsung

Untuk kamu yang berkunjung kesini, jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen di sosial media agar orang-orang tahu akan keindahan Pantai Temajuk ini.

7 Likes

masyaallah indah banget kak, bolehlah mau main ke sanaa siapkan pesawatnya ya kak nisa :star_struck: :pray:

1 Like

keren sekali mbk,terimakasih infonya bisa buat tujuan traveling berikutnya

Waow keren kak, itu view nya indah banget luas lagi jadi pen kesana berlarian kesana kemari dan tertawaa… bila nanti saat nya tlah tibaa…

surgaa bangett pantainyaaaaa