Menyusun Teks Ulasan Buku Sebagai Media Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis

Halo, sahabat mijil! Tahukah anda bahwa menyusun teks ulasan buku merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan menulis?
Tentunya sebagai mahasiswa keterampilan menulis harus terus ditingkatkan sebagai insan akademik. Baik teman-teman langsung saja kita pahami penjelasan berikut!

Keterampilan berbahasa dipandang sebagai salah satu kompetensi yang perlu dikuasi oleh mahasiswa. Keterampilan berbahasa mempunyai empat jenis yaitu keterampilan menyimak atau mendengarkan, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Sebagai mahasiswa menulis merupakan hal yang sangat erat pada dunia perkuliahan. Ketika menulis kita dituntut untuk melatih kreatifitas dan keterampilan dalam menuangkan ide atau suatu gagasan dalam bentuk tulisan. Tarigan (1988) berpendapat bahwa dalam menulis dituntut kemahiran memakai ejaan, komposisi yang baik dalam bentuk pengembangan paragraf secara tepat, dan keterampilan dalam memanfaatkan struktur bahasa dan kosa kata.

Secara umum menulis merupakan keterampilan yang dapat dilatih, hal yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan menulis adalah dengan tekun, disiplin dan secara terus menurus. Salah satu cara untuk menghasilkan suatu tulisan adalah dengan menyusun suatu karya berbasis teks. Suatu karya berbasis teks yang menarik untuk dibahas adalah teks ulasan buku. Mahasiswa tentu saja harus sering membaca buku. Pada saat membaca buku, mahasiswa perlu mencerna dan memahami isi dari buku yang dibaca. Selain membaca dan mencerna buku yang diperlukan oleh mahasiswa adalah mengkomunikasikan hasil bacaan tersebut dalam bentuk ulasan buku.

Pengertian Teks Ulasan Buku
Ulasan buku sering disebut dengan timbangan buku, yaitu tulisan yang berisi mengenai kritik terhadap buku yang dimaksud. Buku sering diulas untuk mengetahui bagaimana keunggulan dan kelemahan dari buku. Menurut Istanun dan Farida (2015), teks ulasan adalah tulisan yang isinya menimbang atau menilai sebuah karya yang dikarang atau dicipta orang lain. Menilai dan menimbang karya dilakukan agar kita bisa melihat bagaimana karya yang ditulis oleh seseorang tersebut baik dari segi produksinya, dari segi keunggulan dan kelemahan.
Perlu diperhatikan bahwa ulasan tidak hanya dibuat terhadap buku, tetapi ulasan juga dapat dibuat terhadap karya lainnya seperti bentuk artikel, karya sastra yang dimuat dalam cerpen, novel, drama bahkan puisi, serta karya seni (musik, tari, kriya, lukis, pertunjukan dan film). Artinya teks ulasan itu cakupannya luas dan tidak terikat pada satu topik saja dan ulasan itu termasuk teks argumentatif karena, disajikan berbagai pendapat dari interpretasi atau penafsiran dari prespektif tertentu sebagai fakta pendukungnya. Sehingga akan ada argumen dan fakta yang akan disajikan.

Menyusun teks ulasan buku harus memperhatikan berbagai aspek. Jadi, bukan sekedar menguraikan isi buku yang diulas. Penulis perlu menjelaskan bagaimana buku tersebut dapat memenuhi tujuan dan fungsi sosialnya dalam membuat ulasan buku. Selain itu, juga diperlukan kemahiran menguraikan isi buku, menganalisa bagaimana buku tersebut dapat memenuhi tujuan dari pembaca, dan mengekspresikan pandangan personal melalui tulisan. Untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam menyusun teks ulasan buku tentu saja kita harus mengetahui bagaimana struktur dari teks yang akan kita buat. Struktur dari teks ulasan buku terdiri dari identitas yangi bersifat opsional, dibuka dengan orientasi yang mendeskripsikan buku, lalu bagian tafsiran isi yang memaparkan tentang isi buku, dilanjutkan dengan evaluasi yang menggambarkan penilaian penulis dan pada bagian akhir teks ditutup dengan rangkuman evaluasi yang merupakan penegasan ulang terhadap hasil evaluasi. Sebagaimana uraian diatas dalam menyusun teks ulasan buku penulis juga perlu menganalisis formulasi bahasa pada tahapan evaluasi.

Formulasi Bahasa Tahapan Evaluasi
Salah satu ciri khas dari teks ulasan buku adalah menilai atau mengevaluasi, Menilai atau mengevaluasi adalah menyatakan pandangan, sikap, dan posisi terhadap sesuatu yang dinilai. Pandangan, sikap, dan posisi penilai sulit didefinisikan secara terpisah. Ketiga hal itu meliputi gradasi antara objektif dan subjektif, baik dan buruk, setuju dan tidak setuju, memihak dan tidak memihak, menghargai dan tidak menghargai, serta kadar emosi yang terungkap pada teks ulasan. Gradasi tersebut dapat ditemui terutama pada penggunaan leksis nomina, verba, adjektiva, dan adverbia. Jika disajikan dalam bentuk kalimat, dapat terlihat pada kepolaritasan suatu kalimat yaitu kalimat postif atau kalimat negatif.

Contoh ungkapan penilaian positif pada teks ulasan

  • Banyak sekali keunggulan yang terkandung dalam buku ini. Di antaranya ialah buku ditulis dengan ciri khas dan sesuai dengan bidangnya sehingga mudah dipelajari.
  • …, buku ini memberikan penjelasan secara terperinci, bahasa yang digunakan mudah dipahami.

Contoh ungkapan penilaian negatif pada teks ulasan

  • Akan tetapi, buku ini memiliki istilah kebahasaan yang berat untuk dipahami
  • Buku ini terkesan memberikan penjelasan secara singkat sehingga pada beberapa poin kurang jelas pembahasannya.

Berbagai Manfaat Teks Ulasan Buku
Teks ulasan buku memiliki manfaat bagi pembaca juga penulis. Manfaat teks ulasan bagi penulis diantaranya adalah;

  1. Bagi penulis, teks ulasan buku menjadi cara untuk melatih kemampuan menulis.
  2. Teks ulasan buku dapat dijadikan masukan berharga untuk meningktkan kreativitas dan kualitas karya.
  3. Melatih penulis untuk objektif dan kritis dalam menyusun teks ulasan buku dengan mengevaluasi suatu karya dengan apa adanya.
  4. Sebagai perbandingan dari sejumlah sumber agar diharapkan penulis dapat mengkritisi kembali tulisan-tulisan tersebut.

Manfaat teks ulasan buku bagi pembaca;

  1. Dapat dijadikan suatu pertimbangan untuk menikmati suatu karya yang diulas
  2. Teks ulasan dapat menjadi gambaran isi dari buku baik dari kelebihan dan kekurangan yang ada pada karya yang diulas
  3. Mendapatkan sejumlah informasi dari teks untuk keperluan presentasi atau menulis laporan dan karya-karya lain.
  4. Dalam teks ulasan terdapat sintesis teori yang dapat dijadikan referensi dalam landasan teori atau tinjauan pustaka dalam penulisan.

Nah, bagaiamana teman-teman saya harap sudah paham dengan penjelasan mengenai teks ulasan buku ya. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu untuk kita semua.
Terima kasih.

Disarikan dari buku Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Karya Paristiyani Nurwadani dkk(2016) dan Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran “Penggunaan Metode Diskusi Terjadap Keterampilan Menulis”