Mengenal Lebih Jauh Teks Proposal Kegiatan, Struktur Teks dan Hubungan Genre pada Proposal Kegiatan

image

Abstrak
Proposal dibutuhkan ketika kita ingin mengadakan acara dan memerlukan izin atau bantuan keuangan. Proposal adalah rencana yang diajukan dalam bentuk rencana kerja, yaitu rencana yang matang, sistematis dan menyeluruh yang dilakukan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian lapangan dan studi pustaka. Barangkali sebagian dari kita belum begitu paham apa itu teks proposal kegiatan serta struktur teks dan hubungan genre pada proposal kegiatan. Maka dari itu, artikel ini bertujuan untuk mengulas lebih dalam tentang hal tersebut.

Pendahuluan
Proposal kegiatan bertujuan untuk menjelaskan tujuan dan rencana acara supaya dapat diterima oleh sponsor, disetujui, didukung dan didanai oleh sponsor sehingga acara dapat berjalan lancar. Teks proposal kegiatan dibuat sebelum acara dilakukan guna mendapatkan izin atau mencari sponsor acara agar dapat memperoleh bantuan finansial maupun nonfinansial. Penulisan proposal kegiatan diharapkan bisa memberikan informasi secara jelas kepada pembaca, sehingga pembaca dapat memahami tujuan dan maksud dari proposal tersebut.

Hasil dan Pembahasan
Pengertian Teks Proposal Kegiatan
Teks proposal kegiatan merupakan sebuah rencana yang dituangkan ke dalam bentuk rancangan kerja. Proposal ini dibuat sebelum suatu kegiatan dilakukan untuk mendapatkan izin dan juga mencari sponsor acara. Proposal kegiatan biasanya ditulis oleh pihak penyelenggara kegiatan untuk mengajukan keiginannya dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Proposal kegiatan dibuat agar pihak yang mempunyai kepentingan dapat memahami dengan baik. Pihak-pihak yang berkepentingan antara lain pemberi lisensi, sponsor dan agensi yang berpartisipasi dalam acara tersebut.

Jika desainnya masuk akal dan mengikuti norma yang disepakati oleh tradisi akademis Indonesia, maka proposal kegiatan tersebut dianggap layak. Maka dari itu, teks proposal kegiatan harus memiliki desain yang benar berdasarkan kerangka pemikiran yang disarankan, mulai dari metode dan teknik pelaksanaannya sampai dengan penetapan permasalahan. Untuk itu, proposal mestinya disusun secara sistematis, objektif dan terencana dalam mengeksplorasi masalah, serta harus diungkapkan secara tepat.

Struktur Teks dan Hubungan Genre pada Proposal Kegiatan
Setelah kita memahami apa itu teks proposal kegiatan, penting juga bagi kita untuk memahami struktur teks dan hubungan genre yang ada pada setiap tahapan teks proposal kegiatan. Yuk kita simak!

  1. Pendahuluan
    Pendahuluan berisi uraian tentang latar belakang kegiatan yang akan dilaksanakan, pentingnya kegiatan itu dilaksanakan, manfaat, tujuan, dan strategi yang akan digunakan untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Genre mikro yang digunakan untuk mewujudkan tahapan pendahuluan adalah eksposisi dan deskripsi. Eksposisi digunakan untuk mengajukan alasan bahwa kegiatan yang diagendakan pada proposal itu penting untuk dilaksanakan. Deskripsi digunakan untuk mengilustrasikan secara ringkas wujud kegiatan yang diusulkan, manfaat, tujuan, dan strateginya.
  2. Tata Laksana Kegiatan
    Tata laksana kegiatan adalah tahapan yang menerangkan strategi yang akan dilakukan dalam mewujudkan kegiatan, dan juga langkah-langkah yang akan ditempuh. Genre mikro yang digunakan untuk mewujudkan tahapan tata laksana kegiatan adalah deskripsi.
  3. Penutup
    Tahapan penutup digunakan untuk mengantarkan harapan agar setelah diusulkan proposal kegiatan itu diterima dan dapat menghasilkan sesuatu seperti yang direncanakan. Genre mikro yang digunakan untuk mewujudkan tahapan penutup adalah deskripsi.

Jadi, teks proposal kegiatan adalah sebuah rencana yang dituangkan ke dalam bentuk rancangan kerja, yang memiliki tujuan untuk pengajuan rencana kegiatan dari lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta, sebagai pengajuan permohonan dana kepada pihak sponsor, serta sebagai data manajemen dalam mengadakan acara atau kegiatan lainnya. Hubungan antara genre dan proposal kegiatan adalah penting, jika tidak ada genre maka proposal tersebut tidak memiliki jenis teks yang jelas. Sama seperti halnya jika kita ingin membuat cerita tetapi kita tidak mempunyai tema otomatis kita tidak akan bisa membuat cerita itu.

Kesimpulan
Demikian penjelasan tentang teks proposal kegiatan, struktur teks dan hubungan genre pada proposal kegiatan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan untuk anda pribadi khususnya buat diri saya sendiri.
Terimakasih.

Daftar Pustaka
Nurwardani, Paristiyanti dkk. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti. (Hal 75-85)
Hayati, R. (2021, 13 April). Pengertian Proposal Kegiatan, Jenis, Tujuan, dan Cara Membuatnya
Ruangguru. (2018, April 5). Mengenal Teks Proposal Kegiatan | Bahasa Indonesia Kelas 11

1 Like