Mengenal Kota PACITAN

download

Pacitan merupakan salah satu dari 38 Kabupaten di Propinsi Jawa Timur yang terletak di bagian Selatan barat daya. Kabupaten Pacitan terletak di antara 110 55′-111 25′ Bujur Timur dan 7 55′- 8 17′ Lintang Selatan, dengan luas wilayah 1.389,8716 Km atau 138.987,16 Ha. Kata Pacitan berasal dari bahasa Jawa, Pacewetan, Pace dan Wetan. Pace adalah salah satu nama buah atau yang sering dikenal dengan sebutan mengkudu, sedangkan wetan adalah arah angin yang berarti timur. Adapun pengertian lain yang menyebutkan bahwa Pacitan berasal dari kata Pacitan yang berarti camilan, yaitu berupa makanan ringan atau makanan kecil yang tidak sampai mengenyangkan perut. Fakta ini menjadi alasan cukup logis mengingat bahwa kondisi daerah Pacitan merupakan daerah minus, sehingga untuk memenuhi kebutuhan pangan warganya tidak sampai mengenyangkan, artinya tidak bisa lebih, atau dengan kata lain adalah pas – pasan.

Dibalik pengertian tersebut Pacitan dikenal dengan nama Kota Pariwisata atau dengan julukannya sebagai Kota 1001 Goa, karena Pacitan yang menyimpan berjuta pesona keindahan pariwisata alam yang sangat luar biasa. Banyak sekali wisatawan asing maupun wisatawan domestik yang berkunjung ke Pacitan untuk merasakan tempat wisata yang disediakan oleh alam. Terdiri dari wisata gua, wisata pantai, wisata pegunungan (Hiking), wisata sejarah, dan wisata pemandian alam.

Pacitan juga menjadi tempat dengan wisata Pantai terhampar luas, sehingga setiap orang mesti ingin mengunjunginya. Namun sebaiknya sebelum berkunjung ke Pacitan menentukan terlebih dahulu pantai mana yang akan di kunjungi, karena Pacitan memilki banyak pantai yang begitu indah. Jika menginginkan pantai dengan pasir putih dan pemandangan batu karang yang indah, Pantai Watu Karung, Srau, Pantai Klayar dan Pantai Kasap bisa menjadi pilihannya.