Mengatur Tugas Kuliah yang Menumpuk Saat Kuliah Daring

Halo teman-teman! Perkenalkan nama saya Widya, Mahasiswi di Universitas Sebelas Maret. Di sini saya akan bercerita tentang bagaimana cara saya mengatur tugas yang menumpuk saat kuliah daring di masa pandemi ini. Sekarang saya sudah memasuki semester 2 perkuliahan di kampus ini. Tidak terasa waktu berlalu dengan cepat dan sudah banyak pengalaman yang saya dapatkan selama perkuliahan berlangsung. Saya teringat, ketika petama kali memasuki awal perkuliahan, rasanya agak sulit untuk beradaptasi dengan dunia baru ini. Ada beberapa tugas kuliah dari dosen maupun tugas kuliah PKKMB yang hampir terlambat saya selesaikan karena tugas tersebut tidak segera dikerjakan dan menumpuk dengan tenggat waktu yang sama-sama hampir habis. Pada saat itu, saya belum terbiasa untuk begadang sehingga saya merasa lelah ketika harus mengerjakan tugas kuliah yang diberikan dosen dan tugas kuliah yang diberikan saat PKKMB berlangsung dengan batas waktu yang singkat dan saling bertubrukan. Namun seiring berjalannya waktu, saya mulai belajar dan menjadi terbiasa akan hal tersebut. Akhirnya, tugas kuliah PKKMB pun usai tanpa ada tugas kuliah dari dosen yang terlewat. Sampai sekarang pun, saya selalu berusaha untuk mengatur tugas agar tidak menumpuk dan menyelesaikannya tanpa ada keterlambatan. Saya menjadi lebih menghargai waktu luang setelah memasuki perkuliahan.

Ada beberapa hal yang saya lakukan untuk menyelesaikan tugas secara maksimal. Pertama, saya akan membuat catatan khusus untuk menulis tugas yang diberikan dosen dan tugas PKKMB. Kemudian, saya akan mencatat nama tugas dan tenggat waktunya. Supaya tidak ada tugas yang terlewat, saya akan membuat kotak ceklis. Untuk tugas yang sudah selesai dikerjakan berikan ceklis pada kotak tersebut sehingga tidak ada tugas yang terlewat. Kedua, saya akan berusaha untuk langsung mengerjakan tugas setelah diberikan agar tugas tidak menumpuk. Namun, ketika tidak sempat mengerjakan langsung, saya akan mengerjakan ketika ada waktu luang dan mengusahakan untuk segera menyelesaikannya. Saya akan mengerjakan terlebih dahulu tugas yang memiliki tenggat waktu paling dekat dan memperkirakan waktu pengerjaan setiap tugas yang ada agar tidak terburu-buru dalam mengerjakannya sehingga hasilnya nanti akan maksimal. Ketiga, saya akan mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik untuk membuat suasana menjadi nyaman. Biasanya saya mendengarkan playlist lagu santai saat mengerjakan tugas. Suasana yang santai akan membuat saya lebih bersemangat dalam mengerjakan tugas. Kemudian yang terakhir, jauhkan gawai saat kita mengerjakan tugas agar lebih fokus saat mengerjakannya sehingga tugas terselesaikan dengan cepat.

Nah, begitulah cerita yang dapat saya bagikan kepada teman-teman tentang cara yang saya lakukan untuk mengatur tugas kuliah agar tidak menumpuk. Cara tersebut masih saya terapkan sampai sekarang. Semoga cerita yang telah saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman terutama bagi para calon mahasiswa baru yang sebentar lagi akan memasuki dunia perkuliahan juga. Saya juga berharap untuk teman-teman yang membaca cerita ini, semoga kalian bisa mengatur tugas kuliah kalian dengan baik. Jika belum, kalian bisa menerapkan cara yang telah saya bagikan agar tugas tidak menjadi bumerang bagi diri kalian masing-masing. Walaupun harus belajar secara daring, jangan pernah patah semangat yaa! Sekian, terima kasih.