Menelusuri Tahapan dalam Teks Laporan Kegiatan

Menelusuri Tahapan dalam Teks Laporan Kegiatan

Kita semua pasti pernah mendengar yang namanya teks laporan kegiatan. Teks laporan kegiatan merupakan sebuah laporan hasil dari suatu kegiatan atau teks yang memberitahukan terlaksananya suatu kegiatan yang biasanya dibuat setelah kegiatan telah selesai. Namun masih banyak yang tidak tahu dengan unsur-unsur apa saja yang ada di dalamnya, maka dari itu kita perlu menelusuri teks laporan kegiatan lebih dalam. Sama halnya dengan teks-teks yang lain, teks laporan kegiatan juga memiliki tahapan-tahapan di dalamnya. Jika kita ingin membuat teks laporan kegiatan maka kita harus mengetahui dulu apa saja tahapan-tahapan yang ada di dalamnya agar terbentuk suatu sistematika teks laporan kegiatan.

Tahapan-tahapan dalam teks laporan kegiatan

Nah teman-teman yang pertama kita akan menelusuri tentang tahapan apa saja sih yang ada di dalam teks laporan kegiatan

• Ringkasan
Pada teks laporan kegiatan ada yang namanya ringkasan, sebenarnya ringkasan ini sama dengan abstrak yang ada pada teks laporan penelitian tetapi pada teks laporan kegiatam lebih cocok disebut ringkasan karena lebih merupakan intisari dari keseluruhan kegiatan yang telah dilakukan. Ringkasan dan abstrak pun memiliki sedikit perbedaan yang terletak di unsur-unsur pembentuknya, nah unsur-unsur pembentuk yang ada pada ringkasan ialah sebagai berikut ;

  1. Tujuan kegiatan
  2. Deskripsi kegiatan
  3. Pelaksanaan kegiatan
  4. Saran
    Selain unsur-unsur di atas, adapun ringkasan laporan kegiatan yang terdapat analisis di dalamnya, tetapi analisis di dalam teks laporan kegiatan tidak sama dengan analsis pada laporan penelitian. analisis pada laporan kegiatan berupa strategi yang digunakan untuk melaksanakan dan mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan kegiatan.

• Pendahuluan
Pada teks laporan kegiatan juga ada yang namanya pendahuluan. Tahapan pendahuluan pada laporan kegiatan bertujuan untuk menyampaikan latar belakang kegiatan, gambaran jenis dan bentuk kegiatan, tujuan,manfaat, serta strategi yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan.

• Deskripsi Kegiatan
Pada tahapan ini terdapat paparan tentang nama kegiatan, lokasi kegiatan dilaksanakan, waktu, dan pelaksanaan kegiatan. Nama kegiatan adalah kegiatan yang dilaksanakan itu sendiri. Waktu kegiatan adalah rentang waktu dilaksanakannya kegiatan itu. Adapun pelaksanaan kegiatan adalah orang-orang yang terlibat dalam kegiatan itu.

• Pelaksanaan Kegiatan
Tahapan Pelaksanaan Kegiatan ini berisi rangkaian kegiatan sekaligus berfungsi untuk menguraikan kegiatan yang dilakukan, strategi yang dilakukan dalam melaksanakan kegiatan, kendala yang dihadapi, dan langkah-langkah yang ditempu dalam mengatasi kendala tersebut.

• Penutup
Di satu sisi, Tahapan Penutup berisi pernyataan simpulan bahwa kegiatan yang dimaksud telah dilaksanakan dengan baik dan bermafaat. Di sisi lain, tahapan ini berisi saran-saran untuk perbaikan kegiatan yang akan datang, saran-saran tersebut diajukan berdasarkan kendala-kendala yang dihadapi. Simpulan pada laporan kegiatan berkaitan dengan pelajaran dan manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan yang telah dilaksanakan

• Daftar Pustaka dan Lampiran
Penyajian Daftar Pustaka dan Lampiran diletakan di belakang setelah bab-bab inti. Lampiran merupakan materi pendukung, lampiran pada teks laporan kegiatan sama saja dengan lampiran yang ditemui pada proposal. Materi yang dimasukan ke dalam lampiran teks laporan kegiatan antara lain :

  1. Dokumen yang dijadikan bahan rujukan penulisan laporan kegiatan.
  2. Surat-surat pendukung, seperti surat izin melakukan kegiatan di lokasi, surat tugas, dan sejenisnya
  3. Rincian penggunaan dana
  4. Gambar atau foto.

Laporan kegiatan merupakan paparan hasil pelaksanaan kegiatan yang dibuat berdasarkan proposal yang telah diracang sebelumnya. Laporan kegiatan mengandung unsur-unsur yang saling terkait, yaitu seperti unsur-unsur di atas. Ada pula unsur-unsur lain berupa halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar daftar isi dan lain-lain. Apabila unsur-unsur inti dan unsur-unsur yang lain dijadikan satu, maka terbentuklah sistematika laporan kegiatan.

DAFTAR PUSTAKA

Nurwardani, Paristiyanti dkk. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti. (Hal 165-177)