Mencerdaskan Anak Berkebutuhan Khusus

Anak yang mempunyai kebutuhan Khusus atau lebih singkatnya ABK adalah anak-anak yang memiliki keterbatasan secara fisik,emotional,mental dan social yang menyebabkan mereka sulit dan lambat dalam proses perkembangan dan pertumbuhan sebagai manusia normal di bandingkan dengan anak usia pada normalnya.

Ada beberapa jenis atau klasifikasi dari anak berkebutuhan khusus seperti tunarungu,tunanetra,autism,lamban belajar,tunagrahita dan ganguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas(ADHD).

Di Indonesia sendiri kita dapat melihat bahwa minimnya Pendidikan sekolah untuk anak berkebutuhan khusus dan mereka ada beberapa yang terpaksa belajar di sekolah umum yang tentunya cara mendidik sangatlah berbeda untuk anak berkebutuhan khusus sedangkan pendidikan itu hanya bisa di ajarkan oleh anak yang normal walaupun terkadang bisa di lihat dari hasil dan data bahwa anak normal saja belum tentu bisa mengerti dan memahami pembelajaran bagaimana dengan anak-anak yang berkebutuhan khusus seperti mereka dapat bertumbuh dan berkembang sehingga mereka cenderung tertinggal dalam kelas dan tidak mengerti.

Seperti ada beberapa cerita dan pengalaman dari teman guru biasa yang salah satu muridnya adalah anak yang berkebutuhan khusus, ketika mengajar sangatlah sulit untuk mengajarkan kepada anak tersebut karena tentunya guru tidak mempunyai basic Pendidikan utnuk anak berkebutuhan khusus juga di sertai dengan system pengajaran yang berbeda dari sekolah biasanya.

Bagaimana kita sebagai manusia ataupun untuk yang berprofesi sebagai Guru mempunyai tugas untuk membantu anak berkebutuhan khusus untuk berprosess,berkembang dan bertumbuh dengan mengajarkan mereka sehingga mereka dapat mencerdaskan anak berkebutuhan khusus dan mereka tidak akan tertinggal di belakang.

Lingkungan juga sangat menjadi factor pertumbuhan yang baik karena jika lingkunagan sehat sangat membantu anak untuk bertumbuh daripada lingkungan toxic yang membully dan tidak dapat menerima anak-anak seperti berkebutuhan khusus.
Bagaimanapun mendidik Anak berkebutuhan Khusus bukan hanya peran Guru saja di sekolah melaikan Peran orangtua sangatlah penting dalam proses perkembangan Anak.
Beberapa Tips yang dapat di gunakan oleh Guru maupun orangtua untuk mengajarkan anak berkebutuhan khusus atau ABK:

  1. Identifikasi
    Melakukan identifikasi kepada anak terhadap perkembangannya seningga kita mengetahui klasifikasi dari anak berkebutuhan khusus sehingga kita mengetahui bagaimana proses perkembangan anak berkebutuhan kkhusus seningaga mengetahui bagaimana cara untuk mengajar atau medampingi anak.
  2. Menyiapakan Program atau aktivitas pembelajaran
    Sebagai seorang guru atau orangtua sangatlah penting untuk menyiapkan program pembelajaran atau aktivitas pembelajaran sehingga anak bisa berkembang dan menggunakan program untuk proses pembelajaran yang efetif bagi anak berkebutuhan khusus.
  3. Pemilihan Metode pemebelajaran yang tepat.
  4. Mengulangi pembelajaran sehingga anak mengingat.
  5. Media pembelajaran sangatlah membantu anak untuk belajar bukan hanya berhayal.
  6. Membangun relasi yang baik dan dekat dengan anak.