Mari Memahami Apa Itu Pedoman Gizi Seimbang (PGS)

Setiap orang memilih dengan jenis dan jumlah yang tepat, sesuai dengan berbagai kebutuhan menurut usia dari bayi sampai usia lanjut dan sesuai dengan keadaan kesehatan (hamil, menyusui, sakit) dan aktivitas fisik (anak sekolah, pekerja, atlit.)

Mari kita memahami apa itu Gizi Seimbang…

Gizi Seimbang

Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip :

  • keanekaragaman pangan
  • aktivitas fisik
  • perilaku hidup bersih
  • mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Pangan

Pangan adalah segala yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan bahan lainnya.

Empat Pilar Gizi Seimbang muncul dari Dasar Pemikiran :arrow_right: Keseimbangan antara asupan dan yang dikeluarkan.

Pilar 1: Mengonsumsi Pangan Beraneka Ragam

Beragam berarti keanekaragaman macam pangan dan porsi makanan seimbang (jumlah dan keteraturan konsumsi).

Pilar 2: Membiasakan Perilaku Hidup Bersih

Perilaku Hidup Bersih: cuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, menutup makanan, menutup mulut dan hidung jika bersin, memakai alas kaki.

Pilar 3: Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik cukup dilakukan selama 30 menit/hari atau 3-5 hari dalam seminggu. Aktivitas fisik berguna untuk memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh

Pilar 4: Mempertahankan dan Memantau Berat Badan Normal

  • BB normal adalah BB yang sesuai dengan TB
  • Indikator yang digunakan IMT (dewasa: 18.5-25.0)
  • Jika menyimpang dapat segera melakukan langkah pencegahan dan penanganan

10 PESAN GIZI SEIMBANG

  1. Syukuri dan Nikmati Aneka Ragam Makanan
  2. Banyak Makan Sayuran dan Cukup Buah-buahan
  3. Biasakan Mengonsumsi Lauk Pauk yang Mengandung Protein Tinggi
  4. Biasakan Mengonsumsi Aneka Ragam Makanan Pokok
  5. Batasi Mengonsumsi Makanan Manis, Asin dan Berlemak
  6. Biasakan Sarapan
  7. Minum Air yang cukup dan Aman
  8. Biasakan Membaca Label pada Kemasan Pangan
  9. Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Air Bersih Mengalir
  10. Melakukan Aktivitas Fisik yang Cukup dan Memertahankan Berat Badan Normal`

4 PILAR GIZI SEIMBANG DALAM TGS

TGS

  • Tumpeng Gizi Seimbang (TGS) ada empat lapis yang mana berurutan dari bawah ke atas dan semakin ke atas menjadi semakin kecil.
  • Yang dimaksud empat lapis yaitu Gizi Seimbang didasarkan pada prinsip 4 pilar berupa beragam pangan, aktifitas fisik, kebersihan diri dan lingkungan, dan pemantaun berat badan.
  • Semakin ke atas ukuran tumpeng semakin kecil berarti pangan pada lapis paling atas yaitu gula, garam dan lemak dibutuhkan sedikit sekali atau perlu dibatasi.

PESAN GIZI SEIMBANG UNTUK ANAK DAN REMAJA USIA 6-19 TAHUN

a. Biasakan makan 3 kali sehari bisa bersama keluarga
b. Biasakan mengonsumsi makanan sumber protein
c. Perbanyak mengonsumsi sayur dan cukup buah-buahan
d. Mulai membiasakan membawa bekal dan air putih dari rumah
e. Batasi mengonsumsi fast food, jajanan dan makanan selingan
yang manis, asin dan berlemak
f. Biasakan menyikat gigi sekurang-kurangnya sehari dua kali
g. Hindari merokok

Piring makanan

PIRING MAKANKU: SAJIAN SEKALI MAKAN

Piring ini sebagai panduan yang menunjukkan sajian makanan dan minuman pada setiap kali makan (misal sarapan, makan siang dan makan malam).

BEBERAPA FAKTOR YANG MEMICU TERJADINYA MASALAH GIZI PADA USIA REMAJA

  1. Kebiasaan Makanan Yang Buruk
  2. Pemahaman Gizi yang Keliru .
  3. Kesukaan yang Berlebihan Terhadap Makanan Tertentu
  4. Promosi yang Berlebihan Melalui Media Masa
  5. Masuknya Produk-Produk Makanan

MASALAH GIZI PADA REMAJA

  1. Obesitas
    Sebagian remaja makan melebihi kebutuhan normal

  2. Kurang Energi Kronis
    Berat badan yang kurang pada remaja wanita biasanya berkaitan dengan emosional atau karena takut gemuk

  3. Anemia
    Anemia pada umumnya dijumpai pada remaja wanita

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENYUSUNAN MENU GIZI SEIMBANG

  • Ekonomi
  • Sosial budaya
  • Kondisi kesehatan
  • Umur
  • Berat badan
  • Aktivitas
  • Kebiasaan makan
  • Ketersediaan makanan setempat

Nah…kita sudah mencapai akhir artikel tetang Pedoman Gizi Seimbang, harapan saya artikel ini dapat bermanfaat untuk para readers. Sekian, terima kasih sudah mau membaca sampai dan sampai jumpa di lain waktu.

2 Likes