Maraknya Berita Hoax di Dunia Maya

WhatsApp Image 2021-12-13 at 21.10.08
Sumber gambar : https://images.app.goo.gl/dbkC4vx3VBFFqwPV7

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat membuat dampak negatif. Salah satu dampak negatif yaitu munculnya berita palsu atau juga disebut dengan istilah “hoax”. Berita hoax adalah berita bohong yang dibuat dengan tujuan yang menyesatkan, menghasut, menipu, bersifat provokasi dan dapat menimbulkan keresahan. Hoax merupakan informasi yang dibuat-buat sedemikian rupa sehingga seolah-olah benar adanya. Berita hoax biasa disebarkan melalui media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lainya. Banyak masyarakat Indonesia khususnya orang dewasa yang mudah percaya akan berita hoaxtersebut.

Contoh dari beritahoax yang meresahkan masyarakat di Indonesia yaitu berita tentang vaksin covid-19 yang mengandung microchip magnetis. Beberapa video atau informasi tentang hoax itu sudah beredar di sosial media. Beberapa masyarakat percaya akan berita tersebut tanpa menelusuri lebih lanjut, faktanya vaksin covid-19 tidak mengandung microchip magnetis. Para ahli mengatakan bahwa reaksi magnetis sebagai efek samping vaksin sama sekali tidak benar.

Alasan mengapa orang Indonesia mudah sekali mempercayai berita hoax. Pertama orang Indonesia hanya membaca judul saja tanpa membaca isi keseluruhan berita. Budaya literasi minat baca di Indonesia merupakan terendah nomor dua di dunia sehingga seorang malas untuk membaca seluruh isi berita. Kedua kebanyakan orang tidak mau mencari kebenaran dan melakukan verifikasi berita tersebut. Mayoritas orang malas dalam mencari tahu lebih lanjut beritahoax. Ketiga berita sering muncul berulang. Semakin sering seseorang melihat sebuah berita maka lama-lama seseorang tersebut bisa jadi percaya berita tersebut.

Bahaya akan berita hoax bisa menjadi pemicu munculnya keresahan, keributan, perselisihan bahkan ujaran kebencian. Berita hoax juga bisa mengganggu mental seseorang bahkan bisa membuat seseorang overthinking. Selain itu bisa mengganggu emosi dan suasana hati yang berkepanjangan. Di masyarakat bisa menimbulkan relasi sosial yang tidak baik contohnya saling debat satu sama lain, saling benci dan menimbulkan konflik perpecahan.

Lalu bagaimana agar kita tidak termakan hoax? Pertama kita harus berhati-hati dengan judul provokatif atau ambigu. Apabila menjumpai berita dengan judul provokatif atau ambigu, sebaiknya kita mencari referensi berupa berita yang serupa dari situs online resmi atau surat kabar resmi. Kedua cermati alamat situs. Cermatilah alamat URL situs, apabila berasal dari situs yang tidak resmi atau belum terverifikasi maka informasi bisa dibilang meragukan. Situs berita resmi hanya 100 yang terverifikasi artinya terdapat puluhan ribu situs yang menyebarkan berita hoax di internet yang harus kita waspadai. Ketiga telusuri lebih lanjut. Sebaiknya kita tidak langsung percaya dengan berita hoax, kita harus telusuri lebih lanjut dan mencari kebenaran berita tersebut.

2 Likes