Manfaat kedelai yang di jadikan untuk membantu kesuburan bagi wanita

KARYA TULIS ILMIAH POPULER

MANFAAT KEDELAI YANG DI JADIKAN SUSU UNTUK MEMBANTU KESUBURAN BAGI WANITA

Terlepas dari mitos yang berkembang di masyarakat,konsumsi kacang kedelai faktanya dapat meningkatkan kersuburan. Namun . manfaat ini lebih banyak di dapatkan oleh wanita.

Berikut ini beberapa manfaat kacang kedelai, terutama dalam bentuk susu, untuk wanita.

1.Mengatasi obesitas
Obesitas dapat mengganggu kesuburan pada wanita. Tingginyabhormon leptin pada penderita kelebihan berat badan mengganggu keseimbangan hormon kesuburan.
Untuk mengatasi,Anda bisa minum susu kedelai secara rutin. Tidak hanya rendah kalori, kandungan serat protein yang tinggi di dalamnya dapat membuat kenyang lebih lama.
Hal tersebut tentu akan mempermudah untuk menurunkan dan mencapai berat badan ideal. Namun ,anda harus tetap mengimbanginya dengan poila makan sehat rendah lemak.

2.Merangsang ovulasi
Kadar hormone estrogen yang rendah dalam tubuh dapat membuat wanita sulit hamil.
Hal tersebut terjadi karena hormone ini memiliki peranan untuk merangsang ovulasi.
Konsumsi susu kedelai dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Kandungan isoflavon dalam susu ini bisa meningkatkan produksi hormone estrogen.

Memaksimalkan Fungsi Ovarium
Susu kedelai kaya akan kandungan asam folat. Senyawa ini dapat membantu metabolism sel di seluruh tubuh, termasuk ovarium.
Ketika proses metabolism sel berjalan dengan baik, kesehatan ovarium kan terjaga dengan baik. Hasilnya , proses produksi sel telur pun akan berjalan lancer.
Selain meningkatkan kesuburan,asam folat juga bermanfaat untuk menjaga janin tetap sehat. Kkekurangan vitamin ini dapat meningkatkan risiko keguguran dan bayi lahir cacat.

4.Mengatasi Siklus Haid Yang Tidak Teratur
Siklus haid tidak teratur berpotensi mengganggu kesuburan wanita. Kondisi ini biasanya terjadi akibat kadar hormone estrogen dalam tubuh yang terlalu sedikit.
Seperti yang telah disebutkan sebelunya,susu kedelai mengandung isoflavon.
Senyawa ini bisa merangsang produksi estrogen dalam tubuh.
Ketika produksinya berjalan dengan baik, risiko mengalami siklus haid tidak teratur akan ikut berkurang. Dengan begitu , anda bisa lebih mudah mengetahui masa subur.

  1. Mengurangi Setres
    Stres dapat mengganggu kemampuan wanita untuk hamil.Penelitian menunjukan, wanita dengan riwayat depresi dua kali lebih berisiko mengalami gangguan kesuburan.
    Konsumsi susu kedelai dapat membantu mengurangi stress. Kemampuan tersebut tidak lepas dadi kandungan vitamin B6 di dalamnya.
    Selain itu, susu kedelai juga mengandung magnesium. Minsral ini berperan dalam produksi hormone serotonin,yang membantu mrenenangkan pikiran.

  2. Melawan Bisphenol-A
    Ketika masuk dalam tubuh, senyawa Bisphenol-A dapat mengakibatkan ketidaksuburan pada wanita. Zat kimia ini biasanya berasal dari wadah makanan plastik yang terpapar suhu tinggi.
    Fitokimia dalam susu kedelai dapat membantu melawan Bisphenol-A yang masuk dalam tubuh. Dengan begitu, risiko masuk dalam tubuh. Dengan begitu,risiko gangguan kesuburan dapat berkurang.
    Meski punya banyak manfaat untuk kesubursn,konsumsinya tetap tidak boleh secara berlebihan. Minum susu kedelai berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
    Untuk mengetahui batas maksimal konsumsi kedelai,konsultasi ke dokter.
    Nantinyas, dokter akan memberikan saran sesuai kondisi kesehatan anda secara keseluruhan.

       Fakta Seputar Khasiat Susu Kedelai Untuk Kesuburan
    

. Merangsang ovulasi lewat kandungan isoflavon di dalanya.
. Mengatasi obesitas pada wanita yang mengalami masalah kesuburan akibat kelebihan berat badan.
. Metabolisme sel ovarium agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.
. Mengatasi stres yang dapat mengakibatkan gangguan kesuburan, lewat kandungan vitamin B6 dan magnesium di dalamnya.
. Melawan Bisphenol-A dalam tubuh yang bisa menjadi penyebab ketidaksuburan.