Lokawisata Istana Kuning Pangkalan Bun

625adfb5-3780-4691-8765-ae999b8add1d
https://www.instagram.com/p/CMl9lzKl1OW/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Istana Kuning terletak di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Merupakan salah satu peninggalan bersejarah Kerajaan Kotawaringin di Kalimantan Tengah. Lokasi Istana Kuning berada di pusat Pangkalan Bun dan bersebelahan dengan lapangan tugu, sehingga mudah diakses oleh wisatawan. Hampir sebagian besar bangunan Istana Kuning terbuat dari kayu yang berjenis ulin. Warna bangunan tersebut didominasi oleh warna kuning. Mengapa demikian ? Karena konon warna kuning mempunyai peran yang penting dalam kebudayaan Kotawaringin. Selain itu, warna kuning dipilih sebagai warna kesultanan karena mendekati warna emas sebagai lambang kemakmuran.

Di Istana Kuning terdapat empat bangunan yang menandakan asal dari istri Sultan Kotawaringin ke-9, yakni 1 Dayak, 1 China, dan 2 Melayu. Pada bangunan paling kanan dinamakan Bangsal dengan arsitektur berbentuk rumah Betang atau rumah khas Dayak, di sebelahnya disebut dengan Balai Rumbang (motif rumah China), dan terdapat 2 bangunan khas dari Melayu menjadi satu bangunan, yaitu Keraton Dalam Kuning dan Balai Pahaderan. Memasuki 2 bangunan khas Melayu, Balai Pahaderan terlihat lebih menyerupai tempat perkumpulan yang sangat luas atau sekarang disebut dengan aula. Sementara, Keraton Dalam kuning dulunya adalah tempat tinggal raja. Saat ini, di dalam keraton hanya berisi barang-barang sisa peninggalan Kesultanan Kotawaringin yang masih ada tersimpan hingga saat ini. Di tengah ruangan, terdapat kain bercorak kuning hijau yang ditempel didinding. Ada pula tombak-tombak, guci, lukisan wajah raja-raja Kesultanan dari yang pertama hingga saat ini ke-XV, dan juga terdapat kereta kencana terparkir di dalamnya. Tiang-tiang dalam istana penuh dengan ukiran. Terdapat salah satu motif yang cukup menarik yaitu daun dan bunga teratai sera pakis pada guci.

Saat ini, Istana Kuning digunakan untuk kegiatan pariwisata dan sebagai tempat untuk kegiatan perkantoran. Begitu juga Istana Kuning sebagai tempat wisata sebenarnya memiliki fasilitas yang sederhana namun juga sudah memenuhi standar sebagai tempat wisata. Di sini, sudah tersedia area parkir kendaraan yang cukup luas, serta papan informasi tata cara masuk istana, lengkap dengan nomor telepon seluler pemandu. Apabila wisatawan hendak berwisata ke Istana Kuning, maka para wisatawan tidak akan dikenakan tiket masuk atau bebas biaya masuk. Namun, bisa memberikan infaq untuk perawatan istana dan honor bagi pemandu di Istana Kuning. Biasanya Istana Kuning banyak dikunjungi para wisatawan dari luar daerah Pangkalan Bun, baik untuk sekedar ingin mengunjungi atau untuk acara. Namun, banyak juga Istana Kuning ini digunakan sebagai salah satu tempat untuk media pembelajaran pendidikan untuk anak-anak peserta didik dan sebagai salah satu tujuan Destinasi Wisata untuk masyarakat wilayah Pangkalan Bun dan wilayah Kalimantan Tengah. Selain itu disekitar Istana Kuning banyak sekali hotel-hotel yang dapat ditempati untuk para wisatawan. Dan selain itu disekitar Istana Kuning banyak terdapat Pasar rakyat dan wisata lain yang dapat dikunjungi. Selain itu dekat sekali dengan Istana Kuning terdapat makam-makam Para leluhur di Kotawaringin yang mana biasanya banyak santri-santri bahkan orang atau wisatawan yang datang untuk berziarah.

Istana Kuning memiliki daya tarik tersendiri, baik dari segi bangunan atau arsitekturnya, nilai sejarahnya, hingga peninggalan-peninggalan di dalam Istana Kuning, Istana Kuning telah menjadi salah satu tempat favorit atau bahkan sebagai ikon daerah Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat. Jadi, kurang lengkap rasanya apabila kalian berlibur ke Kalimantan Tengah, terutama ke Pangkalan Bun, tanpa menyempatkan diri mampir ke Istana Kuning.