Literasi Model Pembelajaran Inovatif Team Based Learning (Tbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa
Nandita Wana Putri
(Dosen Bahasa STIKes Panca Bhakti Bandar Lampung dan Mahasiswa S3 Pendidikan Bahasa Indonesia UNS)
dan M. Rohmadi
(Dosen S3 FKIP Pendidikan Bahasa Indonesia UNS)
Team Based Learning (TBL) atau pembelajaran berbasis tim adalah strategi pembelajaran aktif berbasis kelompok yang saling bekerja sama mempelajari dan menerapkan konsep pelajaran. Aktivitas pada Team Based Learning (TBL) adalah kerja individual (individual work), kerja tim (teamwork), dan umpan balik cepat (immediate feedback) yang dilakukan dengan format terstruktur dari persiapan pra-kelas, tes kesiapan individu dan kelompok, dan latihan aplikasi.
Team Based Learning (TBL) merupakan model pembelajaran inovatif yang dikembangkan pertama kali oleh Larry Michaelsen pada tahun 2002. Model pembelajaran ini merupakan strategi pendidikan yang bertumpu pada kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada mahasiswa dan terstruktur untuk meningkatkan proses pembelajaran. TBL dirancang untuk memberikan konseptual dan pengetahuan prosedur kepada mahasiswa dengan baik. Pembelajaran TBL mengubah pengalaman kelas dari hanya memperoleh materi dan konsep dalam format kuliah ceramah menjadi menerapkan konsep dan isi materi pembelajaran dalam format pembelajaran tim.
Konsep Team Based Learning berawal dari ide dasar bahwa kelompok mahasiswa yang terdiri dari 5 hingga 7 orang dapat menjadi tim belajar yang efektif karena keterkaitan antar mereka merupakan kekuatan utama yang dapat saling mendukung dalam proses pembelajaran. Sasaran yang hendak dicapai dalam metode Team Based Learning (TBL) adalah berusaha untuk memperbaiki metode pembelajaran satu arah yang telah ada saat ini. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan berpikir di dalam menanggapi permasalahan dan mengembangkan kemampuan berinteraksi dan bekerja sama yang lebih baik.
Berikut pengertian model pembelajaran Team Based Learning (TBL) dari beberapa sumber buku:
- Mayona dan Irawati (2009), Team Based Learning (TBL) adalah strategi pedagogik yang menggunakan kelompok siswa bekerja bersama-sama dalam tim untuk mempelajari bahan mata pelajaran. Sasaran utama Team Based Learning adalah menyediakan kesempatan bagi siswa untuk melatih konsep mata pelajaran selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
- Parmele, dkk (2012), Team Based Learning (TBL) adalah pembelajaran aktif dan strategi pembelajaran dengan kelompok kecil yang menyediakan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan konsep melalui tahap aktivitas-aktivitas, meliputi kerja individual (individual work), kerja tim (teamwork), dan umpan balik cepat (immediate feedback).
- Clair, dkk (2012), Team Based Learning (TBL) adalah strategi pedagogis dengan menggunakan aktivitas grup atau kelompok siswa yang bekerja sama dalam tim selama proses pembelajaran dalam mempelajari dan menerapkan konsep pelajaran. Tim dibentuk secara permanen pada awal pembelajaran dan bertanggung jawab terhadap hubungan kedua upaya mereka secara individu dan kelompok/tim.
- Park, dkk (2015), Team Based Learning (TBL) adalah strategi pembelajaran dan pengajaran berbasis kelompok dan berpusat pada mahasiswa yang menggunakan format terstruktur dari persiapan pra-kelas, tes kesiapan individu dan kelompok, dan latihan aplikasi.
Dalam pembelajaran Team Based Learning, aktivitas-aktivitas yang dilakukan siswa lebih banyak digunakan untuk kegiatan kelompok seperti menyelesaikan lembar kerja atau tes tes yang diberikan guru. Hasil dari aktivitas-aktivitas yang dilakukan guru dapat digunakan untuk membuat kelompok yang lebih terstruktur.
Referensi
Clair, Katherine St. dkk. 2012. Team-Based Learning in a Statistical Literacy Class. Journal of Statistics Education, Vol.20, No.1.
Michaelsen, L.K., dkk. 2002. Team-Based Learning: A Transformative use of Small Groups. Westport, CN: Praeger.
Mayona, EL., dan Irawati, I. 2009. Penerapan Model Team Based Learning pada Mata Kuliah Pengantar Pengelolaan Pembangunan. Bandung: Itenas.
Park, S.J., dkk. 2015. Effects of Problem Based Learning on the Learning Attitudes, Critical Thinking Disposition and Problem Solving Skills of Nursing Students: Infant Care. Advanced Science and Technology Letters, Vol.103.
Parmele, D,. dkk. 2012. Team Based Learning: A Practical Guide. Amee Guide Medical Teacher No.65.