Pandemi banyak berdampak pada berbagai sektor terutama ekonomi. Banyak masyarakan muda maupun tua yang kesulitan mendapat pekerjaan akibat dari pandemi covid, maka dari itu orang/masyarakat harus kreatif untuk membuka usaha sendiri.
Pada era bisnis digital saat ini membuat masyarakat memiliki beragam ide bisnis yang dapat memudahkan dan menguntugkan bagi penjual. Telah banyak ide bisnis yang dilakukan masyarakat, salah satunya adalah bouquet. Beberapa masyarakat berpikir bahwa bouquet identik dengan bunga, tetapi ada juga yang berinovasi untuk membuat snack bouquet.
Rangkaian snack atau yang biasa disebut snack bouquet merupakan sekumpulan dari beberapa jenis snack (makanan ringan) yang dapat dipadukan dengan bunga, boneka, ataupun barang lainnya. Rangkaian ini disusun dalam berbagai bentuk sesuai dengan kreativitas masing-masing.
Manfaat :
- Dapat dijadikan sebagai kado ulang tahun, wisuda, ataupun acara spesial teman, sahabat, orang tersayang dan keluarga.
- Snack bouquet dinilai efisien daripada flower bouquet karena selain dapat dinikmati keindahannya, makanan-makanan ringan pada snack bouquet juga dapat di konsumsi oleh pembeli ataupun penerima bouquet tersebut.
Apa sih usaha yang harus dipilih?
Dengan adanya banyak kelebihan tersebut maka orang dapat membuat sebuah usaha snack bouquet. Snack bouquet merupakan sekumpulan dari beberapa jenis snack (makanan ringan) yang disusun sedemikian rupa layaknya bucket bunga.
Snack bouquet biasa dirangkai untuk kebutuhan kado atau bingkisan suatu acara spesial seperti hari ulang tahun, anniversary, wisuda dan lain sebagainya. Rangkaian snack bouquet ini biasanya disusun dengan berbagai bentuk sesuai dengan kreativitas masing-masing.
Snack bouquet berisi beberapa jenis makanan ringan dengan berbagai varian rasa, warna dan lainnya. Biasanya dirangkai berdasarkan permintaan pembeli dan untuk harga menyesuaikan bentuk yang diminta.
Harga snack bouquet cukup murah dan terjangkau bagi masyarakat. harga biasanya berkisar antara Rp25.000 hingga Rp100.000 menyesuaikan permintaan dari pembeli. snack bouquet ini lebih efektif dengan harga terjangkau karena isinya dapat dikonsumsi oleh pembeli maupun penerima.
Snack bouquet dibuat bertujuan untuk hadiah kepada orang tersayang saat ada beberapa acara spesial, seperti wisuda, ulang tahun, dan acara lainnya. Adapun tujuan utama dari usaha ini yaitu tujuan strategis dan khusus. Untuk tujuan strategis yaitu dapat menjadikan snack buket sebagai usaha yang mampu memberikan hasil yang lebih baik lagi bagi penjual maupun pembeli. Sedangkan tujuan khususnya yaitu dapat menciptakan usaha kreasi snack bouquet dari produk makanan lokal yang mampu menembus pasar lokal bahkan nasional, dapat menciptakan lapangan kerja baru dan juga dapat meningkatkan jiwa wirausaha di dalam diri.
Pemasaran dan Prospek Usaha
Pemasaran Snack bouquet dilakukan secara digital maupun platform dari sosial media, seperti Instagram, Twitter, WhatsApp, dan media lainnya. Dengan pemasaran berbasis digital ini diharapkan dapat menjangkau berbagai kalangan di manapun dan kapanpun. Selain itu, pemasaran melalui sosial media ini juga dilakukan karena adanya masa pandemi saat ini.
Kebimbangan menentukan hadiah apa yang sesuai bagi si penerima. Ditambah Apakah hadiahnya digunakan? snack bouquet dapat menjadi pilihan karena murah, menarik, dan bermanfaat. Snack bouquet juga dapat di customize sesuai dengan selera masing-masing. Dilihat dari manfaatnya yaitu dapat dinikmati secara langsung atau dapat memanjakan lidah. Untuk prospek kedepannya, penjual dapat mengoptimalkan peluang dengan mengembangkan produk seiring dengan perkembangan zaman.
Dari sini dapat diartikan bahwa sesorang harus dapat berpikir kritis serta kreatif untuk membangun sebuah usaha. Meskipun usahanya kecil tetapi memiliki penghasilan yang cukup, seperti membuka usaha snack bouquet. Memiliki manfaat yang banyak serta penghasilan yang cukup. Sebuah usaha juga membutuhkan proses agar berkembang menjadi usaha yang besar.