Komponen apa saja yang terdapat dalam etnografi komunikasi?

vector-people-talking-illustration-eps-svg
Sumber gambar : uidownload
Sebelum mengetahui komponen apa saja yang ada dalam etnografi komunikasi sebaiknya kita mengetahui apa itu etnografi komunikasi.Etnografi komunikasi adalah salah satu cabang ilmu linguistik.Menurut Akmad Haryono etnografi komunikasi adalah ilmu interdisipliner yang menggabungkan antara disiplin linguistik dan antropologi (2015:iii).Sedangkan menurut Mansoer Pateda etnografi kajian adalah kajian tentang kehidupan dan kebudayaan suatu masyarakat atau etnik misalnya tentang adat istiadat, kebiasaan, hukum, seni, religi, bahasa (2011:309).
Menurut buku Hymes (Sumarsono,2011:325) etnografi komunikasi memiliki 16 komponen.Komponen tersebut antara lain :

  1. Bentuk Pesan (Message Form )
    Bentuk pesan adalah bentuk suatu pesan ketika ingin diberikan.Bentuk pesan dapat berupa lisan maupun tulisan
  2. Isi Pesan (Message Content)
    Isi pesan adalah inti sautu pesan yang ingin disampaikan kepada orang.
  3. Latar (setting)
    Latar adalah tempat terjadinya komunikasi.
  4. Suasana (Scene)
    Suasana ketika pesan ingin disampaikan ataupun diberikan
  5. Penutur (speaker,sender)
  6. Pengirim (addressor)
  7. Pendengar (hearer,receiver,audience)
  8. Penerima (addressee)
    Keemapat komponen diatas cukup asing bagi masyarakat.Biasanya kita hanya mengenal penutur dan juga penerima sebenarnya keempat komponen tersebut sama saja dengan penutur dan peneriman akan tetapi komponen tersebut agar lebih terperinci.
    Contohnya
    Dalam pementasan wayang kulit, dalang menjadi narator dan pada hakikatnya dia adalah penutur (speaker), sedang wayang-wayang yang dimainkannya merupakan “addressor” dan “addressee” dalam dialog mereka, dan para penonton wayang adalah “audience”.
  9. Maksud-hasil (Purpose-Outcome)
    Maksud hasil adalah hasil yang dinginkan oleh penutur terhadap penerima.Misalnya penutur mangatakan “Kamu kenapa pagi sekali untuk datang ke sekolah ?”.Penutur menginginkan hasil bahwa anak tersebut sadar bahwa dia datang kesiangan.
  10. Maksud-tujuan (Purpose-Goal)
    Maksud tujuan adalah tujuan yang mendasari penutur dalam menyampaikan pesan.Misalnya dalam masyarakat terdapat tradisi lamaran.Tradisi lamaran bertujuan untuk memastikan bahwa calon pengantin siap dan bersedia untuk dinikahi.
  11. Kunci (Keys)
    Kunci sangat berpengaruh dalam penyampain pesan.Kunci dalam pesan berupa intonasi,nada,dan semangat dalam dalm penyampain pesan.
  12. Saluran (Channel)
    Saluran merupakan media dalam penyampaian pesan.Media yang digunakan dalam penyampaian pesan dapat berupa lisan maupun tulisan,telepon,dan lain sebagainya.
  13. Bentuk Tutur (Form of Speech)
    Menurut Hymes (Sumarsono, 2011:331) bentuk tutur adalah tatanan perabot kebahasaan yang berskala bahasa,dialek,dan varietas yang dipakai secara luas.
  14. Norma Interaksi (Norm of interaction)
    Norma yang digunakan dalam interaksi sangatlah penting.Norma mencerminkan seseorang.
    Contoh
    Orang tidak boleh menyela dalam kegiatan kutbah di dalam tempat ibadah
  15. Norma Interpretasi (norm of interpretation)
    Gerakan yang dilakukan seseorang ketika berbicara kepada orang lain.Gerakan tersebut biasanya gerakan yang menandakan menghormati lawan bicara.
    Contoh
    Dalam masyarakat jawa ketika orang yang lebih muda berbicara kepada orang yang lebih tua biasanya orang yang lebih muda menundukan kepalanya.
  16. Genre
    Menurut Richard dkk. (1985) mengemukakan, di dalam analisi wacana,genre adalah sekelompok peristiwa tutur yang oleh guyup tutur dianggap tipa yang sama,sebagai contoh: doa,khutbah,percakapan,nyanyian,pidato,puisi,surat,dan novel.

Daftar Pustaka
Haryono, A. (2015). Etnografi komunikasi: Konsep, metode, dan contoh penelitian pola komunikasi.
Sumarsono.(2011).Sosiolinguistik cetakan ke-VII.Yogyakarta: Pustaka Pelajar (hal : 309-356).