Keuntungan Menjadi Remaja Yang Produktif

image

Masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Pada usia ini juga merupakan masa berekspresi dan pencarian jati diri. Pada usia remaja, banyak muncul ide-ide kreatif dan inovatif. Namun masih banyak juga para remaja yang menghabiskan waktunya untuk kegiatan yang tidak bermanfaat, bahkan mungkin merugikan diri sendiri dan orang lain. Agar terhindar dari hal hal merugikan tersebut, kita harus menyadari pentingnya menjadi remaja yang produktif yaitu remaja yang memaksimalkan waktunya untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Menjadi seorang remaja yang produktif dan berprestasi pasti menjadi sebuah keinginan yang sangat diinginkan, dengan menjadi remaja yang berprestasi kita akan membanggakan kedua orang tua dan juga semua anggota keluarga. Mencoba berkomitmen mengubah diri menjadi seorang remaja yang berprestasi dan produktif merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Kita membutuhkan komitmen dan usaha yang lebih dari yang lain agar mampu menjadi remaja yang produktif.

Pemuda digambarkan sebagai titik tertinggi dalam perkembangan jiwa manusia sehingga dalam fase ini merupakan waktu yang sangat ideal bagi seorang untuk bebas melakukan apapun dalam hidupnya. Pemuda juga digambarkan sebagai seorang yang memiliki semangat tinggi, bertenaga, dan berintelektual. Di Indonesia pemuda memiliki peran yang sangat besar dalam kemerdekaan indonesia.

Produktif adalah sifat dimana kita mampu menghasilkan. Tentunya menghasilkan disini adalah tentang materi. Kebanyakan siswa/i SMK/A bahkan mahasiswa sekalipun sering menghabiskan waktu luangnya untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Bahkan hal tersebut hanya menjadi kesenangan sementara saja, dengan alasan sedang mencari jati diri, bahkan ada yang sampai terjerumus ke hal hal yang tidak baik. Tanpa disadari masa masa tersebut adalah masa dimana energi kita masih full, pikiran masih fresh, dan banyak waktu luang.

Seorang yang produktif berarti mampu menghasilkan sebuah pekerjaan secara tepat dalam waktu yang singkat. Agar menjadi produktif, kita harus bisa fokus dan menghindari semua distraksi yang berpotensi mengalihkan perhatianmu saat bekerja. Dikutip dari IDN times menjadi remaja yang produktif memiliki banyak keuntungan seperti:

  1. Mendapatkan lebih banyak peluang
    Saat seseorang bekerja secara produktif, dia memiliki lebih banyak waktu yang dapat digunakan untuk mengambil tugas lain. Sehingga dalam satu waktu seseorang yang produktif dapat mengerjakan beberapa pekerjaan yang dpat menunjang kualitas diri.

  2. Mengurangi Kecemasan
    Stres dan kecemasan adalah masalah yang umum dialami oleh semua orang. Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi pemicunya, diantaranya deadline pekerjaan, masalah pribadi bahkan kekhawatiran tentang masa depan. Tetap menjaga fokus dan bekerja secara efisien akan meningkatkan kepuasan dalam diri terkait pekerjaan, sehingga dapat terhindar dari kecemasan.

  3. Meningkatkan reputasi
    Bekerja secara produktif berarti melakukan pekerjaan dengan fokus sehingga dapat meminimalisir kesalahan. Meski mustahil untuk menghasilkan pekerjaan yang sempurna, setidaknya tidak melakukan kesalahan yang fatal.

  4. Manajemen waktu yang semakin mudah
    Dengan fokus yang terjaga, kita bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Semua hal dikerjakan secara efisien, dan ini akan mempermudah untuk me-manage waktu yang kita miliki.

  5. Memiliki sisa waktu luang yang lebih banyak
    Saat melakukan semua pekerjaan dengan produktif, kita memiliki lebih banyak waktu luang. Artinya, kita akan memiliki cukup waktu untuk beristirahat atau sekadar main game. Memanfaatkan waktu luang dengan bermain dan beristirahat bukan berarti kamu tidak produktif. Justru, ini akan semakin meningkatkan produktivitas dalam bekerja, karena mendapatkan jam tidur yang cukup akan meningkatkan suasana hati, menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan fokus.

Mencoba berkomitmen mengubah diri menjadi seorang remaja yang berprestasi dan produktif tentunya tidak mudah dilakukan. Kita membutuhkan komitmen dan usaha keras agar bisa disebut sebagai remaja sukses yang berprestasi. Menurut teen.co.id beberapa tips yang bisa diikuti untuk merubah diri menjadi remaja yang lebih produktif:

  1. Cari passion masing-masing
    Memasuki usia remaja kita sering dihadapkan pada banyak permasalahan salah satunya labil, sering bingung tentang apa yang apa yang harus dilakukan. Hal itu yang sebenarnya harus dihindari karena akan menghambat pada apa yang ingin kita tuju. Oleh sebab itu seorang remaja harus mulai merencanakan apa yang akan dilakukan dan bisa fokus agar apa yang dituju bisa diraih.

  2. Fokus pendidikan dan kegiatan yang bermanfaat
    Saat remaja tentunya banyak hal yang harus dipikirkan terutama masalah pendidikan. Menjadi seorang yang berprestasi di bidang pendidikan tentunya memerlukan usaha yang keras dengan cara rajin dan giat dalam belajar.
    Bukan hanya di bidang pendidikan saja yang dapat berprestasi di bidang non akademik juga bisa. Kita dapat melatih kemampuan. Misalnya di bidang olahraga maka kita dapat mengikuti ekstra yang mendukung di bidang tersebut.

  3. Mengambil inisiatif
    Seorang remaja yang produktif harus mau mengambil inisiatif. misalnya saat belajar disekolah susah dimengerti maka harus berinisiatif untuk belajar secara berkelompok agar dapat saling membantu. Atau juga dapat mengambil inisiatif untuk memperbanyak skill atau kemampuan diri sendiri.

  4. Mencari teman yang tepat
    Teman adalah hal yang terpenting bagi kehidupan seorang remaja. Bahkan teman atau sahabat dapat menjadi keluarga baru bagi seorang remaja. Bahkan para remaja tersebut terkadang lebih mempercayai sahabat atau teman mereka daripada keluarga sendiri.
    Memilih teman yang tepat juga sangat mempengaruhi prestasi. Jika kita berkumpul dengan orang-orang yang dapat berpengaruh pada prestasi dan suka berkompetensi di bidang pendidikan tentunya kita akan termotivasi untuk terus berprestasi. Maka dari itu kita sebagai remaja harus pandai memilih teman.

  5. Melakukan me time
    Me time atau waktu berkualitas untuk diri sendiri juga harus disediakan minimal seminggu sekali. Setelah sibuk beraktivitas kita tetap menerima reward dengan memiliki waktu libur dan istirahat.
    Gunakan waktu me time itu untuk melakukan segala aktivitas yang disukai misalnya dengan mengerjakan hobi atau dengan bersantai dengan diri sendiri. Dengan begitu dapat menjauhkan dari stress akibat kegiatan sehari-hari yang berat dan padat.

DAFTAR PUSTAKA

https://infiniteens.id/remaja-produktif/dhea-chairunnisa/.

https://www.idntimes.com/life/inspiration/lulu-maryamah/keuntungan-menjadi-orang-yang-produktif-c1c2.

http://m.teen.co.id/amp/5285/5-tips-ini-bakal-bikin-kamu-jadi-remaja-yang-produktif-dan-berprestasi.