Pada saat kelas XI SMK aku punya sebuah pengalaman yang tidak bisa terlupakan. Aku melaksanakan kegiatan Prakerin atau biasa disebut dengan PKL. Prakerin yang aku jalanin dilaksanakan selama 4 bulan, yaitu dari tanggal 1 Desember 2020 sampai tanggal 31 Maret 2021. Aku melaksanakan PKL di Z Computer yang terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Z Computer merupakan satu satunya toko komputer dan juga tempat service komputer di Kecamatan Borobudur. Aku memilih di Z Computer karena jaraknya dekat hanya 10 menit dari rumah. Aku melaksanakan PKL bersama dengan satu temanku dan juga 2 teman dari SMK lain.
Dulu aku bingung mau PKL dimana, dan waktunya PKL sudah tinggal seminggu lagi dan aku belum menemukan tempat PKL juga. Lalu aku mengajak temanku mencoba mendaftarkan diri untuk PKL di Z Computer. Dan ternyata di Z Computer masih butuh 2 orang lagi untuk PKL. Di sana tempatnya sempit ada 5 karyawan 1 kasir, tapi tokonya sangat rame karena tidak ada pesaingnya. Di Z Computer ini waktu PKL-nya dibagi 4, awalnya 2 shift, tapi karena tempatnya sempit jadi dibagi menjadi 4 shift dan 1 shift hanya 3-4 jam. Walaupun hanya sebentar tapi aku dapat banyak pengalaman di setiap kali berangkat. Z Computer ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam dari hari Senin sampai hari Sabtu.
Untuk waktu PKL-nya ada jadwalnya, jadi keempat siswa dapat merasakan 4 shift. Saat aku dan temanku berangkat di shift pagi, pernah ditegur oleh pemilik tokonya karena aku terlambat baru ambil kunci jam 8.30 pagi. Sedangkan tokonya biasanya buka jam 8 pagi. Aku dan temanku dimarahi dan beruntung tidak dikembalikan ke SMK karena masih di awal-awal masa PKL jadi masih dimaklumi. Jadi bagi yang jadwal giliran shift pagi harus mengambil kunci di rumah pemilik tokonya, kemudian membuka tokonya dan menata barang-barang yang perlu di keluarkan dan membersihkan debu-debu.
Selama PKL, aku jadi tahu bagaimana caranya melayani customer yang baik. Aku juga di ajarkan bagaimana caranya menservice komputer, laptop, CPU, printer dan lain-lain. Aku juga tahu bagaimana caranya menginstal windows dan mengaktivasi windows dan juga cara menginstal aplikasinya. Aku juga bisa tahu apa saja device-device dalam komputer dan apa saja alat-alat yang ada dalam komputer dan lain sebagainya. Para karyawan di toko sangat sabar mengajari aku bagaimana cara memperbaiki hardware dan sofware di komputer. Mereka sangat ahli dalam memperbaiki komputer.
Selain memperbaiki komputer dan melayani customer, aku juga disuruh untuk mengirim barang pesanan kepada customer ataupun mengembalikan barang yang sudah diperbaiki kepada customer. Aku pernah salah mengirim barang kepada orang, karena di desa tersebut ada 2 orang yang namanya Pak Eko. Pak Eko yang aku kirim menerima barangnya, dia kira itu pesanan anaknya. Kemudian Pak Eko yang memesan barangnya menelponku katanya barangnya belum sampai. Kemudian aku kembali ke rumah Pak Eko yang aku kirimkan barang, dan ternyata aku salah kirim, lalu aku memberikan barang pesanan kepada Pak Eko. Aku meminta maaf untungnya Pak Eko tidak marah, dia memaklumi karena di desanya ada 2 Pak Eko. Pak Eko malah tertawa karena salah kirim.
Selain itu, selama aku PKL aku pernah menemani karyawan toko untuk memasang Wi-Fi di SMP Negeri 1 Borobudur. Saat itu aku belum di ajarkan bagaimana caranya memasang Wi-Fi. Setelah selesai memasang Wi-Fi, kemudian dari pihak sekolah memberiku sejumlah uang. Karyawan tokonya menyuruhku untuk diterima saja uangnya. Ya sudah aku terima uangnya. Aku juga pernah mengembalikan printer ke hotel di dekat Toko Z Computer. Pada saat itu tiba-tiba hujan jadi aku dan temanku berteduh di masjid. Setelah reda kemudian aku melanjutkan ke hotel. Setelah sampai di hotel aku dan temanku bingung karena tidak tahu dimana jalan masuknya untuk mengembalikan printernya, karena di sana juga tidak ada satpam yang berjaga. Setelah hampir 2 jam, kemudian karyawan dari toko menyusulku dan menertawakan karena aku tidak tahu jalan masuknya dimana. Kemudian karyawannya yang masuk ke hotel. Setelah itu aku dan karyawan tokonya kembali ke toko, sesampainya di toko aku langsung disorakin dan ditertawakan oleh semua karyawan lain. Semua tidak ada yang marah dan pengalaman ini merupakan sebuah pengalaman yang tidak bisa dilupakan.
Selama 4 bulan menjalani PKL aku bisa merasakan pengalaman melayani customer di toko komputer, membantu memperbaiki komputer, CPU, laptop, serta membuka toko sampai tokonya ditutup. Selain itu, aku juga pernah mengalami salah kirim pesanan kepada customer dan aku juga pernah membantu karyawan saat memasang Wi-Fi di sebuah sekolah.