Kemampuan siswa menurun pasca covid

Mengapa Kemampuan Belajar Anak SMA Menurun Pasca COVID?
Pada awal tahun 2020 dunia sedang menghadapi masalah besar. Sejak munculnya wabah yang disebabkan oleh virus, yaitu virus corona yang dikenal dengan Covid 19. Perubahan terjadi hampir semua bidang kehidupan, yang semakin mengkhawatirkan dan menggemparkan seluruh dunia. Ekonomi global melemah, hubungan sosial melemah, mengakibatkan kurangnya interaksi dan kepedulian terhadap orang lain. Semua orang pernah merasakan dampak dari virus COVID-19, terutama di dunia pendidikan. Kita harus siap menghadapi perubahan tersebut karena cepat atau lambat pendidikan akan mengalami perubahan drastis akibat pandemi COVID-19.
Pada saat itu, pemerintah pusat telah mengeluarkan pedoman, salah satunya penghentian operasional (tatap muka) seluruh institusi pendidikan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid 19. Hal ini tentunya akan berdampak
besar bagi perkembangan pendidikan anak, karena saat ini mereka harus belajar mandiri, belajar online (daring).
Pembelajaran daring adalah sistem pembelajaran tanpa interaksi tatap muka langsung antara guru dan siswa, melainkan pembelajaran dilakukan melalui internet. Ini merupakan tantangan besar bagi para guru, karena dalam kondisi seperti itu, guru juga harus mampu mengelola lingkungan belajar (media online), merencanakan pencapaian tujuan pembelajaran dan mencegah kebosanan atau mengantisipasi siswa model online. Awal mula di berlakukannya pembelajaran daring, para siswa mengalami kesulitan mulai dari kendala internet, kendala jaringan di beberapa daerah terpencil, susah sinyal, kurang paham mengenai pelajaran yang bersifat praktek dan menghitung. Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas dikarenakan tidak ada penjelasan-penjelasan awal dari guru tentang tugas yang dibebankan tersebut. Siswa hanya dituntut untuk mengerjakan tugas tanpa mendapatkan penjelasan mengenai materi, akibatnya banyak siswa mengeluh dan tidak bersemangat lagi dalam mengerjakan tugas.
Tugas yang diberikan guru banyak, sementara waktu yang diberikan sangat singkat. Bagaimana siswa bisa belajar dengan baik dalam kondisi di era covid-19? Hal ini menjadikan seorang siswa beranggapan mudah menemukan jawaban dengan mencari di internet/website. Dengan cara itu seorang siswa menjadi malas belajar akibatnya sudah menemukan suatu hal tanpa mereka harus berpikir panjang.
Namun, ada dampak positif dari pembelajaran daring, salah satunya siswa yang dulunya tidak bisa mengoperasikan gadget/laptop, jadi mengerti semenjak diberlakukan pembelajaran secara daring.

2 Likes