Kekecewaan Pencinta Bulu Tangkis Indonesia pada Turnamen Indonesia Open 2022

S__4923420

Setelah absen selama dua tahun tanpa adanya penonton, akhirnya turnamen Indonesia Open 2022 yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta pada 14 - 19 Juni 2022 kembali dibuka untuk umum. Antusiasme masyarakat Indonesia untuk menonton Indonesia Open 2022 terlihat dari tiket online yang habis terjual dalam waktu relatif singkat. Dilansir dari laman resmi PBSI, 90% kuota tiket Indonesia Open 2022 habis terjual dalam waktu 16 jam, dan sisanya harus didapatkan secara offline pada hari-H pelaksanaan turnamen.

Indonesia Open merupakan salah satu turnamen bulu tangkis bergengsi mengingat sudah mendapat predikat S1000, yaitu turnamen dengan level tertinggi, yang memiliki total hadiah dan poin bernilai fantastis. Total hadiah yang diperebutkan adalah 1,2 juta US dollar atau jika dirupiahkan senilai 17,7 miliar rupiah, sedangkan poin yang diperoleh untuk juara di masing-masing sektor adalah 12.000. Poin tersebut dapat berpengaruh secara signifikan bagi peringkat atlet. Tidak hanya para pecinta bulu tangkis tanah air saja yang sudah tidak sabar untuk menonton turnamen secara langsung, ternyata para atlet baik dari Indonesia maupun negara lain, juga tidak sabar untuk berlaga di Istora. Mereka sangat merindukan gemuruh suara para pendukung Indonesia dengan ciri khas teriakan “Eaaa” beserta balon tepuknya.

Namun, hal mengejutkan justru datang pada partai perdelapan final Indonesia Open 2022. Langkah ke-empat wakil Indonesia yang bertanding hari itu, yaitu Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Fajar Alfian/M. Rian Ardianto, Anthony S. Ginting, dan Pramudya K./Yeremia E. Y. Y. Rambitan, harus terhenti. Hasil tersebut menunjukkan tidak ada satupun wakil Indonesia yang melaju ke partai semifinal dan final. Peristiwa ini menorehkan sejarah yang buruk, di mana ini adalah pertama kalinya tidak ada wakil dari Indonesia pada babak semifinal Indonesia Open.

Kekecewaan yang dirasakan para penggemar bulu tangkis Indonesia dilontarkan melalui media sosial, mereka kecewa karena sudah membeli tiket untuk menonton partai semifinal dan final dengan harga yang fantastis, namun tidak ada wakil tuan rumah di sana. Kekecewaan lain yang dilontarkan para penggemar bulu tangkis Indonesia adalah mengenai sistem ketertiban antrean masuk ke dalam venue Istora Senayan, karena ada beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang menyerobot antrean sehingga menimbulkan sedikit kericuhan. Meskipun demikian, kekecewaan karena tidak adanya wakil Indonesia di partai final tidak menyurutkan semangat pecinta bulu tangkis untuk menonton pertandingan final Indonesia Open 2022. Pasalnya partai final menyajikan pertandingan seru dari pemain-pemain unggulan dunia, seperti pertandingan ganda putri asal Jepang yang harus melakukan perang saudara, yaitu antara Nami Matsuyama/Chiharu Shida vs Yuku Fukushima/Sayaka Hirota, pertandingan ganda campuran asal China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong melawan Yuta Watanabe/Arisa Higashino asal Jepang yang berhasil dimenangkan oleh pasangan ganda campuran China, pertandingan tunggal putra antara Denmark Viktor Axelsen vs Zhao Jun Pen asal China yang berhasil dimenangkan oleh pemain tunggal putra Denmark, ganda putra asal China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi melawan Choi Soi Gyu/Kim Won Ho asal Korea yang dimenangkan oleh pasangan ganda putra China, dan sektor terakhir adalah tunggal putri Taiwan Tai Tzu Ying melawan Wang Zhi Yi asal China yang dimenangkan oleh pemain tunggal putri Taiwan. Mereka menampilkan permainan yang apik, sehingga menghibur para penonton di Istora (sumber : Twitter @BWFScore).

Meskipun Indonesia harus puasa gelar pada turnamen tersebut, namun, banyak penggemar bulu tangkis Indonesia sangat mengapresiasi perjuangan yang diberikan oleh para atlet. Jatuh-bangun mengejar shuttlecock, bahkan hingga ada mengalami cedera. Semoga para atlet kebanggaan Indonesia dapat mempersembahkan gelar dan membawa merah putih kembali berkibar di turnamen-turnamen berikutnya.

Sumber:

PBSI. 2022. “Tiket East Ventures Indonesia Open 2022 Habis Terjual”, Tiket East Ventures Indonesia Open 2022 Habis Terjual - PBSI, diakses pada 23 Juni 2022 pukul 19.00.

BWFScore. “East Ventures Indonesia Open 22 Final.” 19 Juni 2022, 3.43 p.m. Tweet

1 Like