Transmisi mobil merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan karena alat ini berfungsi untuk meneruskan Tenaga dari mesin hingga ke roda .Yang artinya tanpa kehadiran transmisi maka mobil tidak akan bisa bekerja dengan maksimal kecuali untuk mobil listrik dengan torsi yang besar dan konstannya.
Pada mesin comotion sendiri ada beberapa jenis transmisi yang dipasangkan untuk membuat mobil dapat bekerja sebagaimana mestinya, ada beberapa tipe yang otomatis dan beberapa yang manual dan tentunya punya karakteristik dan keunggulan serta kekurangannya tersendiri.Lalu Bagaimana sistem transmisi transmisi ini bisa bekerja? tentunya setiap jenis transmisi memiliki cara kerja yang berbeda-beda walaupun begitu tujuan mereka itu tetap sama karena transmisi dalam sebuah mobil memiliki prinsip kerja dasar untuk menghubungkan rasio Gear yang terdapat diantara roda dan juga mesin dengan tujuan agar kecepatan mobilnya bisa disesuaikan antara dipercepat atau diperlambat.
Contohnya ketika kendaraan dalam keadaan diam transmisi bisa diposisikan pada kondisi Netral agar tidak ada koneksi antara mesin dan juga roda yang dimana hal tersebut memungkinkan mesin untuk langsam saat sedang di kondisi diam dan begitu juga sebaliknya mobil bisa berakselerasi dengan mudah.Dengan adanya perangkat transmisi ini pada dasarnya ada 4 jenis transmisi yang berbeda yang paling banyak beredar yang mana beberapa diantaranya Mungkin ada yang familiar atau sering beredar .
1.Transmisi manual
Manual transmission ,cara mengoperasikan transmisi jenis ini kita akan melihat tuas pedal dan juga kopling serta tuas persneling di mana untuk mengoperasikan jenis transmisi ini kita akan melihat tuas pedal kopling dan tuas persneling yang pengemudi gunakan untuk mengganti gigi secara manual.Transmisi jenis ini terdiri dari satu set gear yang dipasangkan pada sepasang batang yakni zaff input dan juga zaft output nah bagian input akan terhubung dengan perangkat plus dan juga roda gila ,Sedangkan untuk zaft output akan terhubung ke gardan hingga ke roda dan tentunya pada transmisi manual ini pengemudi harus memilih Gear yang sesuai dengan kondisi jalan kecepatan mesin, begitu juga saat menekan dan melepas koplingnya karena perangkat kopling pada manual transmisi inilah yang bekerja untuk melepas arus daya pada tempo yang dibutuhkan penggunanya untuk melakukan shifting .
Transmisi ini juga memiliki kekurangan serta kelebihannya tersendiri untuk kekurangannya yang pertama Tidak semua orang bisa mengoperasikannya yang artinya dibutuhkan skill mengemudi yang lebih tinggi.yang kedua dibutuhkannya kerja ekstra ketika mengemudi,dan yang ketiga tidak terlalu nyaman saat digunakan.
untuk kelebihannya, yang pertama cocok pada segala segmen ,tahan terhadap torsi tinggi,durabilitas yang lebih baik dan yang keempat yang paling penting lebih mudah untuk dirawat direvisi serta diperbaiki .
2.Transmisi iMT (intelegent Manual Transmission)
yang kedua secara garis besar masih sama saja,IMT Sebenarnya masih dalam kategori transmisi manual biasa.Tapi uniknya tidak memakai tuas kopling alias koplingnya Itu otomatis gitu atau mirip-mirip dengan transmisi automatic yang model cryptoniknya sedang hidup, jadi dari sini ki bisa simpulkan bahwa tidak ada kopling dalam mobil dengan transmisi IMT ini tapi, walaupun begitu kita masih memiliki control penuh terhadap pengaturan rasio gearnya tanpa perlu menekan kopling ataupun melepas gas yang artinya,semua tugas kopling dikontrol melalui software dan akan menghitung proses shifting dengan jeda terbaik untuk kelebihan transmisi ini masih sama dengan transmisi manual,Tapi sayangnya kita tidak bisa mengatur kelas semau kita.
sedangkan untuk kekurangan utama dari IMT ini adalah perpindahan giginya yang tidak terlalu mulus karena sistem ini sangat bergantung pada kopling yang harus dimodilisasi oleh sebuah aktuator
3.AMT (automatic manual transmission)
secara mekanis AMT punya kemiripan dengan transmisi manual pada umumnya bedanya mereka memakai sensor dan juga aktuator untuk mengoperasikan kopling dan mengganti giginya.Dan sama seperti IMT sebuah mobil dengan AMT tidak membutuhkan pedal kopling, hanya ada pedal gas dan juga pedal rem di bagian kaki.
transmisi ini juga bisa dioperasikan secara manual dengan mendorong tuas pemindah gigi ke depan untuk menaikkan gigi ,dan juga menarik ke belakang untuk menurunkan gigi.AMT ini memakai sistem hidrolik dan elektronik yang langsung terhubung ke ECU(electric control unit) yang artinya pola perpindahan gigi telah diprogram terlebih dahulu dan bekerja secara optimal pada rentang RPM yang sudah terprogram.Yang dimana saat ECU menilai bahwa rpm nya sudah optimal untuk melakukan perpindahan gigi aliashipping maka ,ECU akan mengirimkan sinyal ke aktuator yang mengoperasikan kopling dan gearbox nya .Sedangkan pada RPM yang terlalu rendah biasanya ECU akan mengirimkan sinyal untuk mengurangi rasio gigi dengan sendirinya.
untuk kelebihan dari AMT adalah tidak perlu mengoperasikan kopling sama seperti IMT jadi pengemudi tidak perlu buang-buang tenaga dan dapat berkendara dengan lebih nyaman dan santai.AMT juga diklaim lebih efisien karena lebih banyak energi yang dapat disalurkan ke roda namun, di sisi lain karena rentang kerja RPM AMT telah diprogram dari pabrikan maka, kita tidak akan mendapatkan respon transmisi yang sesuai ekspektasi yang dimana akan selalu ada delay yang sangat terasa.
4. AT (automatic transmission)
transmisi matic yang pasti sudah banyak menjadi konsumsi publik saat ini.Dan karena ini matic seperti yang kita tahu juga di transmisi ini tidak memiliki kopling dan,hanya ada pengaturan transmisi sesuai mode berkendara saja.
Untuk mekanisme kerjanya mesin akan terhubung dengan perangkat yang sangat memegang peranan vital yakni, torsi converter yang berfungsi mengatur clutch dan sistem gear dan transmisi .nah di dalam torsi converter terdapat beberapa komponen yang bekerja beriringan satu sama lain yang dimana,dia bekerja seiring kecepatan yang dihasilkan mesin hingga menyebabkan pompa mendorong fluida dalam kecepatan tinggi yang dimana kondisi ini sangat memungkinkan untuk memutar turbinnya .fluidanya terus memutar turbin di kedua Sisi dan putarannya dibantu oleh sebuah stator di antara kedua turbin tersebut,dan energi inilah yang akan disalurkan oleh torsi converter ke sistem transmisi yang terdiri dari planetari gear.dan penjelasannya masih lumayan panjang dalam planet Harir system terdapat gear bintang yang dikerubungi oleh planet-planet dan berputar dengan kecepatannya masing-masing yang dimana,biasanya gear planet akan lebih kecil daripada gir matahari dan kecepatan putaran gear matahari akan selalu lebih lambat dari gir planet.Yang artinya pinggir akan berputar lebih cepat dari gear matahari nah kombinasi mkomponen-komponen inilah yang dapat meningkatkan torsi serta kecepatan yang disalurkan menuju roda.
kekurangan dan kelebihan dari transmisi otomatis untuk kekurangan dari transmisi matic yang pertama adalah memiliki sistem yang rumit yang akan menyebabkan masalah ,yang kedua yaitu mahalnya perawatan dan perbaikan dibandingkan transmisi manual. Dan untuk kelebihannya tentunya mudah digunakan dan, kelebihan yang kedua pastinya nyaman bagi pengemudi dan penumpang .
5.CVT (continuously variable transmission)
Continuously variable transmission adalah salah satu transmisi yang paling banyak beredar setelah manual transmission ,terutama di motor-motor skuter matic bahkan tentunya di mobil-mobil ringan.CVT sendiri menawarkan Driving experience yang tentunya sama seperti transmisi otomatis, hanya saja cara kerjanya yang sangat-sangat jauh berbeda .Karena faktanya CVT tidak memakai gear sama sekali dan sebagai gantinya, mereka memakai sabuk dan juga puli untuk menciptakan rasio yang tak terhingga jumlahnya.
Untuk CVT mobil biasanya menggunakan sabuk dengan material baja .Transmisi ini bekerja berdasarkan daya sentrifugal untuk merubah rasio transmisinya,tapi walaupun begitu ada sedikit bantuan dari komputer yang dapat sedikit membantu dan menyesuaikan dengan kondisi jalan.
Untuk kelebihan dari CVT yang pertama adalah pengalaman pengemudi yang sangat halus karena tidak ada perpindahan gigi atau bisa dibilang fil safety yang sangat-sangat simless,dan yang kedua adalah responsif .Sedangkan untuk kekurangannya sistem transmisi ini tidak bisa digunakan untuk offroad dan tidak ada engine brake yang terkadang sangat berguna pada beberapa kondisi jalan.
6. S-AT (semi automatic transmission)
Transmisi semiotomatis adalah transmisi manual tanpa kopling yang hadir sebagai alternatif dari transmisi manual dan otomatis.Transmisi ini sangatlah mirip dengan transmisi manual,dalam transmisi semi otomatis tidak ada pada kopling dan sebagai penggantinya ada komputer yang memakai prosesor dan juga sensor untuk menekan plat koplingnya secara otomatis saat pengemudi menggerakkan tuas pemindah gigi .Lalu selanjutnya komputer dalam mobil tersebut juga akan berfungsi untuk mengontrol torsi,kecepatan,posisi pedal gas,dan sebagainya.
Mengemudikan mobil dengan transmisi semi otomatis rasanya hampir sama dengan mengemudikan mobil dengan transmisi manual perbedaannya,hanya kita tidak bisa menginjak pedal apapun untuk melakukan perpindahan gigi .Dan biasanya selerasi akan disesuaikan oleh komputer juga jadi mirip-mirip lah dengan AMT dan juga IMT
Untuk kelebihannya yang terdapat pada transmisi semi otomatis adalah yang pertama Perpindahan yang mulus dibandingkan semua transmisi manual,yang kedua lebih efisien dalam pergantian gigi yang artinya,tidak ada sleep dan juga Lag.Untuk kekurangannya yang pertama adalah sistem yang kompleks yang dimana terdapat banyak Komponen yang dapat mengalami kerusakan yang kedua, harga perawatan yang mahal dibandingkan transmisi manual yang dimana diklaim sangat mahal untuk diperbaiki sampai-sampai seringkali dianggap lebih murah untuk mengganti transmisinya
Zaki Aufa