Indonesia dan Berbagai Faktanya

Presensi : Binsar Ilham/E3120040
Judul : 88 Fakta Unik Indonesia
Penulis : Lembaga Demografi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Tahun Terbit : 2013
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama Gedung Gramedia Blok I, Lt. 5 Jl. Palmerah Barat 29-33, Jakarta 10270
ISBN : 978-979-22-9525-2
Halaman : 188 halaman

Buku ini ditulis Dr. Sonny HB Harmadi dan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, 88 Fakta Unik Indonesia disusun oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Buku Ini merangkum sejumlah hasil riset,penelitian dan sensus yang dilakukan oleh Lembaga demografi, departemen Pendidikan dan kebudayaan, badan pusat statistic dan Lembaga lainnya.

88 Fakta Unik Indonesia, buku menarik yang layak dibaca untuk mengetahui sejumlah fakta dan informasi tentang berbagai hasil riset dan penelitian mengenai Indonesia. Di susun oleh Lembaga demografi FEUI, buku non fiksi ini sangat bergizi dengan cara penyampaian yang tidak menggurui. Namun meskipun merupakan buku non fiksi yang memaparkan hasil riset dan penelitian, buku ini sama sekali tidak njlimet Ketika di baca.

Buku ini memaparkan tentang data dan fakta Indonesia,namun dikemas dengan menarik. Setiap fakta dan informasi dalam buku ini disajikan dalam 2 halaman. Satu halaman memuat paragraph pendek yang merupakan intisari dari informasi yang ingin diungkap. Satu halaman lainnya berupa ilustrasi gambar yang menarik yang menerangkan fakta yang dimaksud. Melaluia halaman full color buku ini semakin mengasyikkan dibaca tanpa harus menyiapkan diri dalam kondisi serius layaknya membaca hasil riset dan data statistic. Padahal sejumlah informasi yang diungkap sejatinya adalah fakta yang serius dari sebuah riset yang berat.

Sejumlah data dan fakta unik tentang Indonesia dipaparkan secara to the point dengan ilustrasi gambar full color yang menarik. Melalui Bahasa yang gambling, jauh dari formal disertai gambar yang menarik, buku ini mengungkap beragam fakta tentang Indonesia dan Masyarakatnya. Mulai dari obyek yang biasa dijadikan materi sensus seperti Pendidikan dan Kesehatan hingga hal hal yang boleh jadi luput dari pemikiran orang Indonesia selama ini. Sejumlah informasi bahkan menjadi fakta yang mengejutkan.

Adapun poin menarik lainnya terdapat pada desain gambar dan pemilihan warna pada sampul yang cukup menarik, desain ilustrasi dari isinya pun juga menarik karena dipenuhi dengan warna sehingga bisa menyegarkan mata pembacanya. Namun kekurangannya terdapat pada tidak adanya halaman daftar isi sehingga klasifikasi nya dalam halaman per bab kurang jelas.

Secara keseluruhan, menurut saya buku ini sangat layak dibaca meskipun terbit pada tahun 2013 karena masih relevan dengan kondisi Indonesia saat ini serta dapat memebrikan wawasan ke Indonesiaan yang baik untuk menjadi referensi bagi berbagai golongan termasuk masyarakat umum.

Screenshot (1)