Ikhtiar Jalur Langit

image

Assalamualaikum sahabat , perkenalkan saya angkatan 2020 universitas ternama di Solo. Saya lahir di kota Jepara yang identik dengan kota ukir. Sedikit cerita mengenai keajaiban jalur langit saat berjuang masuk perguruan tinggi negeri. Kembali ke masa lalu ya saya alumni dari salah satu SMA N di Gebog. Alhamdulillah dari kelas 1-3 selalu dapat peringkat, ini suatu kebahagian dan rasa syukur bagi saya sendiri dan keluarga saya. Singkat cerita waktu ujian praktik ada arahan dan pemeringkatan dari sekolah untuk mengikuti jalur SNMPTN 2019. Belum tahu banyak mengenai jalur tersebut dan akhirnya saya mengikuti berbagai seminar konsultasi rapot. Sebelumnya cita-citaku adalah guru SD jadi mau tidak mau pilihan pertamaku adalah PGSD dan sempat bingung untuk pilihan keduanya. Pada saat itu saya konsultasi dengan orang tua dan akhirnya disarankan memilih PGPAUD.

Pengumuman SNMPTN 2019 pun tiba tetapi warna merah yang saya dapat artinya saya harus lebih berjuang di SBMPTN 2019 ataupun jalur mandiri. Sempat pernah menyalahkan diri sendiri karena nilai saya yang setiap semester naik tetapi tidak lolos jalur SNMPTN, sedangkan teman saya yang bisa di bilang nilainya standar dia lolos di PGPAUD. Mungkin ini yang dinamakan takdir . Setelah belajar soal-soal strategi lolos PTN saya yakin lolos di jalur SBMPTN. Pada saat pendaftaran saya memilih tes di suatu universitas semarang yang lumayan dekat dengan rumah saya. Pertanyaan dari soal tes cukup mengecoh ,sembari menunggu pengumuman saya juga belajar soal-soal ujian mandiri . Waktu pengumuman telah tiba, tetapi belum takdir saya juga alias tidak lolos dijalur ini dan semua jalur juga sudah saya coba gelombang 1 sampai gelombang 2.

Sempat berputus asa sampai tiap hari mulai pagi sampai malam menangis merasa tidak bisa membahagiakan orang tua. Akhirnya saya memutuskan untuk gapyear dan mengikuti les privat khusus SBMPTN. Mulai saat itu saya belajar tak kenal waktu ,orang tua juga sangat mendukung. Beliau selalu menyemangati ,menasehati ,dan selalu berdoa agar saya bisa lolos di tahun berikutnya.

Saya juga meminta restu dari kakek. Nasehat kakek “jangan berputus asa perbanyak sholat malam tahajud ,hajat ,dan baca al-qur’an setiap selesai sholat maghrib. Insyaallah akan dipermudah jalan menuju impian mu”, dan akhirnya aku pun mengikuti saran kakek baik sholat malam ,mengaji , wirid , dll. Memang sedikit demi sedikit bisa mengikhlaskan atas rasa putus asa dan rasa iri terhadap teman-teman saya. Kurang lebih satu bulan saya tidak belajar materi SBMPTN karena merasa sudah banyak soal-soal yang saya kuasai dan lebih fokus berdoa untuk kesuksesan tes SBMPTN 2020. Satu amalan dari guru agama saya untuk mengamalkan surah al-ikhlas dengan diawali bismillah dan di akhiri bacaan bismillah minimal satu amalan dalam sehari.

Tes SBMPTN telah tiba pada saat itu badan saya kurang sehat , saya merasa sulit untuk mengerjakan soal. Satu dipikiran saya kalau orang yang bersungguh-sungguh pasti ada jalan. Saya mencoba lagi untuk masuk PGSD disalah satu universitas negeri tetapi yang saya dapatkan adalah kartu merah dalam artian saya gagal lagi di jalur SBMPTN 2020. Saya tidak putus asa saya juga mengikuti jalur mandiri baik gelombang 1 maupun gelombang 2. Sempat bermimpi di sepertiga malam selesai sholat hajat kalau saya bisa lolos perguruan tinggi negeri dengan prodi D3 Akuntansi yang awalnya saya bimbang mau mengambil prodi Keuangan atau Akuntansi. Akhirnya dengan saya bermimpi seperti diberi petunjuk dari Allah SWT saya mengambil prodi D3 Akuntansi di gelombang 2 terakhir. Pengumuman sekitar jam 4 sore tidak langsung saya buka ,tetapi saya buka malam hari selesai mengaji. Alhamdulillah yang saya dapatkan kartu warna hijau artinya saya diterima di program studi D3 Akuntansi. Orang tua saya sangat bangga meskipun tidak sesuai apa yang saya cita-citakan dulu.

Ini adalah wujud rasa syukur saya. Tidak ada yang tidak mungkin. Semua rencana Allah pasti yang terbaik. Semoga dengan saya diterima di prodi Akuntansi jalan untuk kesuksesan saya terbuka lebar. Lulus dengan nilai yang sempurna dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

2 Likes

Insyaallah yg ada sekarang yg terbaik👍
Semangat✊