Iklan sudah tidak asing lagi dalam bidang industri maupun perekonomian, karena biasanya selalu digunakan saat produk baru diluncurkan. Saat ini banyak variasi barang dan jasa yang ditawarkan, di saat itulah para produsen berlomba-lomba buat mengiklankan barang atau jasa yang mereka jual. Walaupun iklan terkadang memang tidak berdampak langsung dengan pembelian produk, tapi jika konsumen mencari barang yang sedang dibutuhkan, biasanya mereka akan membeli barang yang diiklankan karena sudah adanya branding dalam masyarakat. Dalam dunia modern saat ini, iklan juga memegang peranan penting untuk memenuhi target penjualan suatu barang atau jasa, dan tak lupa sebagai ajang persaingan antar perusahaan dalam memasarkan produknya untuk menarik konsumen.
Menurut Kotler dan Keller (2009), ada empat hal yang harus ada ketika membuat iklan, dikenal juga dengan singkatan AIDA, yaitu iklan iklan harus mampu mendapat perhatian (Attention), menarik (Interest), membangkitkan keinginan (Desire) dan menghasilkan tindakan (Action). Hal ini ada hubungannya sama daya tarik iklan yang bikin konsumen mau melihat, dan akhirnya pesan dalam iklan tersampaikan. Sayangnya, tidak jarang orang melewatkan iklan karna terlihat membosankan. Ini tandanya kita harus punya strategi untuk bikin iklan yang menarik. Lalu, apa sih hal yang bikin iklan menarik? yuk, simak!
-
Menggunakan Slogan atau Kata-Kata yang Unik dan Berkesan.
Orang-orang biasanya suka mengingat hal yang unik dan berkesan buat mereka. Oleh karena itu, dalam mengiklankan suatu produk sangat diperlukan kata-kata yang menonjol dan mudah diingat. Karena, bisa bikin konsumen penasaran untuk mencoba produk tersebut. Jangan lupa gunakan kalimat yang mudah dipahami oleh orang banyak ya! -
Menampilkan Desain Visual yang Menarik
Desain Visual dalam periklanan juga punya peran yang besar, karena kemungkinan besar konsumen akan melihat gambar dulu sebelum menyimak iklannya. Coba misalnya iklan cuma berisi latar polos dan teks, pasti kebanyakan orang tidak tertarik. Nah, itu sebabnya kenapa kita harus memberi desain yang menarik untuk dilihat, karena dengan memberikan sentuhan gambar-gambar lucu akan lebih menarik konsumen. -
Berkolaborasi dengan Artis Terkenal
Salah satu cara daya tarik iklan sebuah produk yaitu dengan mengendorse influencer, artis terkenal atau yang sedang naik daun. Sebab,bisa bikin konsumen enggan melewatkan iklan demi melihat artis kesukaan mereka. Frans M. Royan (2004) berkata, pesan yang disampaikan oleh sumber yang menarik (selebriti) akan mendapatkan perhatian yang lebih besar dan mudah diingat dibandingkan dengan endorser lain seperti para ahli atau profesional dan manajer perusahaan. Contohnya kaya iklan NU Green Tea yang berkolaborasi dengan NCT 127, yang membuat NCTzen━fans dari NCT berlomba-lomba membeli produk tersebut karena idola mereka. -
Memberi Penawaran yang Menarik
Memberi penawaran yang menarik adalah salah satu daya tarik iklan tersebut. Dengan memberikan promo seperti diskon, buy one get one,memberi layanan gratis ongkos kirim, atau menggratiskan produk tertentu. Nggak bisa dipungkiri, orang-orang pasti menyukai promo, tentunya tidak akan melewatkan iklan tersebut. -
Menjelaskan tentang Manfaat Produk yang Ditawarkan
Jelasin tentang manfaat produk juga jadi salah satu hal yang bikin iklan menjadi menarik. Karena orang-orang merasa membeli produk tersebut dapat menguntungkan atau memudahkan mereka di kehidupan sehari-hari. Jangan lupa pake kalimat persuasif, dan membuat kesan seolah-olah sekarang adalah saat yang tepat untuk membeli produk tersebut, biar pembeli makin penasaran dan akhirnya tergiur deh!
Daftar Pustaka
Frans M. Royan (2004). “Marketing Celebrities”, Penerbit: Elex Media Komputindo, Jakarta
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta.