Desain grafis pekerjaan yang mudah?

Pada zaman modern ini, teknologi berkembang begitu pesat. Selain teknologi yang berkembang begitu pesat ada juga banyak profesi atau pekerjaan yang muncul seiringnya perkembangan zaman dan teknologi. Beberapa profesi baru yang muncul tersebut ada hubungannya dengan teknologi.

ilustrasi-desain-grafis
Sumber gambar : veritrust.id

Teknologi zaman sekarang dapat menjadikan lahan pekerjaan untuk orang-orang yang dapat memanfaatkannya dengan baik. Ada beberapa pekerjaan yang terkait dengan teknologi dalam bidang desain grafis.

Pekerjaan Desain Grafis

Desain grafis merupakan hal yang sangat fenomenal. Sebenarnya, pekerjaan desain grafis ini sudah ada sejak lama. Tetapi, seiring berkembangnya teknologi di era media digital, maka profesi ini semakin menjadi trend dan populer dikalangan remaja yang tertarik.

Arti Desain Grafis

Pengertian dari desain grafis adalah bentuk komunikasi yang dilakukan secara visual yang memanfaatkan warna, gambar, bentuk sebagai media untuk menyampaikan suatu informasi. Desain grafis berasal dari dua kata yaitu desain dan grafis.

Arti Desain

Desain adalah suatu metode perencanaan secara estetika yang didasarkan pada kreativitas.

Arti Grafis

Sedangkan grafis memiliki arti ilmu dari sebuah perencanaan titik, maupun garis. Maka dari itu berawal dari titik dan garis sebagai awal perencanaan dapat menjadi suatu bentuk atau gambar.

Desainer Grafis

Orang yang melakukan pekerjaan desain grafis bisa disebut dengan graphic designer. Seorang graphic designer memiliki kemampuan untuk menginterpretasikan pesan dalam bentuk gambar. Dengan kata lain, seorang graphic designer adalah seorang komunikator visual.

Tugas Desainer

Tugasnya untuk menciptakan konsep visual secara manual, atau dapat menggunakan software komputer. Mereka akan mengkomunikasikan sebuah ide untuk membuat sebuah inspirasi. Kemudian pesan tersebut akan diinformasikan melalui seni visual seperti tulisan, gambar dan grafik.

Graphic designer tidak hanya bisa berkarier di media, tapi bisa juga di berbagai industri terutama industri jasa (telekomunikasi, periklanan, fotografi, pendidikan, konstruksi, teknologi informasi) maupun industri manufaktur (tekstil, garmen, mode, otomotif, elektronik).

Graphic designer juga berperan dalam memecahkan masalah yang timbul di lingkup tertentu lewat iklan layanan masyarakat. Menjadi seorang graphic designer tidak harus jago menggambar, tapi sebaiknya memiliki kemampuan dasar menggambar supaya mudah dalam menuangkan ide-ide kreatif ke dalam bentuk visual. Selain itu, kemampuan menggunakan graphic software juga diperlukan untuk menunjang pembuatan ilustrasi.

Macam-Macam Pekerjaan Desainer Grafis

Di dalam pekerjaan menjadi graphic designer ada beberapa macam pekerjaan yaitu seperti ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion baik untuk penerbit maupun media cetak dan elektronik.

Desainer Logo

Di dalam ilustrasi tersebut ada beberapa pekerjaan lagi seperti membuat pamflet, membuat ilustrasi orang dan membuat logo. Logo adalah tanda, lambang, atau simbol yang menjadi identitas sebuah organisasi, perusahaan, atau individu, agar mudah dikenal serta diingat.

Logo mempunyai aspek yang penting untuk suatu perusahaan, organisasi maupun identitas pribadi seseorang. Selain menjadi identitas perusahaan, organisasi maupun individu, logo mempunyai fungsi lain, yaitu berfungsi untuk menciptakan dan menyampaikan citra positif, untuk memberi kesan baik dan kepercayaan kepada masyarakat umum untuk menggunakan produk dari perusahaan, organisasi atau individu tersebut dan bisa menyampaikan visi misi tujuan dari perusahaan kita kepada khalayak umum.

Jenis-Jenis Logo

Jenis-jenis logo juga ada beberapa macam, seperti logo monogram atau lettermark, wordmarks atau logotype, logo gambar atau logo simbol, logo abstrak, logo maskot, logo kombinasi dan logo lambang.

Kemampuan Desainer

Untuk menjadi graphic designer diharapkan memiliki keahlian mumpuni dalam bidang grafis, terutama dalam menata gambar visual secara artistik. Hal utama dari keahlian seorang Desainer Grafis adalah kemampuan dasar dalam memadukan tiap elemen visual ke dalam kanvas atau media kerja.

Elemen Visual Dalam Desain Grafis

Tiap elemen visual ini akan digunakan secara bersamaan untuk menciptakan desain yang memiliki dampak visual. Adapun beberapa elemen visual yang umum dipadukan, yaitu :

  • Warna,
  • Garis,
  • Bentuk,
  • Penggabungan antar bentuk,
  • Ruang,
  • Tekstur.
Personal Branding Bagi Desainer

Menjadi seorang graphic designer harus memiliki ciri khas tersendiri atas apa yang dibuatnya atau bisa disebut personal branding. Menurut Jevi Nugraha (2021). Tujuan personal branding, yaitu :

  • Memberi tahu orang lain tentang keunikan, identitas, ciri khas, kemampuan, serta hal lain yang menjadikannya berbeda,
  • Menampilkan kesan jika individu tersebut merupakan solusi pemecahan masalah yang dibutuhkan,
  • Sebagai media untuk mempengaruhi orang lain mengenai persepsi dari individu, dan mengenalkan kemampuan serta keunikan yang dimilikinya,
  • Merangsang persepsi orang lain mengenai nilai serta kualitas diri yang dimilikinya.
Manfaatnya

Manfaat jika seorang graphic designer mempunyai personal branding untuk desainnya adalah :

  • Meningkatkan rasa percaya diri,
  • Memperluas jaringan,
  • Mengembangkan kemampuan dan meningkatkan daya jual,
  • Menarik perhatian klien.

Berhubungan dengan klien, tentunya pekerjaan desain grafis tidak ada apa-apanya jika tidak ada klien. Seorang desainer grafis memiliki tanggung jawab dan peran kepada kliennya untuk memaksimalkan pekerjaannya.

Peran dan Tanggung Jawab

Beberapa tanggung jawab dan peran seorang desainer grafis dalam pekerjaannya. Menurut Anisa Sekarningrum (2022), yaitu :

  • Bertemu dengan klien untuk menentukan ruang lingkup suatu proyek,
  • Memberitahu klien tentang strategi desain grafis dalam menjangkau audiens atau calon konsumen,
  • Menentukan pesan yang harus digambarkan atau disampaikan lewat desain,
  • Membuat gambar atau visual dengan identifikasi produk dan pesan secara informatif,
  • Mengembangkan grafis dan gambar visual dengan audio pada ilustrasi produk, logo, atau situs jejaring,
  • Membuat desain baik dengan tangan maupun dengan perangkat lunak (aplikasi),
  • Memilih warna, gambar, gaya teks, dan layouting dengan artistik dan menarik,
  • Mempresentasikan desain kepada klien dengan jelas,
  • Melakukan revisi atas rekomendasi klien pada desain akhir,
  • Meninjau ulang desain untuk mengidentifikasi kesalahan sebelum cetak atau terbit.
Contoh Tokoh

Ada beberapa desain grafis dibidang desain logo yang sudah terkenal di kaca internasional yang sudah meraup ratusan dollar untuk setiap logonya seperti Rio Purba. Rio Purba adalah pendiri dari tim Yelo dan rumpidesain.

Dimana tim-tim tersebut adalah tim pembuat logo atau desain lainnya di Indonesia yang dikepalai sendiri oleh Rio Purba. Beliau juga pernah mewakili Indonesia di Turnamen Desain UI/UX Dunia di Amerika. Beliau menjadi salah satu dari 14 finalis yang terpilih dari ribuan desainer yang ada dari seluruh dunia.

Keuntungan Menjadi Desainer Grafis

Ada beberapa keuntungan menjadi seorang desainer grafis, yaitu bisa mencari pekerjaan di industri apa pun, bisa memilih untuk berwirausaha (freelancer), pilihan karir yang beragam, tidak akan pernah bosan, bisa mengekspresikan diri.

Duka Desainer

Namun dibalik keuntungan menjadi seorang desainer grafis, ada juga duka menjadi desainer grafis, yaitu dianggap menjadi pengangguran karena kebanyakan desain grafis hanya bekerja dirumah dan menunggu datangnya klien, dianggap remeh, dimintai revisi yang berlebihan dari klien dan ada yang namanya proyek “thank you”. Proyek “thank you” dari yang ngakunya temen. Minta dibuatin desain segala macam terus cuma bayar pakai “Thank You”.

Profesi desain grafis merupakan alternatif dari kalian yang memiliki hobi di bidang industri kreatif karena dapat menyalurkan hobi menjadi pekerjaan yang dapat menghasilkan. Seiring jalannya waktu kalian dapat adaptasi meningkatkan skill kalian dan dapat menciptakan personal branding kalian untuk menjadikan ciri khas dari diri kalian sendiri. Jadi, ayo salurkan hobi kita menjadi pekerjaan yang menyenangkan.

Daftar Pustaka:

  • Anisa Sekarningrum. 2022. Desainer grafis: Tanggung jawab, skill-set, dan proyeksi karier 2022. https://www.ekrut.com/media/cara-menjadi-desainer-grafis-handal-tanpa-kuliah. Diakses pada tanggal 23 Juni 2022
  • Jevi Nugraha. 2021. Personal Branding adalah Citra Diri, Ketahui Tujuan dan Cara Meningkatkannya. https://www.merdeka.com/jateng/personal-branding-adalah-citra-diri-ketahui-tujuan-dan-cara-meningkatkannya-kln.html. Diakses pada tanggal 23 Juni 2022