Dampak Tertinggalnya Pendidikan bagi Generasi Z dan Cara Mengatasinya

PENGANTAR

Kita merupakan anak yang lahir pada tahun 2000an maka dari itu kita termasuk kedalam generasi z.Generasi z seperti kita ini tidak bisa terlepas dari internet dan media sosialnya dalam keseharian kita,dan jika kita tidak mengikuti perkembangan zaman seperti itu maka kita akan maka kita akan ketinggalan jaman dan sulit untuk menyesuaikan diri dengan sekitar.Pendidikan bagi generasi z seperti sangat penting karena dapat menjadikan kita sebagai pribadi yang maju.

ISI

Generasi Z adalah kelompok anak yang umumnya lahir antara pertengahan 1990-an hingga pertengahan 2000-an. Mereka dikenal sebagai generasi internet, tumbuh dalam era teknologi yang terus berkembang pesat. Generasi ini sering terhubung dengan internet, media sosial, dan teknologi digital lainnya sejak usia dini. Mereka sering dianggap sebagai inovator teknologi, memiliki kecakapan multitasking yang tinggi, dan sering mencari pengalaman berarti dalam kehidupan mereka.

Lahirnya Generasi Z pada tahun 1990-an sampai tahun 2010an ini menggantikan generasi Milenial yang lahir sebelum tahun tersebut.Generasi Z ini memiliki kebiasaan sudah memegang handphone sejak Generasi Z juga memiliki beberapa ciri ciri seperti pintar dalam menggunakan teknologi,mandiri, toleran terhadap sesama,dan memiliki ambisi yang besar.Ciri-ciri ini membedakan Gen Z dan mempengaruhi pandangan mereka tentang kehidupan, pekerjaan, dan dunia sekitar mereka.

Generasi Z ini memiliki tantangan dalam menghadapi era globalisasi.Dalam menghadapi tantangan tersebut pendidikan menjadi kunci untuk menghadapi tantangan tersebut.Umumnya generasi z ini memiliki kesenangan pembelajaran melewati handphone dan internet karena handphone dan internet tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari mereka.

Tantangan pendidikan generasi z
Dalam meningkatkan pendidikan untuk Generasi Z terdapat beberapa tantangan contoh dari tantangan tersebut yaitu ada beberapa kalangan generasi z yang masih tertinggal dalam pendidikan maupun teknologi jika kita tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, bisa jadi kita akan menghadapi kesulitan dalam berbagai aspek kehidupan.

Perkembangan zaman seringkali melibatkan perubahan teknologi, tren sosial, dan cara berpikir atau berpraktek dalam berbagai bidang. Berikut adalah beberapa contoh konsekuensinya:
Keterbatasan dalam Berkomunikasi
Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, cara kita berinteraksi dan berkomunikasi telah berubah secara signifikan. Misalnya, penggunaan smartphone dan media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.Jika seseorang tidak bisa mengikuti perkembangan ini, dia mungkin akan menghadapi kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain yang sudahmenggunakan teknologi tersebut.

Kesulitan dalam Bekerja
Banyak pekerjaan sekarang ini membutuhkan pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan teknologi terbaru. Misalnya, pekerjaan di bidang IT, pemasaran digital, dan lainnya memerlukan pengetahuan tentang perkembangan terbaru dalam teknologi dan tren pasar.Jika seseorang tidak bisa mengikuti perkembangan ini, peluang kerjanya bisa terbatas.

Tertinggal dalam Pengetahuan
Perkembangan zaman juga berarti perkembangan dalam pengetahuan dan informasi. Jika seseorang tidak bisa mengikuti perkembangan ini, dia mungkin akan tertinggal dalam pengetahuan dan informasi terbaru. Misalnya, seorang dokter Mengikuti perkembangan zaman adalah bagian penting dari adaptasi dan pertumbuhan pribadi. Dengan mengikuti perkembangan zaman, kita bisa memastikan bahwa kita tetap relevan dan mampu berkontribusi dalam masyarakat yang selalu berubah.

Cara Mengatasi Tantangan Pendidikan Generasi Z
Guna mengatasi tantangan pada generasi Z khususnya dalam hal ketinggalan dalam sistem pendidikan bisa dilakukan dengan cara reformasi kurikulum.Reformasi kurikulum ini harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan lokal dan global, para peserta didik juga harus ditekankan pada konsep pembelajaran yang bisa meningkatkan pemikiran kritis, kreativitas, dan literasi digital. Pengembangan yang harus dilakukan dalam reformasi kurikulum harus lebih berfokus pada pengembangan keterampilan dari pada hanya ilmu pengetahuan secara teori saja.

Memanfaatkan keterampilan yang dimiliki oleh generasi Z.Generasi Z, yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an, memiliki karakteristik unik, termasuk keterampilan teknologi yang kuat, kemampuan beradaptasi yang cepat, dan orientasi pada kolaborasi dan inovasi, maka dari itu, untuk memanfaatkan keterampilan yang dimiliki oleh generasi bisa diadakan program seperti project based learning, platform pembelajaran digital, pengembangan literasi digital,dll.

KESIMPULAN

Generasi Z memiliki merupakan generasi yang lahir pada tahun 1990 an-2000an.Generasi Z ini memiliki kecenderungan terhubung dengan internet,media sosial,dan teknologi.Pendidikan untuk Generasi Z ini memiliki tantangan yaitu tertinggal dalam pendidikan dan teknologi dan juga tidak bisa mengikuti perkembangan zaman.Pengetahuan untuk generasi z sangat penting karena bertujuan untuk membentuk karakter seseorang, karena menjadikan individu yang maju, mandiri,dan bertanggung jawab.Generasi Z jika tertinggal dalam pendidikan dan tidak bisa mengikuti perkembangan zaman memiliki beberapa konsekuensi antara lain: keterbatasan berkomunikasi, kesulitan dalam bekerja,dan tertinggal dalam pengetahuan.Cara yang harus dilakukan untuk mengatasi tantangan pendidikan generasi z yaitu dengan cara merubah kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan lokal dan global.Pembelajaran pada generasi z juga harus ditekankan pada konsep pembelajaran meningkatkan pemikiran kritis, kreativitas, dan literasi digital.