Dampak pembelajaran di masa pandemi

DAMPAK PEMBELAJARAN Di MASA PANDEMI

Pandemi Covid 19 ini muncul di Indonesia pada bulan Maret tahun 2020, yang membawa dampak bagi kehidupan sehari hari menjadi berubah total. Semua sektor mengalami dampak dari pandemi covid 19 ini, termasuk dalam dunia pendidikan. Pemerintah menerapkan sosial distancing yang berarti seluruh masyarakat harus menjaga jarak dengan orang lain agar tidak tertular virus covid 19, namun dengan adanya sosial distancing semua berubah total dalam pembelajaran berlangsung, yang tadinya pembelajaran dilakukan tatap muka sekarang berubah menjadi pembelajaran online.Tujuan dari pembelajaran online yaitu menciptakan pola pembelajaran yang modern sehingga melatih siswa untuk memiliki kreativitas yang tinggi dan keterampilan yang baru.

Pembelajaran online yaitu pembelajaran yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi yang begitu canggih dan dapat dilakukan dimanapun serta kapapun bisa dilakukan. Pembelajaran daring ini bisa menggunakan suara, power point, gambar, video atau teks. Selain itu juga bisa memanfaatkan teknologi yang canggih seperti menggunakan zoom, google classroom, google meet, whatsapp grup, google form, dan lain-lain. Dalam pembelajaran online ini, siswa tidak hanya sekedar mendengarkan penjelasan dari bapak atau ibu guru tetapi harus turut aktif selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dn bapak atau ibu guru tidak hanya sekedar mengajar tetapi juga harus memastikan bahwa selama kegiatan pembelajaran daring, semua siswanya hadir dalam kegiatan pembelajaran tersebut meskipun dilakukan di rumah masing-masing.

Pembelajaran daring ini terdapat dampak positif dan dampak negatif dari sudut pandang masing-masing. Dulu awalnya pembelajaran daring ini sangat senang bagi seorang siswa karena dilakukan dirumah masing-masing tanpa harus datang ke sekolah dan juga di pandang sebagai alternatif dalam pencegahan agar tidak tertular virus covid 19 atau corona. Namun dari dampak negative nya tidak semua siswa bisa menggunakan internet dan memanfaatkan teknologi yang begitu canggih.

Banyak siswa, orang tua, guru yang mengalami keluh kesah dalam pembelajaran daring ini. Dari siswanya mengalami keluh kesah dalam masalah jaringan karena tidak semua wilayah jaringannnya bagus. Kemudian dari gurunya mengalami keluh kesah karena dituntut untuk membuat materi untuk bahan mengajar seperti menggunakan power point yang dibuat semenarik mungkin supaya siswanya dapat memahami materi yang diberikan. Kemudian dari orang tua mengalami keluh kesah karena ilmu yang disampaikan oleh guru sangat terbatas, berbeda ketika pembelajaran dilakukan secara berlangsung dengan tatap muka.

Berikut beberapa dampak positif dari pembelajaran daring tersebut yaitu :

  • Siswa menjadi mengenal teknologi, mungkin yang tadinya siswa tidak mengenal sama sekali teknologi dengan adanya pandemi ini siswa dapat mengenal teknologi seperti zoom, google form, google classroom dan lain-lain.
  • Siswa menjadi lebih mandiri, kreatif dan displin, karena dalam pembelajaran online ini siswa harus memahami materi sendiri yang sudah dijelaskan oleh bapak atau ibu guru dan juga siswa harus disiplin dalam mengumpulkan tugas meskipun tugas tersebut diberikan secara online.
  • Sebagian siswa senang pembelajaran daring karena dilakukan dirumah mungkin bisa dilakukan sambal santai, mandi juga bisa agak siang berbeda ketika pembelajaran tatap muka harus mandi pagi, sarapan, menggunakan seragam.

Selain dari dampak positif, pembelajaran online juga memberikan dampak negatif sebagai berikut:

  • Banyak siswa yang kurang menyerap dalam memahami materi yang disampaikan oleh bapak / ibu guru.
  • Tidak semua siswa memiliki jaringan yang baik dan stabil.
  • Terbatasnya masalah paket data karena tidak semua orang tua siswa mampu membelikan paket data karena keterbatasan ekonomi.
  • Siswa menjadi kurang bersosialisasi dengan teman, guru dan lingkungan sehingga merasa jenuh ketika pembelajaran dilakukan secara online.
  • Tidak semua siswa mampu menggunakan teknologi.
  • Tugas yang menumpuk sehingga siswa menjadi setress atau merasa terbebani.
  • Angka putus sekolah kemungkinan terjadi karena keterbatasan ekonomi sehingga tidak dapat membayar spp atau membeli paket data dan memilih untuk bekerja mencari uang.

Berdasarkan dari dampak positif dan dampak negatif diatas, juga ada beberapa solusi dalam mengatasi pembelajaran online yaitu sebagai berikut :

  • Pemerintah memberikan bantuan paket data kepada siswa, guru sehingga tidak ada masalah dalam paket data.
  • Menggunakan media pembelajaran yang kreatif sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran online.
  • Membuat ringkasan materi sehingga siswa mudah untuk memahami materi yang disampaikan.
  • Mencoba melalukan pembelajaran tatap muka secara bertahap agar siswa tidak merasa jenuh.

Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa munculnya pandemi covid 19 semua kegiatan berubah total, terutama kegiatan belajar mengajar yang seharusnya dilaksanakan secara tatap muka namun sekarang harus dilakukan secara online. Dengan adanya pandemi covid 19 ini siswa diharapkan mampu mengenal teknologi yang canggih dan juga siswa dituntut untuk lebih mandiri, kreatif, dan disiplin. Jika siswa mempunyai semangat dan motivasi belajar yang tinggi, maka akan lebih mudah memahami materi dan tepat waktu dalam mengumpulkan tugas atau mengerjakan tugas sehingga akan memperoleh hasil yang maksimal.

DAFTAR PUSTAKA

Deepublish, 2021. Pengertian, Kendala, Manfaat dan Strategi Pembelajaran Daring, s.l.: penerbitdeepublish.com.

Galamedia, 2021. Awas, Ini Dampak Negatif Belajar Online pada Anak, Sabar dan Lakukan yang Terbaik, s.l.: Galamedia News.

Kemdikbud, 2021. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, s.l.: Pusdatin Kemdikbud.

Ketapanrame1, S., 2021. Permasalahan dan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19, s.l.: SDN Ketapanrame1.

Magelang, S. 1., 2021. Permasalahan Pembelajaran Daring dan Solusinya. [Online]
Available at: sman1-mgl.sch.id
[Accessed 18 November 2021].

SCRIBD, 2021. Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Daring Bagi Psikologi Anak Didik. [Online]
Available at: id.scribd.com
[Accessed 18 November 2021].

Selatan, S. 1. T., 2021. Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Daring. [Online]
Available at: smpn1tambunselatan.sch.id
[Accessed 18 November 2021].

Tempo, 2021. Dampak Negatif dan Positif Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19, s.l.: Tempo News.

4 Likes