Daftar Pustaka itu apa sih?

image

Daftar Pustaka merupakan sesuatu yang tidak asing lagi bukan? Terutama ketika kita membuat sebuah tulisan yang membutuhkan sumber, karena jika kita tidak memasukkan semua kutipan yang kita kutip ketika membuat tulisan ke dalam daftar pustaka, maka akan terindikasi sebagai plagiarisme.

Menurut kalian, apa yang dimaksud dengan daftar pustaka? Jelaskan pendapat kalian dengan mengutip dari sumber informasi dan dilengkapi dengan catatan pustakanya.

Daftar Pustaka adalah suatu susunan tulisan pada
akhir sebuah karya ilmiah yang isinya berupa penulis,
judul tulisan, penerbit,dan tahun terbit.

Rahman, H. A., dan Jumino. 2019. ANALISIS PENULISAN DAFTAR PUSTAKA DALAM SKRIPSI
MAHASISWA PRODI S-1 ILMU PERPUSTAKAAN
ANGKATAN 2012 DAN 2013. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2) : 131-140.

Daftar pustaka merupakan kumpulan referensi yang dirujuk untuk sebuah karya atau tulisan yang dibuat. Daftar pustaka atau yang sering dikenal juga sebagai referensi memberikan detail informasi kepada pembaca tentang sumber rujukan sehingga setiap pembaca mendapatkan pemahaman tentang sumber tersebut (Ahmad, 2021)

Daftar pustaka merupakan daftar yang berisi semua buku atau tulisan ilmiah yang menjadi rujukan dalam melakukan penelitian.
(Tedy Rizkha Heryansyah,2021)

Daftar pustaka digambarkan sebagai disiplin ilmu dua rangkap (a twofols scholarly discipline), yang meliputi daftar buku yang terorganisir (bibliografi enumeratif) dan deskripsi sistematis buku sebagai objek bibliografi deskriptif(Carter dan Barter,2010)

Berdasar pada pendapat Fani Juliyanto Perdana (2020:75), “Mencantumkan daftar pustaka adalah hal yang wajib dilakukan untuk menghindari plagiarism”. Dengan demikian, mencantumkan daftar pustaka sangat penting untuk diperhatikan apabila kita ingin membuat sebuah artikel atau jurnal ilmiah agar tidak terjadi plagiarisasi. Menuliskan daftar pustaka perlu dilakukan sebagai bentuk pengharhaan dan pengakuan bahwa teks pada suatu bagian yang telah dikutip tersebut merupakan buah pikiran dari ide, argumenn, atau analisa penulis sebenarnya (Azaria, 2016). Selain itu, daftar pustaka juga bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengetahui rincian kutipan pada suatau artikel atau karya ilmiah yang bersumber dari suatu artikel atau karya ilmiah lain. Melalui daftar pustaka, pembaca dapat mencari informasi yang lebih dalam dari sumber kutipan yang digunakan dalam suatu artikel atau karya ilmiah dan mendapatkan rincian kutipan tersebut secara lengkap (Gerakan Menulis Buku Indonesia, 2020).

Daftar pustaka adalah suatu susunan tulisan di akhir sebuah karya ilmiah yang isinya berupa nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan tahun terbit. Daftar pustaka ini digunakan sebagai sumber atau rujukan seorang penulis dalam berkarya. (Dewa, 2021)

Daftar pustaka adalah daftar sumber rujukan yang memuat berbagai sumber rujukan yang diacu dalam buku karya ilmiah maupun tulisan ilmiah yang telah melakukan penelitian (Yuniar, 2018).

Daftar pustaka atau bibliografi adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel-artikel, dan bahan penerbitan lainnya yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan atau sebagian dari karangan yang tengah digarap (Keraf, 1997:213).

Menurut Kuntaro (2007:195), “Daftar pustaka atau referensi adalah salah satu teknik notasi ilmiah yang merupakan kumpulan sumber bacaan atau sumber referensi saat menulis karangan”. Daftar pustaka memuat seluruh dan berbagai jenis pustaka yang diacu dalam penelitian. Penjelasan secara khusus dan detail untuk penulisan daftar pustaka yang diambil dari berbagai jenis sumber dapat dilihat pada bagian penulisan daftar pustaka (Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, 2016).

Daftar pustaka adalah daftar yang berisi mengenai semua buku atau tulisan yang dijadikan tujuan atau landasan dalam penelitian (Alex, 2021).
Mengacu pada pengertian daftar Pustaka tersebut, menurut saya daftar pustaka merupakan sebuah halaman yang berada pada akhir suatu penulisan yang berisi rujukan-rujukan penulis dalam menyusun karya penulisannya tersebut. Daftar Pustaka ini sangat penting dalam suatu karya tulis, dengan daftar pustaka pembaca bisa lebih percaya dengan karya tulis yang dibaca karena memiliki sumber yang jelas.

Daftar pustaka didefinisikan sebagai salah satu teknik notasi ilmiah yang merupakan kumpulan sumber bacaan atau sumber referensi saat menulis karya ilmiah (Ninik, 2007:195)

Daftar pustaka adalah sebuah daftar yang berisi judul-judul buku, artikel, maupun bahan penerbitan lainnya yang mempunyai hubungan dengan karangan yang tengah digarap (Gorys Keraf, 1997:213). Fungsi judul-judul yang tercantum ialah sebagai rujukan atau referensi mengenai penelitian yang dikerjakan. Tidak hanya judul buku, namun nama pengarang, penerbit, dan tahun terbit juga tercantum menyertainya dalam daftar pustaka.

Daftar pustaka didefinisikan sebagai informasi bibliografi dasar termasuk judul, penulis atau editor, penerbit, dan tahun edisi saat diterbitkan atau dilindungi hak cipta. Pustakawan rumah sering suka melacak kapan dan di mana mereka memperoleh buku, harga, dan anotasi pribadi, yang akan termasuk pendapat mereka tentang buku atau orang yang memberikannya kepada mereka. (Patricia Jean Wagner, The Bloomsbury Review Booklover’s Guide. Owaissa Communications, 1996)

Daftar pustaka merupakan daftar yang berisi semua buku, atau tulisan ilmiah yang menjadi rujukan dalam melakukan penelitian.
-Suwandi, Sarwiji dan Sutarmo. 2008.
contoh :
Setiadi, Hadi. 2017. Cerdas Belajar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. ECP Tulis Indo.

Daftar pustaka adalah salah satu teknik notasi ilmiah yang merupakan kumpulan dari sumber bacaan atau sumber referensi saat menulis karangan ilmiah (Ninik, 2007:195).

Ninik M. Kuntaro (2007:195) mengatakan, daftar pustaka atau referensi adalah salah satu teknik notasi ilmiah yang merupakan kumpulan sumber bacaan atau sumber referensi saat menulis karangan ilmiah.

Daftar pustaka merupakan bagian yang terdapat pada akhir artikel atau laporan yang berfungsi memberikan informasi yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi dan mengambil referensi yang digunakan dalam penulisan aetikel atau laporan tersebut.

Adriani, D., (2004), PEDOMAN PENULISAN DAFTAR PUSTAKA. Diambil 28 Oktober 2021 dari http://simpen.lppm.ut.ac.id/informasi%20penelitian/PedomanPenulisanDaftarPustaka.pdf

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), daftar pustaka adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit, dan sebagainya yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau buku dan disusun menurut abjad.

Cara penulisan daftar pustaka sesuai kaidah yang benar dengan memperhatikan, yaitu penulis atau editor, judul sumber, informasi publikasi, tanggal akses atau tanggal terbit, dan beberapa komponen lainnya menyesuaikan kutipan yang diambil.

Contoh penulisan daftar pustaka:
Sanusi, A. 1986. “Menyimak Mutu Pendidikan Dengan Konsep Taqwa dan Kecerdasan, Meluruskan Konsep Belajar dalam Arti Kualitatif ”. Pikiran rakyat (8 September 1986).

Apa yang dimaksud dengan Daftar pustaka ? Jelaskan pendapat kalian cara mengutip dari sumber informasi dan dilengkapi dengan catatan pustaka ?
Jawaban :
Daftar pustaka atau bibliografi adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel-artikel, dan bahan penerbitan lainnya yang mempunyai ikatan dengan sebuah karangan sebagian dan karangan yang tengah dikerjakan.
(Gorys Keraf,1997:213 )